6 Tips Aman Membeli Rumah Subsidi Agar Tidak Menyesal

Rumah Subsidi sangatlah diminati masyarakat saat ini karena bunganya yang dianggap tidak terlalu membebankan oleh karena pemerintah yang memberikan bunga, sehingga tidak semembebankan bunga swasta. Namun, tidak berarti Rumah Subsidi itu baik tanpa cela, karena masih ada beberapa kekurangan sehingga tidak boleh sampai tertipu dengan bunganya yang lebih rendah.

6 Tips Aman Membeli Rumah Subsidi Agar Tidak Menyesal

6 Tips Aman Membeli Rumah Subsidi Agar Tidak Menyesal

Siapa yang tidak tahu Rumah Subsidi? Rumah Subsidi ialah Rumah yang ada sebagian dari modalnya diberikan oleh pemerintah sehingga masyarakat bisa membelinya dengan harga yang terjangkau. Rumah Subsidi juga mempunyai sistem KPR tersendiri, berbeda dengan rumah-rumah biasa.

Normalnya, rumah-rumah biasa akan diberikan bunga dari KPR mengikuti arus pasar. Tetapi, rumah bersubsidi biasanya akan diberikan bunga oleh pemerintah agar arus bunga terkendali sehingga masyarakat tidak perlu mendapatkan bunga yang terlalu tinggi.

Hal ini membuat Rumah Subsidi mempunyai keuntungan-keuntungan tersendiri terhadap masyarakat, sehingga Rumah Subsidi ini sangat memikat masyarakat. Namun, tidak semua Rumah Subsidi sesuai dengan apa yang diinginkan. Terkadang, masyarakat “kebelet” dengan adanya Rumah Subsidi sehingga ingin membelinya secepat mungkin.

Hal ini kesalahan yang biasa kebanyakan orang lakukan, sehingga harus diminimalisir. Lalu apa saja yang menjadi tips sebelum membeli Rumah Subsidi?

Perhatikanlah Jejak Rekam Pengembang Rumah

Rumah Subsidi

Sumber : Peluangproperti.com

Para pengembang rumah biasanya memiliki rekam jejak yang jelas semenjak adanya Internet. Dengan adanya internet, segala sesuatu terekam jelas, seperti misalkan bagaimana awal terbentuknya pengembang tersebut hingga masalah apa saja yang telah dihadapi oleh pengembang.

Dengan mengetahui rekam jejak pengembang, kita bisa mengetahui bagaimana para pengembang tersebut menyelesaikan masalah, secara bijak ataupun tidak. Dengan mengetahui rekam jejak para pengembang, kita bisa menimbang kembali untuk membeli rumah subsidi tersebut atau tidak.

Cari Rumah Yang Bisa Dianggap Strategis

Rumah Subsidi

Sumber : Voaindonesia.com

Rumah Subsidi terkadang dianggap merugikan karena tempatnya yang jauh dari manapun, seperti rumah murah tetapi untuk mengantarkan anak ke sekolah saja perlu 10 Kilometer, ataupun mungkin tempat kerja yang harus dicapai cukup jauh. Hal ini justru membuat sulit segala hal, padahal seharusnya rumah subsidi memudahkan kita.

Lebih bijak untuk mempunyai rumah yang strategis. Strategis yang dimaksudkan disini berbeda-beda menurut orang-orang. Untuk pekerja, tentunya prioritas utama adalah dekat kantor. Untuk keluarga, tentunya prioritas adalah sekolah dan tempat kerja. Jadi, sebelum membeli Rumah Subsidi, perhatikan itu semua.

Perhatikan Lingkungan Sekitar

Rumah Subsidi

Sumber : Galih.id

Lingkungan sekitar rumah juga penting. Tentunya Rekan Bijak tidak ingin mempunyai rumah yang penuh dengan kotoran, anjing liar, atau bahkan lebih buruknya lagi mungkin saja disana banyak preman, bukan? Alangkah lebih baik jika Rekan Bijak melihat dan memperhatikan lingkungan sekitar. Bahkan jika perlu, carilah informasi tentang komplek perumahan disana di Google.

Lalu juga perhatikan lingkungannya, bersih atau tidak, karena kebersihan juga sangat penting untuk menghindarkan kita dari penyakit, dan juga menghindarkan keluarga dari penyakit, apalagi apabila sudah mempunyai anak namun masih kecil.

Cek Kondisi Rumah

Rumah Subsidi

Sumber : Symmetryfirst.com

Kondisi rumah juga salah satu hal yang penting dalam membeli rumah subsidi. Kondisi rumah ini dimaksudkan untuk bagian internal maupun eksternal suatu rumah. kita harus memperhatikan bagaimana kondisi rumah tersebut, apakah masih layak huni ataupun tidak. Banyak rumah yang dari luar terlihat baik dan nyaman, namun di dalamnya sudah banyak rayap.

Untuk hal ini, diperlukan ketelitian dan jangan sampai karena hanya keinginan untuk mempunyai rumah pribadi semata, lalu membeli rumah subsidi dengan sembarangan dan tidak memperhatikan kondisi rumah.

Periksa Pembuangan dan Kondisi Air

Rumah Subsidi

Sumber : Health.kompas.com

Pastikan Septic Tank dan pompa air berjarak minimal 10 Meter, dengan jarak Septic Tank ke bangunan rumah berjarak minimal 1,5 Meter. Hal ini tentunya penting untuk menjaga rumah dan orang yang berada di dalamnya tidak terserang penyakit karena kotoran-kotoran dari Septic Tank.

Kelancaran Saluran Listrik dan Juga Sinyal

Rumah Subsidi

Sumber : Pontianak.tribunnews.com

Kelancaran Saluran Listrik dan juga sinyal dari Ponsel juga sangat penting. Ketika rumah yang Rekan Bijak tinggali adalah tempat yang terkenal sebagai langganan listrik mati, untuk apa? Apalagi jika disana sinyal Ponsel sulit ditemukan, padahal sinyal Ponsel saat ini sangatlah penting untuk dipakai, karena banyaknya tuntutan dalam zaman yang dikenal berteknologi ini.

Rekan Bijak, memang merupakan hal yang baik untuk berusaha membeli rumah, dan pastinya Rekan Bijak akan mencari rumah dengan harga yang seminim mungkin dengan kualitas yang sebaik mungkin, dan itu tidak salah. Rekan Bijak harus bijaksana dalam mencari rumah dan jangan sampai terbujuk oleh janji-janji dalam brosur promosi yang belum tentu benar, dan tak terlihat kelemahannya.

Jika Rekan Bijak sudah membeli Rumah Subsidi tetapi ada kekurangan karena harus membayar KPR per bulan, cobalah meminjam di Danabijak, yang mempunyai pinjaman tanpa jaminan.

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: