5 Tips dan Trik Belanja Hemat di Supermarket yang Perlu Kamu Tahu!

Agar terhindar dari pemborosan saat berbelanja di supermarket, simak 5 tips dan trik dari Danabijak dalam artikel berikut ini!

5 Tips dan Trik Belanja Hemat di Supermarket yang Perlu Kamu Tahu!

5 Tips dan Trik Belanja Hemat di Supermarket yang Perlu Kamu Tahu!

Sebagian orang masih sering memilih untuk belanja barang-barang kebutuhan sehari-hari, seperti sabun, shampoo, atau pasta gigi di supermarket daripada di pasar tradisional dengan alasan kenyamanan dan kebebasan memilih produk. Setiap bulannya, pasti supermarket dipenuhi oleh orang-orang yang hendak membeli kebutuhan sehari-hari.

Bila sekilas dilihat, produk di supermarket harganya amat bersaing dengan warung atau pasar tradisional. Tapi, sering kali yang ditemukan adalah uang yang dikeluarkan lebih banyak saat berbelanja di supermarket.

Supaya kantong tak jebol, 5 trik belanja hemat di supermarket dari Danabijak ini bisa coba diterapkan.

BANDINGKAN HARGA DENGAN KUANTITAS

Periksa harga barang-barang di supermarket secara teliti dan lakukan perhitungan sederhana untuk dapat mengetahui kemungkinan pembelian yang lebih murah. Membeli bahan makanan segar di supermarket cenderung lebih murah dibeli per kilogram daripada dalam beberapa kemasan berbungkus sekaligus. Dengan cara tersebut, kita juga akan lebih mudah memeriksa setiap bahan makanan, seperti buah atau sayuran yang cacat sehingga mendapatkan kualitas yang terbaik.

belanja

Cek harga barang di supermarket dengan teliti dan lakukan perhitungan sederhana agar mendapatkan harga murah.

Membeli potongan besar daging dan meminta tukang daging untuk memotongnya dapat menghemat pengeluaran sekitar 30% dibandingkan membeli potongan daging kecil dalam jumlah banyak. Produsen umumnya menyusutkan produk demi mengatasi kerugian saat terjadi kenaikan harga. Sebaiknya, cek berbagai ukuran kemasan produk lain untuk mendapatkan harga dan kuantitas isi produk yang baik.

JANGAN BELI ECERAN

Barang-barang eceran di supermarket, biasanya, memiliki harga yang lebih mahal daripada barang-barang grosir. Bahkan, diskon kerap diberikan untuk pembelian barang dalam jumlah banyak di supermarket.

Saat sedang berbelanja barang grosir, jangan lupa untuk membandingkan harga dan kualitas masing-masing produk sehingga kita mendapatkan kualitas barang yang baik dengan harga terjangkau. Belilah barang dalam jumlah grosir agar kita fokus pada kualitas dan dapat memilih-milih beragam produk lainnya.

Dengan berkonsentrasi penuh saat berbelanja, pengeluaran dapat dihemat sebab kita hanya memprioritaskan barang-barang yang dibutuhkan saja. Namun, pembelian dalam jumlah besar di supermarket tidak selalu dapat menghemat biaya. Pihak supermarket, umumnya, sudah mencampur produk-produk murah dengan yang lebih mahal. Agar terhindar dari pemborosan maka sebaiknya kita sudah menghitungnya terlebih dahulu dengan kalkulator sebelum membayar ke kasir.

BELANJA SAAT DISKON

Dalam berbagai kesempatan, supermarket biasanya saling berlomba menawarkan diskon besar-besaran. Banyak barang kebutuhan sehari-hari yang harganya menjadi jauh lebih murah saat diskon.

belanja

Pilihlah waktu yang tepat untuk berbelanja, yaitu saat supermarket memberikan promo diskon.

Bahan makanan, seperti roti dan daging biasanya diberikan potongan harga saat mendekati masa kadaluarsa. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa semakin sering berbelanja maka semakin banyak pula kita mengeluarkan biaya untuk pembelian yang tidak direncanakan. Oleh karena itu, pilihlah saat tepat untuk berbelanja di supermarket terutama saat ada diskon.

TULIS KEBUTUHAN DI DAFTAR BELANJA

Daftar belanjaan merupakan hal utama yang diperlukan saat pergi berbelanja di supermarket. Sebaiknya, belanjakan uang sesuai dengan daftar belanja yang telah dibuat. Hindari berbelanja sesuka hati karena hal ini mengakibatkan banyak pemborosan. Luangkan waktu seminggu sekali untuk merealisasikan daftar belanja. Daftar belanja dapat membantu kita fokus dalam membeli barang-barang yang dibutuhkan tanpa terburu-buru dan panik.

Disarankan juga untuk mencatat harga barang sesudah diskon agar kita bisa mempersiapkan uang yang pas di waktu promo atau diskon. Selama belanja, ikutilah daftar belanja yang ada dan jangan pernah berbelanja saat lapar karena akan cenderung menyebabkan kita membeli banyak makanan tambahan. Semakin sedikit berbelanja, semakin sedikit pula kemungkinan untuk melakukan pembelian impulsif. Letakkan daftar belanjaan di tempat yang mudah dilihat, seperti di pintu lemari es agar tak lupa membawanya saat berbelanja ke supermarket.

CEK HARGA DI KATALOG

Di supermarket, berbagai katalog atau brosur biasanya tersedia dan diletakkan di dekat pintu masuk pengunjung. Brosur tersebut dapat diambil secara gratis. Dengan membaca katalog, kita bisa mengetahui jenis barang apa saja yang sedang dipromosikan beserta diskon yang ditawarkan.

belanja

Dengan membaca katalog, kita bisa mengetahui jenis barang apa saja yang sedang dipromosikan beserta diskon yang ditawarkan.

Meski demikian, baca kembali saat mendapatkan struk pembelian. Terkadang supermarket memasukkan harga yang salah dan tak cocok antara di katalog dengan harga pembayaran akhir.

Rekan Bijak butuh pinjaman guna menambah budget belanja bulanan? Danabijak solusinya! Danabijak dapat memberikan bantuan pinjaman dana hingga Rp3.000.000. Jadi, butuh dana? Ya, Danabijak aja!

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: