6 Alasan Lebih Enak Jadi Pengusaha

Memulai sebuah bidang usaha memang bukan urusan mudah. Namun selama proses ada banyak hal yang bisa kita dapatkan untuk bekal kita dimasa depan.

6 Alasan Lebih Enak Jadi Pengusaha

6 Alasan Lebih Enak Jadi Pengusaha

Pernakah kita berpikir sejenak untuk keluar dari zona nyaman?, dan berniat membuat langkah besar dalam hidup kita. Pernahkah diantara kita memikirkan untuk menggarap usaha kita sendiri dibanding kita bekerja untuk orang lain?. Ada banyak hal pula yang bisa kita capai jika kita memberanikan diri memulai membuka usaha. Memang membuka usaha tidak semudah membalikan telapak tangan, ada banyak tantangan dan risiko yang akan kita hadapi. Namun dibalik semua tantangan itu ada banyak hal positif yang bisa kita ambil. Dan disaat kita bisa menikmati hasilnya kita akan lebih bersyukur lagi dengan segala rintangan yang pernah kita hadapi.

Siapa bilang menjadi seorang pegusaha hanya bisa enak-eank pada saat kita sudah meraih keuntungan. Proses pada saat merintis juga bisa kita nikmati, dan banyak hal yang baik yang bisa kita dapatkan.

Sebagai Tempat Untuk Mengembangkan Hobi, Minat dan Bakat

pengusaha

www.guiltybytes.com

Kita dapat menggunakan bidang usaha kita sebagai tempat untuk mengekspresikan diri kita sendiri atau apa yang kita inginkan di hidup ini. Banyak diantara pengusaha yang memulai usahanya untuk menyalurkan kreativitasnya misalnya memasak, membuat kue, melukis, mendesain baju atau membuat aksesories untuk diri sendiri, anak maupun kerabat dekat, bisa juga menulis buku atau membuka usaha karena memilih untuk mandiri sekaligus menjadi pemiliknya. Ketika keita mendalamai hobi kita sebagai usaha, maka kita akan dapat banyak pelajaran dan hal baru yang lebih dalam dan luas.

 

Bebas Mencoba Hal Baru 

pengusaha

vizag.cityurb.com

Jika karyawan harus mengkoordinasikan segala sesuatunya pada atasan tentang idenya dan belum tentu mendapat persetujuan. Lain dengan pengusaha, kita bisa bebas mencoba konsep baru, mengembangkan ide dan sistem yang dirasa bisa mengembangkan usaha kita. Hal ini akan membuat kita mendapatkan  pengalaman yang tidak kita dapat jika kita bekerja pada orang lain. Kita bisa tau rasanya mejajal potensi kita, baik itu berhasil ataupun belum. Dengan ini kita bisa lebih dalam menggali potensi kita sembari menjalankan usaha kita.

Kita juga akan bertemu orang-orang baru yang akan membantu kita untuk mengembangkan usahan kita, kita akan banyak menjalin kerja sama atau bahkan hanya sekedar kenalan dengan orang-orang yang sudah membangun usaha maupun yang sedang merintis. Hal ini akan membuat kita lebih bergairah untuk me njalin relasi orang-orang baru. Hal ini juga akan menambah perbendaharaan informasi kita tentang dunia usaha.

 

Tidak Ada Tekanan Alih-alih Dukungan

pengusaha

www.theladders.com

Pada saat kita memutuskan untuk memulai usaha sendiri pastinya kita akan mendapatkan dukungan dari orang-orang terdekat, terutama orang tua kita yang akan selalu mendoakan usaha kita. Begitu pula di setiap kesempatan kita bertemu orang-orang, baik dalam urusan bisnis atau tidak, biasanya mereka akan memotivasi kita untuk lebih semangat lagi akan apa yang kita kerjakan. Tak jarang dari orang-orang yang kita temui akan memberi kita wejangan yang bermanfaat dalam menjalankan usaha. Hal ini akan membuat kita semakin terpacu dalam menjalankan usaha karena didukung oleh orang-orang sekitar.

 

Menjadi Pribadi yang Lebih Berani & Disiplin

pengusaha

beautytap.com

Ketika sudah memilih untuk membagun usaha kita berarti sudah siap untuk memimpin diri sendiri. Di masa-masa inilah kita akan memulai tantangan hidup yang akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih berani dan bijaksana, kita akan dihadapkan pada bermacam pilihan dan risiko. Disini kita akan menuntut diri kita sendiri untuk berani mengambil keuputusan dan harus siap mengahadapi risiko yang kan kita tanggung jika kita keliru mengambil keputusan.

Ketika kita dihadapkan pada masalah yang tek pernah terbayangkan, maka akan muncul potensi-potensi tersembuyi dalam diri kita dalam meyelesaikan masalah. Jika kita mengalami kesulitan atau sedang berusaha mengembangkan sesuatu kita pasti akan selalu mencari jalan keluar yang terbaik. Kita juga akan jadi lebih disiplin dalam hal apapun, dalam mengatur keungan, membuat dan menepati janji. Kita juga harus disiplin memotivasi diri kita sendiri, karena jika kita melakukan kesalahan, tidak akan ada orang lain yang mengingatkan kecuali diri kita sendiri.

 

Merasakan Bahwa Kita Bisa Bermanfaat Bagi Sesama

pengusaha

kingsnorwich.com

Apapun jenis bidang usahanya, biasanya seorang pengusaha sejati tidak akan tertuju pada keuantungan saja. Mereka bercita-cita akan apa yang dikerjakannya kelak dapat bermanfaat dan berguna bagi masyarakat, Misalnya seorang pengusaha kuliner akan bahagia jika makanannya disantap dengan lezat oleh pelanggannya hingga tidak ada yang tersisa dan selalu kembali datang, Seorang pengusaha yang membuka bengkel kendaraan yang dari hati dengan senang membenarkan mobil costumer-nya yang rusak agar tidak terjadi kerusakan yang membahayakan pengendaranya.

Pengusaha sejati selalu semangat dengan apa yang dia kerjakan, apapun itu produknya. Tujuan utamanya bukan keuntungan namun pada proses dan manfaat usaha yang dilakukan. Disinilah rasa kebahagian itu muncul.

 

Mendapatkan Kenyamanan Finasial di Kemudian Hari

pengusaha

www.femalefirst.co.uk

Mendapatkan keuntungan finansial dikemudian hari adalah hal yang sudah pasti didapat oleh setiap pengusaha. Kita memang bekerja keras pada awal merintis usaha, namun jika kita bekerja dengan baik dan benar hal yang telah kita korbankan tidak akan sia-sia. Keuntungan yang kita dapat dari jeripayah kita sendiri akan terasa lebih membanggakan, dan kita akan merasa aman karena kita sendiri yang mengelola pemasukan kita. Dari keuntungan yang kita dapat kita juga bebas menggunakan uang kita untuk menbahagiakan orang tua, membeli kendaraan pribadi atau bahkan liburan rutin tiap tahun bersama keluarga.

Bagaimana? Apakah Rekan Bijak sudah tergugah untuk memulai dan menjadi pengusaha? Jangan ragu untuk memulai usaha kita. Jika kita memiliki tujuan baik, percayalah kita akan mendapatkan hal baik juga kedepannya.

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: