6 Strategi agar Belanja Bulanan Tak Jadi Beban

Butuh strategi jitu agar belanja bulanan tak berubah menjadi beban? Rekan Bijak bisa membaca ulasan lengkapnya di artikel berikut ini!

6 Strategi agar Belanja Bulanan Tak Jadi Beban

6 Strategi agar Belanja Bulanan Tak Jadi Beban

Saat menerima gaji dari kantor setiap bulannya, terkadang, kita ingin membeli barang yang kurang penting, seperti gadget baru, tas, sepatu, atau baju. Belum lagi keinginan untuk bisa mencoba makanan-makanan enak di resto baru dan kekinian. Meski dua hal tersebut sah-sah saja dilakukan, apalagi kalau uang yang dimiliki cukup untuk mewujudkannya, tapi kita tetap harus ingat akan prioritas. Jangan sampai kebablasan membeli barang yang kurang penting sehingga mengabaikan barang-barang yang seharusnya perlu dibeli.

Salah satu yang jadi prioritas adalah berbelanja bulanan. Belanja bulanan biasanya berisi kebutuhan rumah tangga sehari-hari. Diperlukan strategi pengelolaan keuangan yang tepat, agar bisa hemat berbelanja bulanan. Berikut adalah 6 strategi yang bisa dipraktikan demi menghemat pengeluaran belanja bulanan.

1. BUAT DAFTAR BARANG BELANJAAN

Belanja Bulanan

Buatlah daftar barang belanjaan untuk mengecek skala prioritas.

Buatlah daftar barang yang hendak dibeli. Jika terbiasa memasak setiap harinya maka belilah bahan masakan yang akan disajikan tersebut, mulai dari sarapan hingga makan malam. Keuntungan yang didapat dari membuat daftar belanjaan adalah lebih efisien dan jelas lebih hemat. Barang yang dibeli dalam jumlah banyak misalnya, akan mendapatkan promo potongan harga.

Yang perlu juga diperhatikan saat membuat daftar barang belanjaan adalah mengecek skala prioritas. Barang apa yang memang wajib dibeli dan barang apa yang masih bisa ditunda pembeliannya. Pastikan juga stok barang primer, seperti perlengkapan mandi, produk perawatan tubuh, dan produk perawatan rumah sudah habis dan perlu membeli yang baru.

2. MENGATUR ANGGARAN

Setelah selesai membuat daftar belanja, selanjutnya perlu dibuat anggaran belanja. Ini penting untuk mengetahui jumlah pengeluaran dari belanja bulan ini. Pengelolaan anggaran juga bertujuan mencegah pemborosan membeli barang-barang yang tidak penting. Pengeluaran bulanan pun bisa dikontrol dengan adanya anggaran belanja ini. Kita tidak lagi mengeluarkan uang selain dari yang sudah dianggarkan.

3. CERMAT MEMBANDINGKAN HARGA

Belanja Bulanan

Rajin membandingkan harga akan menghemat pengeluaran.

Di tahap ini kita perlu teliti membandingkan harga, antara barang yang satu dengan barang lainnya. Harga barang kebutuhan keluarga misalnya. Dengan rajin membandingkan harga, kita akan lebih hemat melakukan pengeluaran.

4. TETAPKAN HARI RUTIN BERBELANJA

Waktu dan hari berbelanja bisa diatur sesuai dengan keinginan diri sendiri. Tapi, disarankan untuk memilih satu hari tertentu setiap bulannya. Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar kita tidak menggunakan uang untuk keperluan yang cenderung tidak diperlukan. Namun, jika kita memiliki budget lebih untuk membeli snack atau makanan ringan lain, tidak masalah asal tetap tidak berlebihan. Diperlukan komitmen yang kuat juga agar kita tidak menggunakan uang untuk jajan di luar pengeluaran tersebut.

5. PAKAI KARTU MEMBER

Hampir semua pusat perbelanjaan di kota besar menyediakan kartu member bagi para pelanggannya, termasuk supermarket dan minimarket di dekat rumah. Tujuan penyediaan kartu tak lain untuk menciptakan loyalitas berbelanja dengan sejumlah keuntungan yang akan didapatkan. Keuntungan tersebut, antara lain diskon khusus untuk pembelian produk tertentu, diskon program tertentu, sistem poin dengan hadiah tertentu, cashback, dan kemudahan membayar tanpa uang tunai.

6. BAYAR DENGAN UANG TUNAI

Belanja Bulanan

Orang cenderung lebih banyak mengeluarkan uang sekitar 20-50% ketika membayar dengan kartu kredit atau pun debit.

Sebuah penelitian menemukan fakta bahwa orang cenderung lebih banyak mengeluarkan uang sekitar 20-50% ketika membayar dengan kartu kredit atau pun debit. Sebab, ketika membayar pakai kartu, kita seakan merasa tidak mengeluarkan uang sama sekali. Akibatnya, tidak ada perasaan khawatir telah banyak berbelanja. Sebaliknya, jika membayar tunai kita akan merasa mengeluarkan uang banyak sehingga pengeluaran bisa dikurangi dan bahkan berhenti untuk belanja lagi.

Jika terpaksa harus menggunakan kartu, manfaatkan poin rewards yang diberikan untuk setiap transaksi tertentu. Penggunaan poin rewards akan memberikan dua manfaat, antara lain kebutuhan keluarga terpenuhi dan pengumpulan poin serta cashback. Meski demikian, tetaplah kontrol pengeluaran uang yang ada dalam kartu itu sendiri.

Rekan Bijak butuh dana tambahan untuk belanja bulanan? Jangan khawatir, Danabijak hadir untuk membantu! Ajukan saja dana tambahan tersebut ke Danabijak dan nantinya akan ada poin yang bisa kamu kumpulkan.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: