5 Tips Jitu agar Resolusi Karir Tercapai di Tahun Baru

Karir cemerlang adalah dambaan setiap orang. Bukan hanya buat mereka yang bekerja kantoran, tapi juga buat para wirausahawan dan freelancer. Lalu, bagaimana cara agar resolusi karir terwujud di tahun 2018 ini? Simak tipsnya di artikel ini!

5 Tips Jitu agar Resolusi Karir Tercapai di Tahun Baru

5 Tips Jitu agar Resolusi Karir Tercapai di Tahun Baru

Saat tahun baru tiba, orang-orang mulai berlomba untuk merancang resolusi. Mulai dari resolusi hidup sehat, resolusi menikah, bahkan sampai resolusi karir. Membuat resolusi memang masih dianggap sebagai suatu hal yang wajib dilakukan saat pergantian tahun.

Salah satu jenis resolusi yang paling sering dibuat adalah resolusi karir, seperti naik jabatan atau kenaikan gaji. Setiap orang, baik itu yang berstatus sebagai karyawan kontrak, freelancer, atau bahkan wirausahawan, berkeinginan untuk adanya perubahan dalam kehidupan karir mereka.

Untuk memastikan bahwa kehidupan karir akan meningkat tahun ini, perlu dibuatlah rencana atau strategi. Berikut tips yang bisa kamu jadikan pedoman demi karir yang cerah di 2018 ini :

1. Tentukan Karir yang Akan Dikembangkan.

Resolusi Karir

Putuskan fokus utama karir di tahun 2018.

Sebelumnya, Rekan Bijak perlu menentukan pilihan apakah mau mengembangkan karir yang sedang dijalani saat ini atau ada pekerjaan baru yang ingin dicoba. Pilihan lainnya, mungkin, Rekan Bijak ingin mulai memiliki pekerjaan sampingan atau membuka bisnis sendiri. Coba putuskan fokus utama karir di tahun 2018 ini.

Berikut bidang karir yang bisa ditekuni di tahun 2018 :

a. Karir sebagai content creator, blogger, youtuber, komikus, selebgram sangat potensial tahun ini.

b. Bisnis toko online juga bisa jadi peluang.

c. Atau coba mendirikan start-up yang kini kian menjamur di kota besar, seperti Jakarta.

2. Gunakan SMART Goals.

Resolusi Karir

Gunakan SMART Goals untuk meringkas target karir sehingga mudah dilakukan.

Resolusi karir yang cakupannya terlalu luas cenderung lebih sulit untuk dipatuhi. Misalnya, Saya ingin lebih konsisten dalam pekerjaan. Sulit rasanya untuk mengetahui apa yang ingin dicapai apa yang telah dijalankan dari sekedar mengatakan kalimat resolusi tersebut.

Hadirnya SMART Goals guna menetapkan pencapaian dan evaluasi keberhasilan dalam 5 langkah mudah :

  • Spesific – Persempit resolusi menjadi lebih spesifik.
  • Measurable – Ukur keberhasilan resolusi.
  • Achievable – Target berada dalam jangkauan, realistis dengan kemampuan yang dimiliki.
  • Relevant – Masalah yang dihadapi dapat dipecahkan dengan target yang dipilih.
  • Time-bound – Ingat tenggat waktu target dan berapa lama harus dipertahankan.

Setelah menggunakan SMART Goals, resolusi bisa dipecah menjadi Tahun ini, saya akan datang 15 menit lebih cepat dari jam masuk kantor atau Saya akan menyelesaikan tugas kantor lebih teratur sehingga tidak ada lagi lembur. Kedua target ini menjadi lebih spesifik sehingga mudah ditaati. Target yang mudah ditaati akan mudah dicapai.

3. Selalu Optimis dan Berpikir Positif.

Resolusi Karir

Bungkus resolusi dengan pikiran positif dan sikap optimis.

Membungkus resolusi dengan pikiran positif dan sikap optimis akan membantu mencapai target yang lebih baik. Sebaiknya, hindari kata jangan dalam setiap resolusi yang dibuat, seperti jangan makan banyak, jangan boros, atau jangan jajan sembarangan. Ganti kalimat-kalimat tersebut dengan yang lebih positif, misalnya perbanyak makan sehat atau belajar hidup hemat. 

4. Tingkatkan Kemampuan Diri Sendiri.

Resolusi Karir

Tingkatkan kemampuan dan wawasan demi peningkatan karir yang lebih cemerlang.

Peningkatan karir akan tercapai hanya jika dibarengi dengan peningkatan kemampuan dan wawasan. Setelah semua rencana jelas, Rekan Bijak akan dihadapi dengan target yang harus dicapai dalam 3 bulan pertama dan seterusnya. Senjata ampuh untuk mencapai target yang diinginkan adalah dengan meningkatkan pengetahuan, kemampuan, dan wawasan.

Jadi, mulailah untuk membuat rencana demi meningkatkan ilmu dan wawasan dengan mempelajari sesuatu yang baru.

5. Jangan Menyerah.

Resolusi Karir

Jangan mudah menyerah jika target atau tujuan yang diinginkan belum tercapai.

Seringkali tujuan kita tidak tercapai karena satu dan lain hal. Tapi, jangan berkecil hati atau sedih. Saat to do list 3 bulan belum tercapai maka bangkitlah untuk mencapai target di depan selanjutnya. Mungkin Rekan Bijak masih perlu penyesuaian atau bahkan melakukan perubahan target. Jika hal tersebut diperlukan sebaiknya ubah saja, namun jangan sampai ditinggalkan. Karir cemerlang akan didapat dengan berjuang semaksimal mungkin dan pantang menyerah.

Rekan Bijak punya resolusi karir di tahun 2018 ini sebagai wirausahawan dan butuh modal usaha? Jangan ragu! Wujudkan dengan ajukan dana pinjaman di Danabijak!

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: