6 Kegiatan Ini Bisa Membuat Waktu Menunggu Buka Puasa Lebih Menyenangkan!

Bulan ramadhan adalah bulan ke-9 tahun Hijriah, pada bulan ini orang yang beragama Islam yang sudah akil balig diwajibkan untuk berpuasa. Dan buka puasa merupakan waktu yang paling ditunggu oleh setiap muslim yang berpuasa.

6 Kegiatan Ini Bisa Membuat Waktu Menunggu Buka Puasa Lebih Menyenangkan!

6 Kegiatan Ini Bisa Membuat Waktu Menunggu Buka Puasa Lebih Menyenangkan!

Buka puasa merupakan waktu yang paling ditunggu oleh setiap muslim yang berpuasa terutama di bulan ramadhan. Wajar saja, karena ibadah puasa khusunya yang dilaksanakan di Indonesia rekan harus menahan segala nafsu untuk makan, minum, juga menahan emosi selama kurang lebih 14 jam lamanya dari waktu subuh hingga bedug adzan magrib.

Karena itu momen buka puasa merupakan yang paling ditunggu, apalagi saat menjelang sore perut dan tenggorokan sudah terasa lapar dan kering. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengisi waktu selagi menunggu waktu berbuka puasa? apalagi bagi yang sudah tidak memiliki pekerjaan lain di sore hari. Nah, ini dia beberapa tips kegaiatan yang bisa dilakukan selagi menunggu buka puasa :

Tadarus Al-Quran

Buka Puasasumber : banyuwangi.merdeka.com

Tadarus Al-Quran adalah aktivitas interaksi terhadap Al-Quran, baik dengan membacanya, memahaminya, mengahatamkannya, mendengarnya, menghafalnya dan mempelajarinya. Tadarus Al-Quran merupakan kegiatan yang baik dilakukan untuk menunggu waktu buka puasa.

Karena dengan melakukan kegiatan tersebut, rekan bisa mendapat pahala yang berlipat dari Allah SWT. Hal ini dapat memperkuat pemahaman mengenai isi kandungan Al-Quran. Banyak pelajaran yang bisa didapatkan dengan membaca Al-Quran . Rekan bisa melakukan aktivitas tadarus Al-Quran di manapun asalkan tempat tersebut suci, misalnya di rumah, di mushola, di sekolah, di tempat kerja, bahkan di angkutan umum. Asalkan jika bertadarus di tempat umum tidak sampai menggangu orang lain.

Baca Juga : 5 Aplikasi Keren Ini Bikin Puasa Lebih Berkualitas

Mengikuti Kegiatan Kajian Islam

Buka Puasasumber : rumahtahfidz.or.id

Kajian Islam adalah usaha untuk mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan agama islam. Biasanya dalam kajian pembicara akan membahas secara mendalam mengenai ajaran islam, sejarah, maupun praktek pelaksanaanya secara nyata dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan melakukan kajian islam saat menunggu waktu buka puasa, selain mendapat pahala rekan juga akan mendapat tambahan ilmu mengenai islam. Jadi, waktu yang kosong dapat dimanfaatkan lebih baik dengan mengikuti kegiatan kajian dan tentu saja menyenangkan karena biasanya kajian islam di era saat ini dikemas lebih ringan.

Membaca Buku

Buka Puasasumber : picswe.com

Membaca buku adalah kegiatan yang bisa dilakukan sembari menunggu waktu berbuka puasa. Rekan bisa membaca buku favorit rekan, seperti novel, cerpen, komik, buku sains atau pengetahuan, atau membaca berita pada media online ataupun media sosial.

Karena berdasarkan penelitian yang dipublikasikan di Proceedings of the National Academy of Sciences menyebutkan jika membaca itu bisa menunda rasa lapar dan haus sekaligus mencegah alzheimer.

Baca Juga : 3 Judul Buku untuk Teman Ngabuburit

Berolahraga

Buka Puasasumber : dream.co.id

Banyak orang yang beranggapan bahwa berolahraga saat sedang berpuasa akan membuat tubuh kelelahan. Padahal berolahraga pada saat berpuasa justru membuat tubuh menjadi lebih bugar, dan kegiatan berolahraga yang baik dilakukan adalah saat menjelang berbuka sekaligus untuk menunggu waktu buka puasa.

Setelah usai berolahraga rekan bisa mandi dan kemudian minum air saat waktu berbuka tiba. Namun tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat karena akan menguras energi banyak, lakukan olahraga ringan seperti bersepedah, joging, bermain bulu tangkis bersama keluarga atau olahraga ringan lain. Jadi, selama bulan ramadhan tubuh rekan akan jadi lebih sehat. Namun tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat karena akan menguras energi banyak, lakukan olahraga ringan seperti bersepedah, joging, bermain bulu tangkis bersama keluarga atau olahraga ringan lain. Jadi, selama bulan ramadhan tubuh rekan akan jadi lebih sehat.

Baca Juga : Ikuti 5 Tips Ini agar Tetap Sehat Saat Berpuasa

Menonton Film

Buka Puasasumber : parenting.dream.co.id

Saat menunggu waktu buka puasa rekan bisa mengisinya dengan menonton film, tidak harus menonton film ke bioskop kegiatan menonton film juga bisa dilakukan dirumah baik sendiri maupun bersama keluarga.

Menonton film selain menyenangkan juga dapat menambah pengetahuan berdasarkan informasi yang didapat dari film tersebut. Rekan bisa menonton film favorit sekaligus mempererat hubungan dengan keluarga jika kegiatan ini dilakukan bersama keluarga.

Baca Juga : 4 Rekomendasi Film untuk Ditonton Sambil Menunggu Buka Puasa

Memasak dan Menyiapkan Hidangan Berbuka

Buka Puasasumber : islampos.com

Selagi menunggu waktu buka puasa tidak ada salahnya membantu menyiapkan hidangan berbuka. Jika biasanya yang menyiapkan hidangan adalah ibu, pembantu atau siapa pun selain rekan, maka rekan bisa memasak atau menyiapkan hidangan berbuka sendiri.

Rekan bisa memanfaatkan informasi dari internet mengenai menu berbuka yang variatif, dan mencoba memasaknya. Rekan juga bisa pergi ke pasar atau supermarket untuk mendapatkan bahan-bahan yang dibutuhkan.

Baca Juga : Yuk, Cari Tahu 7 Kegiatan Saat Ramadhan yang Hanya Ada di Indonesia!

Nah, itu dia beberapa kegiatan yang dapat rekan lakukan selama menunggu waktu buka puasa tiba. Jadi, kegiatan mana yang akan rekan lakukan untuk menunggu waktu berbuka puasa kali ini? Kalau bingung rekan bisa membaca kembali artikel di atas ya! semoga bermanfaat!

Buka Puasa

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: