6 Jurus Jitu Menghadapi Pasangan Boros

Mempunyai pasangan yang suka menghamburkan uang pasti sangat menyebalkan. Perlu cara jitu untuk menghadapi sikap pasangan yang boros. Baca uraian lengkapnya di artikel berikut.

6 Jurus Jitu Menghadapi Pasangan Boros

6 Jurus Jitu Menghadapi Pasangan Boros

Dalam sebuah hubungan, masalah finansial menjadi salah satu yang sensitif dan krusial. Tak jarang seseorang yang terbiasa hidup hemat justru berpasangan dengan orang yang cenderung boros. Sikap boros ini tak melulu milik wanita. Para pria juga ada yang gemar membelanjakan uangnya untuk barang-barang yang mewah. Boros biasanya ditandai dengan menghamburkan uang yang sudah susah payah didapatkan dari bekerja hanya untuk memiliki pakaian harga selangit.

Kalau memang dengan uang kita bisa mempunyai segala hal yang diinginkan, tapi apa benar jika kita seenaknya menghamburkan? Bagaimana jika pasangan kita hobi menghabiskan uang untuk hal atau barang yang tidak terlalu penting? Simak tips jitu berikut ini :

Mulai Diskusi Tentang Masa Depan

Memiliki pasangan boros bukanlah akhir dari segalanya. Kita masih bisa berdiskusi dengan pasangan terkait masa depan hubungan. Cobalah ajak pasangan untuk duduk dengan membawa pena serta buku. Aturlah beberapa rencana keuangan jangka panjang dengan pasangan. Setelah itu, tuliskan keinginan kita bersama pasangan.

Pilih tujuan yang paling penting dan buat semuanya dalam urutan. Masukkan hal-hal penting dalam daftar, seperti membeli rumah, menabung untuk melanjutkan pendidikan bersama, serta impian pensiun kelak.

Jangan sampai terlewat untuk membicarakan soal anak dan bagaimana mempersiapkan keuangan setelah kehadiran anak. Lakukan diskusi dalam keadaan atau perasaan menyenangkan sehingga kita dan pasangan memiliki pikiran yang jernih dan hindari emosi.

Hindari Debat

boros

Cobalah untuk tetap tenang, sabar, dan hindari debat yang mengarah ke perselisihan.

Memang menjengkelkan melihat pasangan seenaknya menghabiskan uang begitu saja. Padahal, uang tersebut bisa digunakan untuk barang yang lebih bermanfaat. Biasanya, hal ini yang menjadi faktor munculnya debat. Bahkan terkadang debat diikuti dengan emosi sehingga timbul perselisihan. Jika sudah begini, sebaiknya, hindari kata-kata kasar cenderung membentak kepada pasangan.

Tak ada yang lebih menyakitkan dari memaki pasangan dengan kata-kata kasar. Jadi, cobalah untuk tetap tenang, sabar, dan hindari debat yang mengarah ke perselisihan.

Coba Menyesuaikan Diri dengan Pasangan

Jika pasangan kita menghabiskan uang terlalu sering maka kemungkinan besar akan sulit menyuruhnya untuk hidup hemat. Maka dari itu, cobalah bersabar dan coba berkompromi dengan kebiasaan belanjanya. Katakan pada pasangan bahwa dengan mengurangi pengeluaran, masa depan akan lebih cerah. Buatlah kesepakatan dengan pasangan untuk mulai membeli barang-barang yang harganya terjangkau.

Hitung Bersama Jumlah Uang Simpanan

boros

Jumlahkan bersama berapa uang yang dapat disimpan dengan menahan diri untuk tidak membeli barang-barang mahal.

Jumlahkan bersama berapa uang yang dapat disimpan dengan menahan diri untuk tidak membeli kopi di gerai mewah. Lalu, lakukan hal yang sama untuk barang lainnya. Menambah jumlah dan mencari tahu berapa banyak yang dapat disimpan dalam setahun merupakan salah satu ide cemerlang yang akan membuka mata untuk hidup hemat.

Singkirkan Godaan

Motivasi pasangan untuk lebih cermat menghabiskan uang dan bantu dia untuk melakukannya. Kita dapat mendorong pasangan untuk menyingkirkan kartu kredit serta mengurangi penggunaannya. Sebab, orang-orang yang memiliki kartu kredit cenderung akan menghabiskan lebih banyak pengeluaran dibanding orang yang membayar tunai.

Minta pasangan untuk menyimpan di rekening terpisah yang tidak dapat disentuh. Pastikan bahwa bonus, insentif, dan pendapatan tak terduga masuk ke rekening tabungan tersendiri. Minta pasangan untuk melakukan pembelian dengan uang tunai.

Beri Contoh

boros

Berilah pasangan contoh hidup hemat. Jangan pernah memberitahukan apa yang tidak kita lakukan.

Berilah pasangan contoh hidup hemat. Jangan pernah memberitahukan apa yang tidak kita lakukan. Ajak pasangan ke toko kelontong dan belilah produk rumah tangga yang terjangkau. Biarkan pasangan melihat kita menyimpan uang dan ia akan mulai mengendalikan diri dalam berbelanja.

pinjaman uang online cepat cair

1 Comment

Write a comment
  1. Allison
    November 07, 06:22 Allison

    Having read this I thought it was very enlightening.
    I appreciate you taking the time and energy
    to put this information together. I once again find myself personally spending way too much
    time both reading and leaving comments. But so what,
    it was still worthwhile!

    Reply this comment

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: