5 Tips Hemat Anggaran untuk Hobi. Efektif, Loh!

Hobi adalah suatu hal yang akan membuat kita senang ketika kita melakukannya, ataupun membelinya. Namun, hobi sulit terlaksana akibat dari kurangnya anggaran yang dianggarkan untuk melaksanakan hobi.

5 Tips Hemat Anggaran untuk Hobi. Efektif, Loh!

5 Tips hemat anggaran untuk hobi. Efektif, loh!

Di era milenial seperti ini, masyarakat sangat mengutamakan apa yang dinamakan sebagai “Gengsi”. Hampir seluruh lapisan masyarakat, terutama generasi milenial, mengejar apapun yang dianggapnya sebagai sesuatu yang membuat dirinya mengikuti tren zaman yang ada. Hal ini tentunya membuat orang-orang yang mengikuti tren ini selalu menghabiskan uangnya demi mengejar kepentingan pribadi agar terus mengikuti perkembangan tren. Hal ini tidak dapat disalahkan, mengingat bahwa tren yang ada memang harus diikuti agar tidak terlihat “kolot” dan terlihat tidak ketinggalan zaman. Padahal, ada sesuatu yang dinamakan “Hemat Anggaran” agar bisa berhemat dalam suatu apapun.

Rekan Bijak, terkadang banyak juga hobi yang sulit tersalurkan akibat dari “mengikuti tren”, seperti misalkan, hobi mengoleksi korek api dari banyak negara, ataupun hobi mengumpulkan buku-buku serial, namun karena keterbatasan anggaran dan mengikuti gaya hidup, membuat sulitnya untuk menyalurkan hobi tersebut. Lalu, apa sih yang dapat kita lakukan agar bisa hemat untuk hobi? Inilah tipsnya!

 

Kendalikan Gaya Hidup!

Hemat Anggaran

Sumber : Top10indo.com

“Gaya hidupmu menentukan uangmu, tetapi uangmu tidak menentukan gaya hidupmu.” Kutipan ini sederhana, namun menyelekit. Hal ini tentang bagaimana uang dapat mengubah gaya hidupmu, namun kamulah yang menentukan bagaimana gaya hidupmu.  Uang sebanyak apapun, ketika kita memutuskan untuk hidup sederhana, maka akan banyak uang yang dapat kita pakai untuk hobi, dan begitu juga sebaliknya. Dan ketika kita memilih gaya hidup yang mewah, hal itu membuat uang kita dipakai untuk gaya hidup yang cukup boros, apalagi dengan uang yang mungkin “pas-pasan”.

Ingatlah, gaya hidup dengan mengikuti tren memang penting, namun tidak kalah penting untuk menghemat uangmu untuk hobi. Lebih baik, ikutilah tren yang dapat dianggap bermanfaat dan tidak memboroskan uang. Hemat anggaran untuk sesuatu yang memang dibutuhkan itu penting!

Buatlah Perencanaan Keuangan!

Hemat Anggaran

Sumber : Jejakakuntansi.net

Perencanaan keuangan di era ini sangatlah penting, salah satu fungsinya adalah sebagai pengingat tentang berapa banyak uang yang telah dikeluarkan untuk satu hari. Dengan pengingat tersebut, bisa mengingatkan Rekan Bijak tentang bagaimana agar bisa mengendalikan keuangan. Apalagi, ketika mempunyai hobi dan ingin uang dikeluarkan untuk hobi tersebut, membuat kita mempunyai kewajiban untuk menyimpan uang tersebut untuk hobi kita.

Rekan Bijak dapat memulainya dengan mengunduh aplikasi-aplikasi tentang pengeluaran uang sehari-hari.

Mencari Promo untuk Hobi

Hemat Anggaran

Sumber : Moeslema.com

Hobi kita tentunya bisa menjadi sesuatu yang mahal. Misalkan, hobi kita adalah mengoleksi sepatu-sepatu sneakers, seperti Adidas Yeezy, Adidas Y-3 ataupun Nike Air Max. Harga sepatunya pun tidak murah, hingga berkisar mulai dari 2 juta rupiah hingga 15 juta rupiah. Tentunya ini membuat kita diharuskan untuk menabung agar dapat mengoleksi sepatu-sepatu tersebut, apalagi harganya yang cukup “wah” untuk rata-rata orang di Indonesia, dengan UMR yang hanya cukup untuk penghidupan. Dari CNBC Indonesia, gaji rata-rata orang Indonesia pada bulan Februari 2018 adalah 2,65 juta rupiah! Yang berarti gaji satu bulan langsung habis hanya untuk membeli sepatu Sneakers yang murah.

Yang dapat kita lakukan adalah mencari segala sesuatu yang promo atau bahkan dapat mendapatkannya dengan gratis. Banyak promo, apalagi zaman sekarang, banyak promosi yang gencar dilakukan dengan harga yang murah dan dapat terjangkau untuk menarik konsumen. Selain itu, banyak acara yang memberi secara cuma-cuma sebuah produk yang mungkin saja merupakan hobi kita. Tentunya, Rekan Bijak dapat memanfaatkan keadaan-keadaan tersebut. Ini bisa membantu kita Hemat Anggaran loh.

Carilah Komunitas dengan Hobi yang Sama

Hemat Anggaran

batakinformasi.com

Lebih banyak komunitas tentang hobi-hobi kamu, akan membuat kamu lebih tahu tentang yang terbaru tentang hobi kamu, dan kamu dapat berdiskusi dengan kelompok pergaulanmu! Dan diskusinya pun tidak hanya tentang informasi tentang hobi kamu, namun pastinya juga tentang bagaimana hobi kamu bisa dilaksanakan dan disalurkan dengan harga yang murah dan terjangkau, dan pastinya dengan kualitas yang tidak kalah baik.

Terpenting, ketahuilah hobimu temporer atau tidak!

Hemat Anggaran

Sumber : strategidanbisnis.com

Dan yang terpenting adalah, mengetahui apakah hobi kamu itu hanya untuk sesuatu yang sementara karena sedang populer di kalangan sepergaulan, atau memang hobi kamu itu dari dulu. Hal ini penting, mengingat banyaknya orang yang mempunyai hobi karena hanya untuk mengikuti tren yang ada, ataupun lebih parah lagi, karena ingin dianggap gaul. Ketika kita mengetahui apa yang kita sukai, dan kita tahu secara khusus bahwa kita benar-benar menyukai hobi kita, kita jadi tahu apakah hobi kita ini pantas untuk “dibayar mahal” atau tidak. Hanya dengan masalah hobi, kita bisa hemat anggaran loh.

Rekan Bijak, bagaimana dengan hobi kalian? Apakah kalian mempunyai hobi yang sulit terlaksana dikarenakan biaya atau gaji bulanan belum turun? Ingatlah akan Danabijak yang hadir untuk memberikan solusi pinjaman jangka pendek!

3 Comments

Write a comment
  1. mposports
    April 02, 01:25 mposports

    Bagus dan bermanfaat. Admin bales dong, please hehe.

    Reply this comment
  2. prediksi bola
    August 12, 00:26 prediksi bola

    Wah, baru tahu setelah baca postingan ini. Semangat min….

    Reply this comment
  3. mposport
    August 17, 04:38 mposport

    Makasi, infonya sangat bermanfaat. Saya pembaca setia di blog ini.
    Kontennya bener-bener joss…

    Reply this comment

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: