6 Cara Praktis Merawat Mobil Matic

Kata siapa memiliki mobil matic repot? Asal kita mengetahui cara praktis dalam merawatnya, mobil matic bisa jadi andalan kendaraan. Baca artikel di bawah ini yang mengulas lengkap cara praktis perawatan mobil matic!

6 Cara Praktis Merawat Mobil Matic

6 Cara Praktis Merawat Mobil Matic

Melihat kondisi lalu lintas saat ini yang semakin penuh sesak, penggunaan mobil matic lebih disukai. Dengan transmisi matic, pengendara tidak perlu lagi lelah menahan kopling menggunakan kaki kiri. Mungkin bagi beberapa orang, mobil transmisi manual lebih digemari karena alasan lebih fun untuk diajak berakselarasi dan ada kepuasan tersendiri dengan memindahkan posisi gigi sesuai keinginan.

Tapi, hal tersebut sudah diakomodasi oleh transmisi matic yang beredar di pasaran sekarang ini. Beberapa mobil jenis ini sudah menyediakan fitur untuk memindahkan posisi gigi secara manual. Bahkan, beberapa mobil sekarang sudah dilengkapi dengan tuas paddle shift di bagian belakang roda kemudi yang berfungsi untuk memindahkan posisi selayaknya mobil balap di formula 1.

Anggapan beberapa orang bahwa mobil matic cenderung rentan mengalami kerusakan, lebih boros, serta biaya perawatan yang relatif lebih mahal, faktanya merawat mobil bertransmisi matic sebenarnya tidak sesulit yang dibayangkan. Bahkan umur plat kopling mobil matic diketahui mampu bertahan antara 3-5 kali lebih lama daripada transmisi manual. Rumor yang mengatakan bahwa mobil matic boros konsumsi BBM bisa diakali dengan penggunaan CVT (sabuk baja) dalam transmisi matic. 

Lalu, bagaimana dengan biaya perbaikan transmisi matic? Ternyata kita merawat dan mengendarai mobil matic dengan benar, transmisi matic bisa awet. Mari simak pembahasan cara merawat dan menggunakan transmisi matic selengkapnya di bawah ini :

SERVIS SECARA RUTIN

Sama halnya dengan mobil bertransmisi manual, perawatan secara berkala atau rutin juga perlu dilakukan untuk kendaraan berjenis matic. 

mobil matic

Juga, perlu diingat, instruksi servis berkala yang direkomendasikan oleh produsen wajib diikuti. Selain untuk memperbaharui kondisi kendaraan, hal ini juga diharuskan oleh setiap aturan garansi mesin yang diberikan oleh produsen.

PENGGANTIAN OLI MESIN

Selain servis berkala, penggantian oli mesin pada mobil matic juga perlu diperhatikan. Oli mesin juga sangat penting bagi mobil karena adanya keamanan dan kenyamanan yang tidak hanya didapatkan melalui servis berkala saja, tapi juga dengan penggantian oli mesin.

MENGGANTI OLI TRANSMISI

Selanjutnya yang wajib diperhatikan untuk perawatan mobil matic adalah pemeliharaan keadaan oli tranmisi otomatis. Pemilik kendaraan matic wajib mengganti oli transmisi secara berkala dan teratur setiap minimal 25.000 km dan berada di angka maksimal 50.000 km.

mobil matic

Kita bisa memakai pelumas transmisi yang sudah dianjurkan oleh produsen mobil. Jenis pelumas yang sering dipakai akan menentukan berat atau ringannya saat kendaraan digunakan.

PENGECEKAN VALVE DAN OLI TRANSMISI

Mobil matic sering mengalami kerusakan pada gasket transmisi, seperti kebocoran gasket transmisi atau kerusakan gasket transmisi. Oleh karena itu, sebagai pemilik kendaraan, kita harus rajin mengecek sedari dini. Terlebih, mobil matic dapat mengalami gangguan velve rusak dan velve bocor. Ini bisa terjadi saat pemindahan tuas yang keras dan sentakan gas.

PENGGANTIAN OLI TRANSMISI SAAT BANJIR

Jika terpaksa dan tidak mungkin dihindari untuk mengemudi kendaraan di genangan air banjir atau mobil lama diguyur hujan, sebaiknya perlu penggantian segera oli transmisi. Sebab, kemungkinan besar air akan merembes ke dalam gearbox. Kemacetan gear atau transmisi merupakan dampak buruk dari mengabaikannya.

MEMANASKAN MOBIL

Hal lain yang perlu diperhatikan bila ingin bepergian menggunakan kendaraan adalah dengan memeriksa mobil matic. Jadi, lakukanlah pemanasan mobil sebelum menempuh perjalanan jauh.

mobil matic

Meski terbilang mudah, tapi masih banyak orang yang memiliki mobil matic justru mengabaikan hal mudah ini. Padahal, diketahui bahwa terlalu sering lalai dalam memanaskan mobil, akibatnya akan fatal. Oleh karena itu, memanaskan mobil matic perlu selalu diingat agar transmisi mobil berada pada posisi N (Netral).

Rekan Bijak perlu dana tambahan untuk melakukan perawatan mobil matic kesayangan? Jangan khawatir, Danabijak solusinya!

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: