6 Makanan yang Menjadi Pemicu Jerawat di Wajah

Banyak hal yang dapat memicu munculnya jerawat di wajah. Mulai dari kebersihan kulit wajah yang kurang terjaga, hingga konsumsi makanan penyebab jerawat. penting bagi Rekanbijak untuk tahu betul apa saja makanan yang membuat wajah rentan terhadap tumbuhnya jerawat. Berikut ini adalah sejumlah makanan penyebab jerawat yang perlu kita ketahui.

6 Makanan yang Menjadi Pemicu Jerawat di Wajah

6 Makanan yang Menjadi Pemicu Jerawat di Wajah

Jerawat adalah hal yang cukup menggangu di dalam kehidupan kita, pasalnya, tidak hanya membuat wajah kita terlihat kotor, jerawat juga menandakan bahwa ada yang tidak sehat dengan diri kita. Selain dipicu stres dan faktor kebersihan kulit, jerawat atau acne vulgaris juga berkaitan dengan kadar gula darah. Peningkatan kadar gula darah mempengaruhi kondisi hormonal yang pada akhirnya mengganggu fungsi kelenjar minyak di permukaan kulit.  Karena itu, ada berbagai jenis makanan yang banyak mengandung gula harus dibatasi jika tidak ingin punya wajah berjerawat. Selain gula, ada beberapa makana yang harus kita hindari demi mencegah munculnya jerawat di wajah kita. Simak makanan apa saja yang harus kita hindari.

Makanan yang Berlemak dan Makanan yang Berminyak

travel.tribunnews.com

Tidak bisa dipungkiri, kita pasti sangat gemar memakan makanan yang digoreng, sperti misalnya kue donat, ayam goreng tepung, dan segala macam jenis gorengan. Tahukan Rekan Bijak, jika makanan tersebut adalah salah satu penyebab timbulnya jerawat. Jika kita terlalu sering makan makanan berminyak, akan menghambat trasportasi oksigen dan nutrisi kedalam sel kulit kita. Akibatnya metabolisme kita terganggu dan kadar gula dalam darah akan mudah mengalami kenaikan dan penurunan yang drastis. Pada saat terjadi kenaikan gula darah, hal inilah yang memimbulkan jerawat di wajah kita.

 

Makanan Siap Saji (Fast Food)

Jerawat

kumparan.com

Jenis-jenis makanan cepat saji, seperti burger, nugget, kentang goreng, soda, milkshake dan semacamnya dipercaya dapat meningkatkan risiko jerawat. Penelitian tertentu mengemukakan bahwa sering menyantap makanan siap saji kemungkinan berdampak pada meningkatnya risiko kemunculan jerawat. Beberapa pakar mengatakan, konsumsi fast food dapat memengaruhi gen dan mengubah kadar hormon.

 

Kafein

Jerawat

populareverything.com

Minuman yang mengandung kafein seperti kopi ternyata dapat memperparah kondisi kulit yang berjerawat. Meskipun masih banyak diperdebatkan di dunia medis, tidak ada salahnya jika kita membatasi konsumsi minuman ini. Beberapa faktor yang perlu dipertimbangkan adalah konsumsi kafein berlebihan dapat mengganggu siklus tidur normal kita, terjaga di malam hari hingga mengalami insomnia. Ditambah lagi, konsumsi kafein menyebabkan tubuh menjadi lebih peka dalam merespon stres. Stres dapat memicu peningkatan kadar hormon kortisol di dalam tubuh. Hormon ini akan memengaruhi produksi sebum oleh kelenjar minyak pada kulit dan memperburuk kondisi kulit berjerawat kita.

 

Susu dan Produk Olahan-nya

Jerawat

www.indiatvnews.com

Kandungan lemak dalam susu dan produk olahannya sangat tinggi sehingga efeknya terhadap jerawat sama seperti makanan berlemak. Es krim, keju dan sejenisnya termasuk produk olahan susu yang sebaiknya dihindari oleh pemilik wajah berjerawat. Selain itu, ada beberapa jenis susu yang diperah dari sapi betina yang sedang hamil. Jenis susu ini mengandung hormon tertentu yang di tubuh manusia akan diubah menjadi hormon dihydrotestosterone (DHT) penyebab jerawat.

 

Gula Olahan

Jerawat

http://www.foxnews.com

Secara alami, gula terdapat di hampir semua makanan termasuk buah-buahan. Namun selama buah-buahan itu dimakan mentah-mentah, jenis gula yang dikandungnya adalah gula kompleks berupa serat dan karbohidrat yang tidak terlalu meningkatkan kadar gula darah.

Gula-gula tersebut baru akan menjadi masalah bagi jerawat jika sudah berubah ke bentuk yang lebih sederhana, melalui proses pengolahan. Gula pasir merupakan bentuk gula sederhana yang memicu jerawat dan banyak dipakai dalam permen maupun berbagai jenis kue.

 

Makanan olahan

Vegetables in cans

Sardin kalengan, bakso kemasan, sosis, nugget dan sejenisnya termasuk produk makanan olahan yang sering mengandung bahan tambahan termasuk pengawet. Bahan-bahan tersebut sulit dicerna oleh tubuh dan bisa memperparah radang pada jerawat yang sudah mengalami infeksi.

 

Makanan Pedas

kaltim.tribunnews.com

Kabar buruk untuk kamu yang penggemar makanan pedas. Tak hanya gorengan, makanan pedas juga mungkin memicu timbulnya jerawat pada sebagian orang. Kenapa begitu? Sebenarnya, makanan pedas mengandung senyawa capsaicin yang berfungsi sebagai anti-inflamasi. Namun, beberapa orang bisa sensitif terhadap makanan ini.

Inilah sederetan makanan yang bisa menimbulkan jerawat di wajah kita. Perbanyaklah makanan organik dan bernutrisi untuk menjaga kulit wajah kita, dan jangan lupa selalu minum air putih.

kolesterol jahat

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: