6 Tips agar Kendaraan Sehat, Tabungan Tetap Hemat

Alokasikan sebagian gaji untuk servis kendaraan rutin setiap bulannya dan simak tips berikut agar bisa menghemat biayanya!

6 Tips agar Kendaraan Sehat, Tabungan Tetap Hemat

Tips agar Kendaraan Sehat, Tabungan Tetap Hemat

Memiliki kendaraan sehat artinya perlu menyiapkan dana khusus untuk perawatan rutinnya setiap bulan. Hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi kendaraan agar selalu dalam kondisi prima dan keamanannya terjamin saat dipakai berkendara.

Salah satu faktor kebutuhan perawatan kendaraan sehat adalah tidak sejalannya perbaikan jalan dengan pertumbuhan jumlah pengguna kendaraan sehingga menyebabkan kendaraan cepat rusak. Secara umum, biaya perawatan untuk setiap kendaraan berbeda-beda, paling tidak dari segi transmisi saja. Sebagai contoh, untuk perawatan mobil transmisi manual akan menghabiskan biaya Rp2.000.000 hingga Rp3.000.000. Sementara itu, untuk perawatan mobil transmisi  matik harus mengeluarkan biaya perawatan antara Rp5.000.000 sampai Rp8.000.000.

Lalu, bagaimana cara pemilik kendaraan untuk menghemat biaya perawatan kendaraan pribadinya? Simak tipsnya berikut ini:

1. Selalu Gunakan Suku Cadang Asli

Kendaraan Sehat

Beli suku cadang asli untuk kendaraan pribadi agar tidak boros ke depannya.

Suku cadang asli memang harganya relatif lebih mahal, namun suku cadang asli akan menjaga keawetan mobil secara lebih berkualitas. Untuk memastikan suku cadang tersebut asli, belilah di dealer atau distributor resmi.

Suku cadang palsu yang murah akan berumur lebih singkat sehingga mengharuskan kita untuk service kendaraan lagi. Ini tentu saja membuat lebih boros.

Pada umumnya, bengkel akan menawarkan kepada pemilik kendaraan untuk memilih suku cadang original atau suku cadang palsu yang murah.

2. Temukan Bengkel dan Teknisi Terpercaya

Kendaraan Sehat

Bengkel terpercaya tidak akan menyuruh pelanggannya untuk membayar sesuatu yang tidak dibutuhkan.

Bengkel yang terpercaya akan melayani setiap pelanggannya dengan jujur. Dalam artian, pemilik kendaraan tidak perlu membayar sesuatu yang dibutuhkan. Maka sebaiknya, konsultasikan pada rekan yang mengerti tentang dunia perawatan kendaraan sehingga Rekan Bijak tidak salah memilih bengkel. Hal ini sangat penting mengingat cukup banyak fenomena bengkel yang “nakal”, yang seolah-olah menyarankan spare part ini perlu diganti padahal tidak. Segera pindah bengkel jika mengalami penipuan.

3. Ganti Oli Secara Rutin

Oli memegang peranan penting bagi mesin kendaraan. Oli berfungsi sebagai pelumas dan juga pendingin kendaraan. Melihat dari fungsinya, oli tidak boleh diremehkan. Maka disarankan untuk rajin mengecek dan mengganti oli (paling tidak setiap 5000 kilometer atau 10.000 kilometer). Tujuannya agar performa kendaraan tetap terjaga.

4. Cari Rekomendasi dan Bergabung dengan Forum

Forum menjadi wadah untuk membagi ilmu dan tips perawatan kendaraan sesuai spesifikasinya. Rekomendasi dari sesama anggota forum bisa menjadi salah satu acuan dalam berbagai hal. Rekan Bijak juga bisa menanyakan hal-hal terkait biaya dan segala urusan perawatan mobil di forum tersebut.

Jadi, biaya yang dikeluarkan dapat jauh lebih murah karena banyak rekomendasi dan harga yang ditetapkan bisa dicek kembali secara terbuka.

5. Rutin Periksa Ban

Kendaraan Sehat

Ban kendaraan perlu sering dicek demi menghindari akibat fatal.

Sebaiknya, ban kendaraan harus sering dicek. Apakah kempes atau terlalu keras. Sebab, hal sepele seperti ini bisa saja perlu merogoh kocek cukup banyak. Kalau ban kempes, kendaraan akan membakar lebih banyak bensin dan bisa saja di tengah jalan ban mobil pecah. Hal kecil inilah yang sebenarnya penting, tapi terkadang luput dari perhatian. Jangan menyepelekan hal kecil yang akan berakibat fatal nantinya.

 6. Jaga Kebersihan Kendaraan

Kendaraan Sehat

Kotoran dan debu yang menempel di dalam kendaraan akan menyebabkan kerusakan.

Sampah yang berantakan dapat menyebabkan masalah. Jagalah kebersihan mobil atau motor sebelum benar-benar rusak. Kotoran dan debu yang menempel, misalnya, akan mengurangi keindahan interior kendaraan. Mobil atau motor yang bersih adalah investasi berkualitas baik dan berdampak positif untuk jangka waktu yang lama.

Butuh dana tambahan untuk melakukan service rutin kendaraan? Ajukan saja di Danabijak! Setiap melakukan peminjaman dan membayarnya tepat waktu, akan ada 1000 poin bijak! Jika poin sudah terkumpul pada jumlah tertentu, Rekan Bijak bisa mendapatkan bunga atau biaya layanan lebih rendah serta pinjaman lebih besar hingga 10 juta.

Yuk, ajukan pinjamanmu sekarang dan dapatkan poinnya!

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: