6 Strategi Atur Gaji UMR agar Cukup Selama Sebulan

Bagaimana caranya mengatur gaji yang masih senilai UMR agar cukup untuk keperluan hidup selama sebulan, untuk ditabung, dan bahkan untuk berinvestasi Yuk, simak penjelasannya!

6 Strategi Atur Gaji UMR agar Cukup Selama Sebulan

Tips Atur Gaji UMR agar Cukup Selama Sebulan

Gaji UMR di Jakarta memang selalu menjadi sorotan dari berbagai kalangan. Mengapa? Karena UMR di DKI Jakarta kerap menjadi standar atau patokan untuk daerah lain di Indonesia. Meski demikian, UMR DKI Jakarta tercatat bukanlah UMR terbesar bila dibandingkan dengan UMR di Bekasi dan Karawang. Pada 2017, UMR Jakarta diputuskan sebesar Rp3.355.750 sementara pada tahun yang sama, di Karawang dan Bekasi, UMR bisa mencapai Rp3,6 juta.

Fenomena inilah yang membuat para pegawai di Jakarta susah menabung, bahkan untuk berinvestasi pun agak sulit. Setiap bulannya, kita wajib memutar otak untuk mengatur gaji yang ada agar mampu mencukupi kebutuhan sehari-hari.

Lalu, bagaimana caranya mengatur gaji yang masih senilai UMR agar cukup untuk keperluan hidup selama sebulan, untuk ditabung, dan bahkan untuk berinvestasi? Yuk, simak penjelasannya!

BUAT RENCANA KEUANGAN

UMR

Rencana keuangan perlu dibuat setiap bulannya agar biaya pengeluaran dapat tercatat dengan baik.

Rencana keuangan perlu dibuat setiap bulannya agar biaya pengeluaran dapat tercatat dengan baik. Sebaiknya, mulailah dengan membuat daftar pengeluaran bulanan untuk kebutuhan menjadi dua bagian, satu untuk kebutuhan primer, seperti makan, ongkos ke kantor, tagihan listrik, tagihan air, cicilan rumah, dan cicilan kendaraan serta yang kedua untuk kebutuhan sekunder, seperti biaya shopping, traveling, hingga hangout bersama teman.

Jika sudah membuatnya, kita sebisa mungkin harus mampu mengendalikan diri untuk tidak melanggar batas pengeluaran per bulan tersebut. Kita harus disiplin dengan peraturan bahwa anggaran yang telah dibuat tidak boleh dilanggar. Rencana keuangan yang meliputi pemasukan dan pengeluaran dibuat untuk ditaati.

SEGERA BAYAR TAGIHAN

UMR

Pembayaran tagihan perlu menjadi prioritas agar tidak mengganggu biaya kebutuhan sehari-hari.

Segala jenis tagihan, mulai dari tagihan listrik, tagihan air, sampai tagihan kartu kredit wajib dibayarkan segera setelah kita menerima gaji setiap bulannya. Jangan sampai kita membayar tagihan tersebut lewat dari batas tanggal yang ditentukan sehingga dikenakan denda.

Pembayaran tagihan perlu menjadi prioritas agar tidak mengganggu biaya kebutuhan sehari-hari. Ini juga membuat kita bisa lebih tenang untuk mengatur pengeluaran lainnya.

HIDUP HEMAT

Banyak cara kok untuk bisa hidup lebih hemat. Misalnya dalam pemakaian listrik. Agar tagihan listrik tidak membengkak, sebaiknya matikan alat elektronik yang tidak digunakan dalam waktu lama. Hal lain yang dapat kita lakukan untuk berhemat adalah ketika berbelanja coba manfaatkan promo atau diskon. Dengan promo atau diskon, harga yang didapat bisa lebih murah. Untuk urusan makan, kita pun bisa memilih makanan murah atau masak sendiri di rumah.

SISIHKAN UNTUK MENABUNG

UMR

Setelah mendapatkan gaji, kita juga wajib menyisihkan gaji untuk ditabung.

Selain membayar tagihan dengan segera setelah mendapatkan gaji, kita juga wajib menyisihkan gaji untuk ditabung.  Hal ini harus dilakukan agar uang yang akan ditabung tidak terpakai untuk hal-hal lainnya yang notabene tidak terlalu penting, seperti berbelanja atau membeli kopi di gerai mewah. Jika menabung dilakukan di akhir bulan, maka jumlah tabungan bulanan belum tentu sama besarnya.

PUNYA DUA REKENING BANK

UMR

Gunakan satu rekening untuk menabung dan satunya lagi untuk membayar tagihan serta pengeluaran lainnya setiap bulan.

Dua rekening berbeda digunakan pula untuk 2 hal yang berbeda. Gunakan satu rekening untuk menabung dan satunya lagi untuk membayar tagihan serta pengeluaran lainnya setiap bulan. Setelah menerima gaji, transfer semua uang yang sudah dianggarkan untuk dikeluarkan ke rekening bank khusus pengeluaran. Lakukan ini seperti kewajiban yang harus dilakukan setiap bulannya.

AJUKAN DANA TAMBAHAN

Kadang kala kita membutuhkan dana tambahan demi bisa memenuhi segala kebutuhan setiap bulannya. Jika poin-poin di atas sudah dilakukan, tapi kita masih butuh dana tambahan, ajukan saja ke Danabijak! Uang yang kamu peroleh dari Danabijak bisa kamu pakai untuk membayar tagihan air, tagihan listrik, atau belanja bulanan.

Semakin sering mengajukan dana, semakin banyak pula poin yang didapatkan. Poin tersebut nantinya bisa berguna untuk mengurangi biaya layanan dan bunga pinjaman.

Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang dan kumpulkan poinnya!

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: