6 Strategi Menghindari Bunga Melilit dari Kartu Kredit

Pemakaian kartu kredit perlu diatur sebijaksana mungkin agar terhindar dari lilitan utang berkepanjangan. Simak tips berikut agar tak terjebak dengan utang kartu kredit yang melilit!

6 Strategi Menghindari Bunga Melilit dari Kartu Kredit

Tips Menghindari Bunga Melilit dari Kartu Kredit

Dewasa ini, banyak orang membutuhkan dana tambahan demi memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal inilah yang memicu penggunaan kartu kredit semakin menjamur. Banyak orang sepakat bahwa kartu kredit sangat bisa diandalkan sebagai alat bantu transaksi. Tidak hanya karena kepraktisannya, tapi juga berbagai macam keuntungan menarik yang ditawarkan, seperti potongan harga atau promo khusus.

Meski keuntungan yang ditawarkan terbilang beragam, namun tidak sedikit yang masih ragu atau takut menggunakan kartu kredit. Mereka notabene takut terjebak dengan hutang melilit dari bunga kartu kredit yang cukup tinggi. Sesuai dengan data yang ada, mulai 1 Juni 2017, bunga kartu kredit telah diturunkan menjadi 2,25 persen per bulan atau 27% per tahun. Bunga sebesar itu sudah lebih rendah jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang berkisar 2,95% per bulan atau 35% per tahun.

Agar tetap bisa memanfaatkan keuntungan kartu kredit sekaligus terhindar dari jeratan masalah utang yang mengintai penggunaan kartu kredit, simak tips-tipsnya berikut ini :

CATAT TANGGAL PENAGIHAN 

Hindari membayar tagihan kartu kredit saat tanggal jatuh tempo untuk menghindari denda.

Setiap bank biasanya menentukan tanggal jatuh tempo 15 hari setelah tanggal cetak transaksi. Sebagai contoh, tanggal cetak transaksi kartu kredit adalah tanggal 5 Juli maka tanggal jatuh tempo pembayaran tagihan atau tanggal penagihan kartu kredit jatuh pada 20 Juli.

Agar terhindar dari bunga setiap bulannya, usahakan untuk membayar semua tagihan kartu kredit secara lunas sebelum tanggal jatuh tempo (tanggal 20 setiap bulan). Sebaliknya, jika Rekan Bijak membayar dengan menyicil atau tidak full payment maka sisa tagihan akan terkena beban bunga pada tagihan bulan berikutnya. Pembayaran yang diterima setelah tanggal jatuh tempo, akan dikenakan denda keterlambatan.

Membayar tagihan kartu kredit saat akhir-akhir, sangatlah berisiko dan membuat tidak tenang. Maka sebaiknya, hindari membayar tagihan pada tepat tanggal jatuh tempo. Bunga dan denda keterlambatan akan siap menghiasi tagihan kartu kredit jika Rekan Bijak tidak bisa membayarnya tepat waktu.

MEMBAYAR PENUH JUMLAH TAGIHAN

Bunga

Pastikan seluruh jumlah tagihan terbayarkan bahkan hingga nominal terkecil.

Biasakan untuk membayar penuh seluruh tagihan kartu kredit agar tidak perlu membayar bunga yang mahal. Sarannya, gunakan kartu kredit sebatas sebagai alat transaksi nontunai, bukan sebagai uang tambahan dari pendapatan. Bertransaksilah dengan kartu kredit jika hanya Rekan Bijak merasa memiliki dana yang memadai untuk membayar tagihan kartu kredit tersebut.

Pastikan seluruh jumlah tagihan terbayarkan bahkan hingga nominal terkecil sekali pun sebab bank akan tetap mengenakan bunga jika satu rupiah tagihan dalam kartu kredit tertinggal.

AKTIFKAN AUTODEBIT

Bunga

Aktifkan fitur autodebit di rekening tempat untuk membayar tagihan kartu kredit.

Masalah utang kartu kredit bisa saja terjadi hanya karena nasabah lupa membayar tagihan akibat kesibukan pekerjaan atau sedang berada di laur negeri. Hindari kejadian ini dengan mengaktifkan fitur autodebit di rekening tempat untuk membayar tagihan kartu kredit. Jika kartu kredit diterbitkan oleh bank yang sama dengan rekening tabungan maka cukup aktifkan standing instruction melalui internet banking atau mendatangi kantor cabang bank tersebut.

TERIMA TAGIHAN MELALUI EMAIL

Bunga

Pastikan tagihan dikirim juga melalui email kemudian catat agar dapat membayarnya sebelum tanggal penagihan kartu kredit.

Tagihan kartu kredit yang sering telat sampai di rumah atau kantor menjadi salah satu faktor seseorang kerap melakukan keterlambatan pembayaran tagihan kartu kreditnya. Sebaiknya, pastikan tagihan dikirim juga melalui email kemudian catat agar dapat membayarnya sebelum tanggal penagihan kartu kredit.

BUAT JADWAL PEMBAYARAN

Poin ini patut dicoba agar Rekan Bijak bisa mulai melakukan pembayaran kartu kredit secara terjadwal. Hal ini akan sangat membantu untuk lebih disiplin dalam melakukan pembayaran. Tidak hanya berlaku untuk pembayaran kartu kredit, tapi juga pembayaran tagihan listrik dan air setiap bulan. Tentukan tanggal yang tepat yang tentunya beberapa hari sebelum jatuh tempo kartu kredit tiba. Lakukan pembayaran pada tanggal tersebut setiap bulannya agar tidak bingung saat akan membayar tagihan.

AJUKAN PINJAMAN DI DANABIJAK

Saran terbaik lainnya agar Rekan Bijak tidak merasa dikejar-kejar dengan bunga kartu kredit adalah dengan mengajukan pinjaman ke Danabijak. Danabijak memfasilitasi para nasabahnya dengan pinjaman yang adil, cepat, dan nyaman. Rekan Bijak bisa mendapatkan pinjaman yang terpercaya hingga Rp3.000.000. Setiap pengajuan dan pembayaran tepat waktu akan mendapat 1000 Poin Bijak. Jika poin sudah terkumpul pada jumlah tertentu, Rekan Bijak bisa mendapatkan bunga atau biaya layanan lebih rendah serta pinjaman lebih besar hingga 10 juta!

Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang dan dapatkan poinnya!😊

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: