5 Tips Mengatur Keuangan Keluarga Setelah Kehadiran Buah Hati

Setiap pasangan baru pastinya menantikan kehadiran buah hati di tengah-tengah mereka. Namun, setelah keinginan tersebut terpenuhi, jangan lengah dalam mempersiapkan masa depannya. Simak artikel berikut untuk tau cara mengatur keuangan keluarga setelah kehadiran anak!

5 Tips Mengatur Keuangan Keluarga Setelah Kehadiran Buah Hati

5 Tips Mengatur Keuangan Keluarga Setelah Kehadiran Buah Hati

Kehadiran anak dalam sebuah pernikahan amatlah dinantikan. Tak heran jika setiap pasangan muda akan selalu memberikan yang terbaik untuk si buah hati, mulai dari kesehatan, asupan makanan hingga pendidikan. Sayangnya, dengan keadaan keuangan yang tidak sama, tak semua orang tua mampu mengeluarkan biaya yang fantastis untuk biaya kehidupan anak. Namun, hal ini jangan sampai membuat orang tua panik atau bahkan stres saat kehadiran anak pertama.

Jika saat masa kehamilan hingga melahirkan sudah dipersiapkan segala sesuatunya dengan sangat baik maka jangan juga melupakan bahwa kehadiran anak tidak hanya sebatas 2 masa itu. Keuangan secara keseluruhan tentu perlu dipersiapkan secara matang. Bukan hanya saat hamil dan melahirkan, tapi juga untuk masa yang akan datang.

Agar Rekan Bijak lebih paham bagaimana cara mempersiapkan keuangan saat si kecil hadir di tengah keluarga, simak beberapa tips di bawah ini :

RENCANAKAN KEUANGAN DENGAN MATANG

Kondisi keuangan keluarga akan berubah total saat anak pertama lahir. Hal ini juga tidak akan berlangsung hanya sementara, tapi tetap ke depannya. Maka sebaiknya, pastikan kita memiliki cara yang tepat dalam menangani tantangan tersebut.

buah hati

Kenyataannya, sebagian orang tua beranggapan bahwa kehadiran anak hanya membawa perubahan kecil saja dalam keuangan keluarga. Sebagian dari mereka juga berpikir bahwa perubahan ini hanya berlangsung beberapa bulan saja, yakni saat kelahiran. Pemikiran seperti itu tentunya tidak tepat karena anak merupakan bagian keluarga selamanya yang akan memengaruhi sejumlah pengeluaran dalam keuangan keluarga.

Perubahan keuangan yang ditimbukan bukan sekadar perubahan kecil, tapi akan menimbulkan berbagai pos pengeluaran baru. Kondisi keuangan yang akan mengalami banyak perubahan ini perlu ditangani dengan tepat agar berbagai pos pengeluaran rutin yang wajib dan penting tidak terganggu.

BUAT SKALA PRIORITAS

Menyusun skala prioritas dalam perencanaan keuangan setiap bulannya sangat penting dilakukan. Cara ini bertujuan agar berbagai hal lain yang tidak terlalu urgent bisa dikesampingkan terlebih dahulu. Kehadiran anak akan menimbulkan beberapa kebutuhan baru dan wajib diutamakan.

Beberapa rencana jangka panjang dalam keuangan akan terlihat secara langsung setelah sang anak lahir. Rencana tersebut antara lain :

1. Biaya kesehatan anak, baik biaya cek kesehatan rutin atau yang sifatnya mendadak.

2. Sejumlah tabungan pendidikan untuk masa depan.

3. Mempersiapkan asuransi jiwa sebagai jaminan bagi si kecil jika saja terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Mempersiapkan asuransi kesehatan.

5. Sejumlah biaya untuk dana cadangan atau darurat.

ATUR ANGGARAN KEUANGAN KEMBALI

Kehadiran anak membuat berbagai macam pos pengeluaran baru bermunculan, sedangkan ini tidak diimbangi dengan berbagai pemasukan tambahan.

buah hati

Agar keuangan keluarga tetap berjalan dengan baik dan efektif, sebaiknya catat seluruh pengeluaran baru terkait kehadiran buah hati dalam keluarga. Catat dengan teliti sehingga semua pengeluaran tersebut masuk dan terhitung. Beberapa pos pengeluaran tersebut, yakni biaya dokter, biaya membeli pakaian, biaya pendidikan, dan biaya kesehatan.

Cobalah untuk memilih lalu mengurangi atau bahkan menghilangkan beberapa biaya pengeluaran yang fleksibel sehingga dana tersebut dapat dialokasikan untuk kebutuhan anak. Susun anggaran dengan cerdas agar tepat sasaran dan sesuai dengan kemampuan keuangan kita bersama pasangan.

HIDUP HEMAT

Buah hati yang kini sudah berada di tengah keluarga akan membutuhkan biaya yang cukup besar. Untuk itu, kita perlu menghemat pengeluaran yang bersifat fleksibel, seperti biaya hiburan, biaya liburan, atau biaya makan di luar.

Pastikan penghematan yang dilakukan tidak membuat berbagai kebutuhan pokok menjadi tak terpenuhi dengan baik.

RENCANAKAN KEUANGAN SECARA KESELURUHAN

Meski fase memiliki anak selalu menjadi momen yang menyenangkan bagi semua orang, hal ini sering membuat pasangan terlalu bersemangat sampai lupa mengatur keuangan dengan cermat.

buah hati

Jadi, sangat disarankan, jangan menunda perencanaan keuangan secara keseluruhan sehingga berbagai kebutuhan anak serta rumah tangga dapat terpenuhi dengan baik.

Butuh dana tambahan demi memenuhi kebutuhan anak atau kebutuhan sehari-hari? Ajukan saja pinjaman online yang cepat dan aman, hanya di Danabijak!

pinjaman uang online cepat cair

1 Comment

Write a comment
  1. link 188bet
    July 20, 00:57 link 188bet

    Very great post. I just stumbled upon your weblog and wished to mention that
    I have really enjoyed browsing your weblog posts.
    After all I’ll be subscribing in your rss feed and I’m hoping you write again very soon! http://Arenda-spetstehniki.org/redirect.php?link=http://alternatif188bet.com

    Reply this comment

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: