5 Tips Mencari Rumah Idaman di Pameran Properti

Memiliki sebuah rumah merupakan idaman bagi setiap orang dan pameran properti menjadi tempat yang tepat untuk mencari rumah dengan harga terjangkau. Artikel ini memberikan tips mencari rumah idaman di pameran properti.

5 Tips Mencari Rumah Idaman di Pameran Properti

5 Tips Mencari Rumah Idaman di Pameran Properti

Rumah menjadi salah satu kebutuhan primer bagi setiap orang. Ketersediannya selalu jadi incaran, terutama oleh pasangan suami-istri yang baru saja membangun rumah tangga. Memang, properti semacam rumah masuk ke dalam investasi jangka panjang yang nilainya cenderung naik setiap tahunnya. Jika kita membelinya tahun ini, tahun depan harganya akan berubah.

Banyak yang menjadi penyebab harga rumah naik setiap tahunya, di antaranya Nilai Jual Objek Pajak (NJOP) yang naik, inflasi, hingga jumlah permintaan yang juga terus mengalami peningkatan. Namun sayangnya, kenaikan rata-rata harga rumah tidak sebanding dengan kenaikan rata-rata pendapatan. Kenaikan rata-rata harga rumah jauh lebih tinggi dibandingkan rata-rata pendapatan. Ironis memang. Tapi, Rekan Bijak jangan berkecil hati. Masih ada cara untuk memiliki rumah dengan harga terjangkau.

CARI DISKON PROPERTI

Pengembang properti yang memberikan diskon masih terbilang sangat sedikit. Cara paling mudah untuk menikmati banyaknya diskon pembelian rumah adalah dengan mendatangi pameran properti. Misalnya saja di Indonesia Property Expo tahun lalu, bagi mereka yang mengajukan KPR berhak mendapatkan diskon sampai 50% untuk biaya administrasi dan provisi.

Selain itu, ada diskon lain yang terbilang unik. BTN menggandeng Go-Box sebagai mitra kerja sama dan menjanjikan diskon 50% biaya pindahan bagi yang membeli rumah di pameran properti tersebut. Tentunya, kita tak perlu repot lagi mencari jasa pindahan saat sudah memiliki rumah baru.

TENTUKAN ANGGARAN DAN TIPE RUMAH

Poin ini juga sangat penting mengingat rumah harganya mahal dan semua orang sadar akan hal tersebut. Jadi, sebaiknya kita perlu memastikan sejak berangkat dari rumah hal-hal seperti anggaran dan tipe rumah yang dibutuhkan.

properti

Pastikan sejak berangkat dari rumah hal-hal seperti anggaran dan tipe rumah yang dibutuhkan.

Di samping itu, kita juga bisa mencari rumah incaran inden. Biasanya, rumah inden harganya jauh lebih murah daripada rumah yang sudah jadi. Tapi, yang tetap perlu diperhatikan adalah sesuaikan lagi dengan kenyamanan dan kebutuhan.

TENTUKAN CARA PEMBELIAN

Ada banyak pilihan cara membeli properti, yaitu beli tunai keras, beli tunai bertahap, membeli dengan fasilitas KPR, membeli dengan KPR, dan cicilan uang muka. Jika memakai KPR, kita sudah bisa menghitung berapa kira-kira besar cicilan dengan budget yang sudah kita tentukan sebelumnya.

properti

Menentukan cara pembelian berarti menentukan pula budget yang diperlukan.

Ada bermacam skema yang ditawarkan oleh pengembang, misalnya ada pengembang yang menetapkan DP besar, DP kecil, DP dengan cicilan bertahap, dan promo bunga karena ada kerja sama dengan bank tertentu, dan lain sebagainya.

LIHAT REPUTASI PENGEMBANG

Pameran properti biasanya diikuti oleh puluhan bahkan ratusan pengembang properti, mulai dari pengembang kelas kakap hingga pengembang kelas teri. Jika Rekan Bijak tidak merasa bermasalah untuk membeli rumah inden, boleh saja memilih properti yang dikembangkan oleh developer besar agar lebih kecil risikonya.

properti

Sebaiknya, cermati dan pilih pengembang properti yang sudah terpercaya dan baik reputasinya.

Sebaliknya, kita perlu sadar akan risiko membeli rumah inden di pengembang yang masih berskala kecil. Agar tidak membuang waktu saat datang ke pameran properti, sebaiknya cermati saja daftar peserta pameran.

BAWA BERKAS KELENGKAPAN PENGAJUAN

Jika sudah memutuskan untuk membeli rumah dengan KPR maka tidak ada salahnya kita sudah menyiapkan berbagai berkas pelengkap pengajuan KPR. Sebab, pada saat pameran properti diadakan, biasanya banyak bank yang memberikan promo bunga murah. Jadi, siapkan saja berkas pelengkap pengajuan KPR, seperti KTP, Kartu Keluarga, Surat Nikah, buku tabungan, NPWP, dan slip gaji. Disarankan untuk membawa dokumen asli beserta fotokopiannya.

Butuh dana tambahan untuk membayar cicilan KPR? Jangan khawatir karena Danabijak bisa jadi solusinya! Kini, Danabijak telah hadir di Jakarta, Bandung, dan Surabaya. Proses yang cepat dan mudah serta bunga yang kompetitif, menjadikan Danabijak berbeda dengan kredit online lainnya.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: