5 Tips Jitu Lunasi Utang Bagi Pasangan Baru

Setelah menikah, masalah finansial tak hanya jadi milik suami atau istri sendiri saja. Keduanya perlu saling berdiskusi untuk menyelesaikan masalah keuangan, terlebih jika terlilit utang. Baca artikel berikut untuk mengetahui lebih lengkap tentang tips jitu melunasi utang bagi pasangan baru!

5 Tips Jitu Lunasi Utang Bagi Pasangan Baru

5 Tips Jitu Lunasi Utang Bagi Pasangan Baru

Meski sudah menjadi hal yang umum di mata masyarakat, namun kehadiran utang sering kali menjadi momok dan membuat banyak pasangan baru terbebani. Kalau bisa memilih, pastinya, tak akan ada yang mau berurusan dengan utang jika tidak terdesak tuntutan kebutuhan hidup yang semakin hari semakin meningkat biayanya. Terlebih kini kemampuan pertumbuhan pendapatan masyarakat tidak sepadan dengan peningkatan biaya keseharian.

Keputusan untuk berutang harus diimbangi dengan manajemen keuangan yang baik sebab dalam prinsip keuangan yang sehat, beban cicilan utang setiap orang maksimal hanya 35% dari pendapatan rutin. Meski demikian, utang tetap tak bisa dihindari saat keperluan mendesak datang dan memerlukan sejumlah uang.

pasangan baru

Bersama pasangan, kita harus mampu mencari jalan keluar saat terlilit masalah utang demi masa depan finansial rumah tangga yang kondusif.

Begitu pun ketika kita sudah membina hubungan rumah tangga. Bersama pasangan, kita harus mampu mencari jalan keluar saat terlilit masalah utang demi masa depan finansial rumah tangga yang kondusif.

Danabijak akan memberikan beberapa langkah jitu yang dapat dipraktikkan guna membantu keluar dari permasalahan utang. Simak poin-poinnya!

MEMBUAT DAFTAR UTANG

Bayangkan jika kita tidak pernah memiliki daftar utang yang perlu dibayarkan. Tentunya para pasangan baru akan mengalami kebingungan dan repot sendiri menentukan utang mana yang harus dilunasi terlebih dahulu. Yang lebih parah lagi, kita bisa saja lupa dengan waktu jatuh tempo. Akibatnya, utang akan dikenakan denda.

Solusi yang tepat dari masalah di atas adalah dengan menyusun daftar utang yang dimiliki. Susun sesuai dengan prioritas dan waktu jatuh tempo pembayaran. Utang dengan waktu jatuh tempo terdekat, sebaiknya, dibayarkan segera.

TIDAK MENAMBAH UTANG BARU

Gaya hidup boros atau konsumtif merupakan masalah utama dari timbulnya utang. Ketika kita dan pasangan selalu berusaha memenuhi gaya hidup maka utang pun kian menumpuk. Solusinya, lunasi utang satu per satu dan mulai menghentikan sikap boros tersebut agar tidak menambah utang yang baru. Jangan sampai kondisi keuangan rumah tangga kita hanya terpaku pada prinsip “gali lubang, tutup lubang”.

Salah satu jenis utang dengan bunga tinggi adalah utang kartu kredit. Bunga yang ditimbulkan dari pemakaian kartu kredit membuat jumlah utang menjadi semakin tinggi. Di sisi lain, tawaran pengajuan KTA dari pihak bank yang sama dengan alasan utang kartu kredit terlalu tinggi sehingga sebaiknya berutang di KTA saja, adalah sistem yang keliru. Kartu kredit dan KTA sama saja sistemnya jika sudah menjadi utang. Nilainya akan melambung tinggi.

EVALUASI KONDISI FINANSIAL & SUSUN ANGGARAN BARU

Bila strategi keuangan yang lalu masih kurang mampu memperbaiki kondisi keuangan rumah tangga, hal itu berarti perlu perbaikan. Saatnya untuk mengevaluasi kondisi keuangan, apakah ada yang salah dilakukan. Susunlah rencana anggaran baru dengan cara yang berbeda. Mungkin saja dengan cara baru, kita dan pasangan akan lebih disiplin untuk tidak bersikap konsumtif serta akan lebih mementingkan kondisi finansial keluarga dibanding kepentingan pribadi. Tentunya, hal ini tak akan bisa dilakukan tanpa bantuan dan dukungan masing-masing pasangan.

CARI TAMBAHAN PENGHASILAN

Cara selanjutnya untuk menanggulangi munculnya utang adalah dengan menambah pemasukan setiap bulan melalui ide-ide kreatif. Menjadi freelancer atau membuka online shop misalnya. Selain itu, kita juga tetap perlu berhati-hati dengan oknum penipuan yang menawarkan investasi berkeuntungan fantastis.

BANGUN KOMUNIKASI YANG BAIK BERSAMA PASANGAN

Agar utang-utang lain tidak muncul dan utang yang ada bisa diselesaikan segera maka sebagai pasangan baru, hendaklah membangun komunikasi yang baik. Bicarakanlah hal-hal yang dianggap sulit supaya bisa dicari jalan keluarnya bersama-sama. Jika pasangan adalah seorang yang bersifat pendiam, yang lebih sering memilih tutup mulut saat ada masalah, kita harus lebih peka dengan menanyakannya perlahan. Diskusi bersama akan membawa pada jalan keluar dari permasalahan yang sedang dialami.

Jika butuh dana tambahan untuk melunasi utang, tak ada salahnya mencoba kredit online yang bunganya rendah dan prosesnya cepat. Danabijak bisa menjadi salah satu solusinya! Rekan Bijak tak perlu takut terlilit utang lebih dalam karena Danabijak menawarkan biaya administrasi lebih rendah dari pinjaman online sejenis. Tidak hanya itu, proses peminjaman di Danabijak terbilang praktis tanpa ribet, cepat, dan aman.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: