5 Tips Mengatasi Dehidrasi Saat Berpuasa di Bulan Ramadan

Menjalankan ibadah puasa 12 jam lamanya mengakibatkan turunnya tingkat cairan dalam tubuh. Bagaimana menyiasatinya agar tidak dehidrasi? Baca artikel berikut ini yuk, Rekan Bijak!

5 Tips Mengatasi Dehidrasi Saat Berpuasa di Bulan Ramadan

5 Tips Mengatasi Dehidrasi Saat Berpuasa

Saat Ramadan datang, sebulan penuh lamanya Umat Islam diperintahkan untuk berpuasa. Waktu puasa di Indonesia yang menghabiskan sekitar 12 jam, mewajibkan kita untuk tidak makan dan minum. Kondisi inilah yang mengakibatkan tubuh rentan terserang dehidrasi (berkurangnya cairan dalam tubuh).

Dehidrasi adalah gangguan keseimbangan cairan atau air pada tubuh. Hal ini terjadi karena keluarnya air lebih banyak daripada masuknya air dalam tubuh. Gangguan kehilangan cairan tubuh ini biasanya disertai dengan gangguan keseimbangan zat elektrolit tubuh.

Tidak minum selama kurang lebih 12 jam saat puasa sambil melakukan aktivitas di luar ruangan juga bisa menyebabkan dehidrasi. Meski demikian, dehidrasi yang timbul akibat berpuasa tidaklah serius yang berakibat fatal hingga menghilangkan nyawa. Namun, ada baiknya jika kita mencegahnya agar tubuh terhindar dari gejala pusing, sakit kepala, atau kelelahan.

Inilah beberapa tips agar tubuh tetap fit dan terhindar dari dehidrasi.

KONSISTEN MINUM 8 GELAS SEHARI

Pada dasarnya, kebutuhan cairan setiap orang berbeda. Sama halnya dengan kebutuhan kalori, kebutuhan cairan setiap orang tergantung pada jenis aktivitas yang dijalani serta kondisi fisik dari setiap individu. Tapi, menurut ahli kesehatan, rata-rata orang dewasa membutuhkan setidaknya 8 gelas air mineral setiap harinya atau setara dengan 2 liter air.

dehidrasi

Jadi, bagaimana mengatur kebutuhan cairan tersebut saat berpuasa? Kita disarankan untuk menerapkan aturan 2-4-2 selama menjalani puasa. Itu berarti kita harus minum 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat berbuka puasa, dan 2 gelas lagi sebelum tidur atau menjelang sahur.

HINDARI MAKAN MAKANAN ASIN

Jika baru beberapa jam puasa, tapi sudah merasa haus, bisa jadi karena salah menentukan menu sahur. Makanan bergaram dapat membuat kita cepat haus bahkan hingga banyak kehilangan cairan. Hal ini dikarenakan garam sangat mempengaruhi pengaturan cairan dalam tubuh. Terlalu banyak garam yang masuk ke tubuh hanya akan mengacaukan pengaturan tersebut sehingga akhirnya membuat kita cepat merasa haus.

KONSUMSI BUAH DAN SAYURAN YANG BERVARIASI

Perlu diingat bahwa sumber cairan tidak hanya didapatkan dari minuman, tapi bisa juga diperoleh dari makanan. Umumnya, sekitar 10-20% kebutuhan cairan bisa diperoleh dari makanan.

dehidrasi

Oleh karena itu, pilihlah makanan yang mengandung cukup air sehingga tubuh bisa menjadi kenyang sekaligus kebutuhan cairan terpenuhi. Sebagai andalan, cukup dengan mengonsumsi buah dan sayuran. Jadi, penuhi menu sahur dan buka puasa kita dengan sayur dan buah-buahan yang cukup!

UTAMAKAN MINUM AIR PUTIH

Selama berpuasa, sebaiknya, hindari meminum minuman yang berkafein atau memiliki kandungan gula tinggi. Terlebih saat sahur. Sebab, hal tersebut hanya akan membuat tubuh kehausan dalam beberapa jam saja. Sumber cairan terbaik hanyalah air putih. Selain mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh, air putih juga tak akan membuat tubuh mengalami risiko terserang penyakit kronis di kemudian hari.

HINDARI KEGIATAN LUAR RUANGAN

Dalam kondisi normal, setiap harinya sebanyak 1.000 – 4.500 ml cairan hilang dari dalam tubuh. Salah satu hal yang menjadi penyebabnya adalah tubuh yang berkeringat terlalu banyak. Biasanya, cairan yang hilang akan langsung digantikan saat kita minum air putih. Tapi, berbeda dengan bulan lainnya, di bulan puasa kita harus menunggu hingga saat berbuka puasa tiba untuk menggantikan cairan yang hilang.

dehidrasi

Untuk itu, cara mengatasinya adalah dengan menjaga kadar cairan dalam tubuh. Hindari terlalu banyak aktivitas berat di luar ruangan ketika matahari sedang terik. Pasalnya, hal tersebut mampu membuat keringat mengucur deras sehingga memicu dehidrasi.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: