6 Cara Praktis dan Sukses Mengatur Keuangan Keluarga

Pengeluaran atau pemakaian uang setiap bulannya perlu dikelola dengan baik agar keuangan keluarga berjalan efektif. Dalam artikel ini, Danabijak memberikan 6 tips sukses untuk mengatur keuangan.

6 Cara Praktis dan Sukses Mengatur Keuangan Keluarga

6 Cara Praktis dan Sukses Mengatur Keuangan Keluarga

Untuk mengelola rumah tangga, istri akan diberikan uang pemasukan dari suami. Maka dari itu, istri harus mampu mengelola keuangan keluarga. Cara utama untuk melakukan pengelolaan itu adalah dengan mencatat pemasukan dan pengeluaran yang terjadi setiap bulannya.

Cara ini dilakukan demi bisa mengalokasi uang. Setiap bulan akan terlihat, uang habis untuk pemakaian apa saja dan alokasi mana saja yang sekiranya berpeluang untuk dihemat. Dengan mencatat anggaran pemasukan dan pengeluaran, kita juga bisa memperkirakan berapa jumlah uang yang dapat ditabung atau diinvestasikan.

Menurut data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada 2013 hanya sebanyak 17% wanita yang sudah mengerti pengaturan finansial secara baik. Padahal, kemampuan wanita dalam mengelola keuangan cukup menentukan masa depan keluarga.

Berikut Danabijak akan memberikan pengetahuan terkait cara sukses mengatur keuangan keluarga.

TENTUKAN TUJUAN KEUANGAN KELUARGA

Hal pertama dan utama yang harus dilakukan adalah menentukan tujuan keuangan keluarga. Misalnya, kita berencana ingin membeli mobil, rumah, atau ingin mengalokasikan biaya pendidikan anak. Hal ini penting dilakukan agar kita dan keluarga bersemangat dalam menabung serta berinvestasi.

keuangan keluarga

Menentukan tujuan keuangan penting dilakukan agar kita dan keluarga bersemangat dalam menabung serta berinvestasi.

Setelah mengetahui tujuan finansial, tetapkan secara rinci produk seperti apa yang diinginkan. Dalam menyusun tujuan tersebut, disarankan kita lakukan dengan cermat dan bijak.

MEMBUAT ANGGARAN

Hal kedua yang perlu dilakukan adalah membuat anggaran belanja. Kita bisa mulai membuat anggaran belanja mingguan dan mulailah berbelanja pada Sabtu atau Minggu. Catatan anggaran belanja akan membuat kita teratur dalam menentukan pengeluaran bulanan dan tahunan. Anggaran belanja sederhana juga mampu membantu para ibu rumah tangga mengetahui seperti apa kondisi keuangan keluarga. Cobalah membuat anggaran belanja secara realistis dan jangan terlalu sedikit juga. Jangan sampai saking ingin mengirit pengeluaran, hal itu membuat kita dan keluarga tertekan karena tidak bisa menikmati hidup.

PISAHKAN UANG SESUAI KEBUTUHAN

Ketika suami memberikan kucuran dana untuk keperluan rumah tangga, sebaiknya segera simpan dana tersebut di tempat yang berbeda. Mudahnya, belilah amplop-amplop khusus atau dompet dengan ruang pemisah berbagai macam.

keuangan keluarga

Usahakan kucuran dana yang diberikan suami teralokasi dengan baik.

Cara ini bertujuan demi menghindari dana digunakan untuk keperluan yang kurang penting. Usahakan dana teralokasi dengan baik. Skala prioritas penjadi pembedanya. Dana yang digunakan untuk biaya rutin, misalnya listrik dan telepon. Sebaiknya, jangan disatukan dengan tempat menyimpan biaya tidak rutin (misal, pos pengeluaran jalan-jalan anak).

Poin mudah ini cukup efektif diterapkan untuk mengontrol pemakaian uang. Tentu saja, kita perlu disiplin dalam memisahkan dananya.

MENABUNG

Salah satu cara terbaik dalam mengatur keuangan adalah dengan menabung. Ini cara klasik, tapi mudah untuk diterapkan. Menabung di sini bukan berarti menyimpan uang di lembaga perbankan tertentu, melainkan di dompet tertentu saja. Sisa pengeluaran bisa digunakan kembali untuk biaya iuran sampah misalnya.

KURANGI PEMAKAIAN KARTU KREDIT

Kartu kredit sebaiknya digunakan untuk keperluan tertentu, seperti pemesanan tiket, hotel, atau makan di restoran yang ada promo.

keuangan keluarga

Gunakan kartu kredit dengan bijak, misalnya untuk pemesanan hotel atau belanja dengan promo.

Jika misalnya saja hari ini kartu kredit sudah terpakai, usahakan bayar sebelum limit waktu pembayaran. Gunakan kartu kredit sebijaksana mungkin dan jangan gunakan sebagai media transaksi utama.

IKUT ASURANSI

Jika kita sudah paham dengan berbagai produk keuangan, tentu untuk poin terakhir ini sudah benar-benar mengerti. Coba rencanakan masa depan sebaik mungkin dengan ikut asuransi tertentu. Milikilah asuransi terutama kelapa keluarga. Asuransi merupakan solusi jangka pendek yang mampu menjadi solusi dari musibah yang sewaktu-waktu bisa saja menimpa kepala keluarga. Asuransilah yang akan membayar biaya pengobatan.

Percayakan pula solusi keuangan keluarga pada Danabijak! Hanya dengan 3 langkah mudah, kita sudah berkesempatan mendapatkan pinjaman hingga Rp3.000.000.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: