6 Strategi Menabung Bagi Si Pemboros

Ketika dipraktikkan, ternyata menabung tak semudah yang dibayangkan. Agar bisa merealisasikannya, perlu beberapa trik. Dalam artikel berikut, Danabijak memberikan 6 strategi menabung yang bisa dilakukan, khususnya bagi Rekan Bijak yang terbilang boros.

6 Strategi Menabung Bagi Si Pemboros

6 Strategi Menabung Bagi Si Pemboros

Banyak orang mengira kegiatan menabung adalah hal yang mudah dilakukan. Sekilas memang tampak mudah kelihatannya, namun di zaman ini akan ada banyak sekali cobaan untuk menghabiskan uang secara tidak sadar, mulai dari gaya hidup yang berlebihan sampai pola hidup yang boros. Apalagi bagi Rekan Bijak yang tinggal diperkotaan biasanya memiliki gaya hidup yang menomorsatukan gengsi. Pada akhirnya diri kita sendiri yang akan merasa rugi karena uang kita selalu menipis dan habis, apalagi kalau kita sampai berhutang hanya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari, duh jangan sampai ya Rekan Bijak. Maka dari itu, Danabijak akan memberikan Strategi Menabung Bagi agar kita bisa mulai berhemat dan menabung.

Motivasi Diri Sendiri

menabung

Sumber : mimbarhadits.wordpress.com

Setiap orang memiliki tujuannya masing-masing dalam menyisihkan uang mereka. Untuk dapat selalu memotivasi diri sendiri, Rekan Bijak bisa meletakkan gambar atau foto yang menunjukkan apa yang kita impikan di tempat yang selalu dilihat agar selalu ingat tujuan kita menabung. Awalnya memang tidak  mudah untuk tetap selalu konsisten menabung dan disiplin. Namun, hal tersebut sangat penting agar kita bisa hidup hemat tanpa mengeluarkan uang secara percuma. Setiap kali kita mendapatkan uang tambahan atau hadiah dalam bentuk uang tunai, kita bisa memasukkan langsung ke rekening tabungan. Jangan gunakan uang untuk kebutuhan sehari-hari, tapi tabunglah uang tersebut.

Mencatat Pengeluaran

menabung

Sumber : www.plimbi.com

Mencatat pengeluaran per bulan sangatlah penting dilakukan. Hal ini akan membantu kita dalam mengendalikan keuangan kita sendiri. Rekan Bijak dapat melihat mana saja yang membuat pengeluaran kita membengkak sehingga kita bisa mencari solusi untuk menekan biaya tersebut.

Memulai Gaya Hidup Sederhana

menabung

Sumber : www.kitamuda.id

Banyak cara hidup hemat tanpa harus menyusahkan diri kita sendiri. Contohnya, kita bisa membawa makanan dan air minum dari rumah, gunakan transportasi umum, manfaatkan diskon saat belanja, dan masih banyak lagi. Kita juga harus tahan diri agar kita tidak lapar mata jika melihat benda atau jajanan yang tidak kita perlukan. Kita juga bisa menahan diri untuk berpergian atau sekedar nongkrong-nongkrong di cafe agar pengeluaran untuk ongkos dan lain-lain tidak berhamburan dengan tujuan yang tidak jelas.

Membuat Rekening Bank yang Berbeda

menabung

Sumber : insco.co.id

Untuk meningkatkan kedisiplinan menabung, kita dapat membuka rekening tabungan terpisah dari rekening yang digunakan untuk membayar kebutuhan sehari-hari. Dengan adanya rekening terpisah, dapat mencegah kita dari menggunakan uang tabungan untuk hal-hal yang bukan menjadi kebutuhan. Untuk rekening tabungan, carilah rekening dengan biaya administrasi terendah dan bunga terbaik yang bisa kita dapatkan. Kita juga bisa membuat diri kita untuk malas ke ATM. Dengan strategi, pilihlah membuka rekening di bank yang sulit ditemukan ATM-nya. Disadari atau tidak, hal ini ternyata sangat membantu Rekan Bijak dalam melakukan penghematan. Jika ATM jauh maka kita cenderung malas untuk mengambil uang. Sehingga, uang kita akan tersimpan aman di bank.

Membawa Uang Secukupnya

menabung

Sumber : www.finansialku.com

Kita akan selalu melakukan pemborosan ketika memang memiliki atau bahkan menciptakan kesempatan untuk melakukan hal tersebut. Mulai saat ini berhenti dengan cara membatasi uang keluar. Hindari untuk membawa uang dalam jumlah besar ketika bepergian, bahkan ketika berbelanja sekalipun. Bawalah uang secukupnya, sehingga kita tidak selalu memiliki kesempatan untuk menghabiskannya. Biasanya jika kita membawa uang lebih pasti ada saja cara untuk menghabisinya.

Investasi

menabung

Sumber : sahabatpegadaian.com

Selain menabung, kita bisa memulai kegiatan investasi menjadi salah satu langkah tepat yang bisa dilakukan untuk mencegah pemborosan. Kita bisa segera berinvestasi agar sejumlah pendapatan tidak selalu habis untuk berbagai pengeluaran yang bersifat pemborosan. Saat ini, investasi bisa dilakukan dengan mudah, bahkan dengan sejumlah dana yang terbilang tidak terlalu besar. Pilih jenis investasi yang dianggap paling tepat, misalnya: tabungan emas, reksadana, atau yang lainnya.

Segera investasikan sejumlah pendapatan kita sesaat setelah gaji cair, sehingga Rekan Bijak tidak menggunakannya untuk berbagai keperluan yang tidak begitu penting.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: