6 Jenis Prioritas Keuangan Bagi Pasangan Muda

Untuk para pasangan muda yang baru menikah, diharapkan pandai-pandai mengatur keuangan. Akan ada banyak prioritas keuangan yang kita butuhkan dimasa depan. Buatlah prioritas keuangan bersama pasangan kita agar keuangan rumah tangga kita selalu teratur.

6 Jenis Prioritas Keuangan Bagi Pasangan Muda

6 Jenis Prioritas Keuangan Bagi Pasangan Muda

Untuk Rekan Bijak sekalian, terutama para pasangan muda. Kita wajib sekali mengatur prioritas keuangan bersama pasangan terkasih kita. Pasalnya keuangan adalah hal yang fundamentar di sebuah keluarga, jika kita cuek soal keuangan bisa-bisa keuangan rumah tangga kita berantakan dan membuat kita menjadi serba kekurangan.

Agar keuangan kita terarah, ada baiknya kita mulai mengatur prioritas yang pasangan muda butuhkan. Kita bisa membuat anggaran khusus untuk mengalokasikan dana kita.

Kredit Rumah

Prioritas Keuangan

buildbetterschools.info

Rumah adalah salah satu kebutuhan primer bagi sebuah keluarga dan menjadi prioritas keuangan utama, jika kita masih belum memiliki tempat tinggal sendiri, prioritaskanlah keuangan kita untuk mencicil rumah. Kita benar-benar harus serius dan disiplin untuk mengalokasikan dana ke anggaran kredit rumah, disamping itu harga rumah juga selalu naik setiap tahunnya. Untuk kita yang bergaji pas-pasan jangan patah semangat, kita juga bisa tetap menabung untuk mecicil rumah, kita bisa memilih rumah KPR untuk hunian kita.

Asuransi Kesehatan

Prioritas Keuangan

agenasuransijiwa.co.id

Selain harus memeperhatikan kebutuhan material, kita juga tidak boleh lalai dengan diri kita sendiri. Daftarkanlah diri kita bersama pasangan pada asuransi kesehatan, hal ini wajib dilakukan walaupun kita masih dalam keadaan sehat, karena penyakit, kecelakaan dan hal yang tidak diinginkan lainnya adalah sesuatu yang tidak bisa kita prediksi. Namun lebih baik kita dan pasangan memepersiapkan diri untuk hal tak terduga ini. Premi asurasi kesehatan berkisar antara Rp.200.000 hingga Rp. 500.000. Jumlah ini tidak terlalu berat meningat jika kita jatuh sakit, biaya kebutuhan perawatan kita akan ditanggung oleh asuransi kesehatan. Dalam beberapa tahun ke depan jika kita tidak pernah menggunakannya, maka uang asuransi bisa diambil lagi walaupun akan tetap dipotong pajak.

Biaya untuk Masa Kehamilan dan Persalinan

Prioritas Keuangan

www.smchealth.org

Jika kita pasangan muda yang sedang berencana memiliki buah hati, kita bisa membuat prioritas keuangan kita untuk kebutuhan pada masa kehamilan hingga persalinan. Biaya yang diperlukan pasca kehamilan tidaklah sedikit, selain membeli perlengkapan bayi, kita harus melengkapi kebutuhan dan asupan gizi istri demi perkembangan janin. Selain itu biaya untuk pemeriksaan rutin dan persailan juga wajib kita siapkan. Hal ini tidak berhenti sampai disini, setelah anak kita lahir kita harus mampu mensubsidi kehidupan rumah tangga dan kebutuhan bayi mulai dari, sandang, pangan dan kebutuhan primer bayi lainnya. Untuk pasangan muda yang sudah berencana meiliki anak, buatlah tabungan khusus untuk keperluan ini agar kedepannya kita sudah siap lahir batin untuk mesejahterahkan keluarga dan anak kita.

Membahagiakan Orang Tua

Prioritas Keuangan

www.danamon.co.id

Walau kita sudah menikah dan memiliki rumah tangga sendiri, ingatlah selalu akan orang tua kita yang telah mengantar kita hingga ke jenjang pernikahan. Kita membuat prioritas keuangan untuk mewujudkan impian orang tua kita. Misalnya kita bisa menabung bersama pasangan kita untuk memberangkatkan beliau Umroh/Naik Haji. Atau kita bisa membelikan tiket dan paket liburan inpiam orang tua kita. Masih banyak pula yang bisa kita lakukan, misalnya membelikan alat pemanggang roti paling  terbaru untuk Ibu kita yang hobi membuat kue, menghadiahi Ayah kita seperangkat alat pancing baru untuknya yang gemar memancing.

Membeli Kendaraan

Prioritas Keuangan

danielbortz.com

Jika kita memiliki kendaraan sendiri, akan sangat mempermudah kita jika dalam segala urusan trasnportasi keluarga. Kita bisa menabung selama satu atau dua tahun untuk bisa membeli sebuah mobil. Namun hal ini kembali lagi dengan kemampuan kita, jika harga sebuah mobil baru terlalu mahal, kita bisa membeli mobil second yang masih layak pakai.

Memulai Tabungan untuk Hari Tua

Prioritas Keuangan

blogasuransijiwa.wordpress.com

Tabungan hari tua untuk kalian perlu disiapkan sejak dini, agar masa tua kita lebih terjamin dan tidak bergantung kepada anak. Kita bisa menaruhnya ke dalam deposito supaya uang itu bisa selalu ditambah tapi tidak terpakai untuk kebutuhan lainnya. Selain itu, kita dan pasangan juga bisa melakukan investasi kecil-kecilan untuk menambah pemasukan kita. Misalnya saja reksadana, investasi emas, dan lainnya.

Nah, apakah kita sudah siap mebuat prioritas keuangan bersama pasangan kita?

Rekan Bijak. Semoga artikel ini dapat membantu dalam menentuka priorita kita dan membuat kita lebih mudah dalam mengaturnya.

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: