6 Bisnis Kecil Menjanjikan untuk Mahasiswa

Sudah menjadi rahasia umum jika mahasiswa memerlukan uang untuk biaya kuliah dan biaya keseharian lainnya. Demi memenuhi biaya-biaya tersebut, mahasiwa harus mampu berbisnis walaupun kecil-kecilan. Apa saja ide bisnis yang dapat dijalankan? Baca di artikel ini!

6 Bisnis Kecil Menjanjikan untuk Mahasiswa

6 Bisnis Kecil Menjanjikan untuk Mahasiswa

Perkembangan zaman menuntut mahasiswa untuk lebih kreatif lagi. Tidak cukup hanya modal belajar, kuliah, dan berorganisasi, tapi mahasiswa perlu mempersiapkan bekal menuju dunia kerja. Maka, tak ada salahnya jika mahasiswa mulai belajar membuka usaha atau berbisnis. Walaupun skalanya hanya bisnis kecil, tapi siapa tau profesi inilah yang kelak digeluti di masa depan.

Selain sebagai sarana belajar, berbisnis juga diandalkan agar kita bisa hidup mandiri dan tidak banyak bergantung dengan orangtua. Jadi, bisa dibilang, bisnis bagi mahasiswa bukan sekedar bisnis sampingan untuk menambah uang saku, tapi juga sebagai modal pengalaman setelah lulus kuliah.

Ada beberapa ide bisnis kecil, namun tetap menjanjikan yang cocok dijalankan oleh mahasiswa. Simak uraiannya berikut ini.

1. Membuka Jasa Les Privat

mahasiswa

Kemampuan akademis yang kita miliki dapat dimanfaatkan dengan membuka jasa les privat di rumah.

Ada baiknya, kemampuan akademis yang kita miliki dimanfaatkan dengan optimal lewat membuka jasa les privat di rumah. Tapi, jika kondisi rumah tidak memungkinkan maka sebaiknya kita menambahkan tarif untuk transportasi kita ke rumah murid.

Umumnya, tarif les privat berkisar antara Rp20.000 – Rp150.000 sekali pertemuan. Semakin banyak kita memiliki waktu luang maka semakin banyak pula murid yang mampu diajar. Saat kita serius menekuni bisnis ini, bukan tidak mungkin penghasilan kita sama atau bahkan melebihi pekerja kantoran. Saat ini, sudah banyak layanan jasa les privat online yang juga dapat dilakukan di rumah dan kita bisa mendaftar di layanan tersebut.

2. Berjualan Pulsa

mahasiswa

Keuntungan berjualan pulsa terus bertambah seiring dengan kebutuhan pulsa setiap individu yang juga semakin meningkat.

Bisnis ini menjadi yang paling digemari mahasiswa karena modal yang dibutuhkan tak terlalu besar. Meski membutuhkan modal yang kecil, tapi keuntungan yang diperoleh lumayan menjanjikan jika bisnis ini ditekuni dan dikelola dengan baik.

Bagaimana jika kita tidak punya modal yang cukup untuk memulai bisnis berjualan pulsa elektrik ini? Kita dapat mencoba dengan membeli pulsa dalam nominal kecil. Keuntungan awal dari bisnis ini bisa mencapai Rp500 – Rp1.500 setiap penjualan pulsa. Ini akan terus bertambah seiring dengan kebutuhan pulsa setiap individu yang juga semakin meningkat.

3. Bisnis Online Shop

mahasiswa

Online shop memungkinkan mahasiswa untuk menjual berbagai macam baju, celana/rok, pernak-pernik, berbagai jenis sepatu, atau hijab.

Peluang usaha selanjutnya yang memungkinkan dilakukan mahasiswa adalah online shop. Di sini mahasiswa dapat menjual berbagai macam baju, celana/rok, pernak-pernik, berbagai jenis sepatu, atau hijab. Target pembeli bukan hanya ditujukan untuk teman-teman kampus, tapi juga pelanggan lain di dunia maya. Ada banyak forum jual beli online yang menawarkan kemudahan transaksi.

Pilihan lain jika kita belum memiliki barang untuk dijual, kita bisa menjadi reseller atau dropship. Dengan demikian, modal yang dibutuhkan tidak banyak, tapi keuntungan yang diretas lumayan banyak.

4. Menjual Makanan

mahasiswa

Peluang bisnis menjual makanan terbilang luas mengingat semua orang butuh makan.

Jika kita punya hobi memasak, tak ada salahnya untuk mencoba berjualan makanan, baik makanan ringan maupun berat di kampus. Peluang bisnis ini juga terbilang luas mengingat semua orang butuh makan. Agar semakin banyak pembeli, kita perlu menciptakan menu makanan yang menarik dan unik.

Pilih bahan makanan terpilih serta teknik masak yang terjamin. Jika belum punya modal cukup, kita bisa menawarkan jualan makanan tersebut via online. Prosesnya cukup pasarkan makanan melalui internet lalu antar ke pembeli. Kita bisa bekerja sama dengan para ojek online. Sebagai langkah awal, berikan saja tester untuk dicicipi terlebih dahulu.

5. Menjual Buku Bekas

mahasiswa

Buku bekas yang masih layak digunakan dapat dijual dengan harga murah ke sesama mahasiswa, calon mahasiswa, atau pelajar yang masih membutuhkan.

Buku-buku akademik pasti menumpuk saat kita sudah menyelesaikan satu semester dan lanjut ke semester berikutnya. Ini bisa kita gunakan sebagai peluang berbisnis menjual buku bekas dengan harga miring. Saat biaya pendidikan semakin mahal, buku bekas menjadi alternatif untuk mengurangi beban keuangan mahasiswa. Buku bekas yang masih layak digunakan dapat dijual dengan harga murah ke sesama mahasiswa, calon mahasiswa, atau pelajar yang masih membutuhkan.

6. Menjadi Penerjemah

Banyak mahasiswa memilih bisnis ini karena termasuk dalam bisnis yang simple. Bisnis ini hanya membutuhkan keterampilan bahasa asing dan tidak membutuhkan modal yang besar atau peralatan yang rumit. Bisnis menjadi penerjemah cocok dilakukan oleh mahasiswa jurusan bahasa, seperti Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Belanda, Bahasa Mandari, atau Bahasa Jepang.

pinjaman uang online cepat cair

2 Comments

Write a comment
  1. ENDAng setyadi
    April 03, 20:20 ENDAng setyadi

    Mau minjam uang bisa gj

    Reply this comment

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: