7 Barang Unik yang Bisa Menjadi Hobi Sekaligus Investasi

Selain bisa menjadi hobi, ketujuh barang ini juga bisa sebagai investasi yang menjanjikan. Bahkan tak sedikit nilainya lebih tinggi dari emas.

Ketika mendengar kata investasi, pasti yang ada di benak kita adalah properti, reksadana, emas, deposito atau berbagai investasi lainnya. Demi menyiapkan keuangan yang lebih baik di masa depan tak jarang banyak yang ingin menggunakan semua jenis investasi. Tentu tak ada yang salah dengan hal itu, tapi pastikan yang dipilih sesuai dengan rencana masa depan.

Selain investasi di atas, beberapa tahun belakangan ini muncul trend baru untuk berinvestasi melalui barang-barang hobi. Meskipun terlihat hanya ‘remeh’, tapi ternyata beberapa benda-benda koleksi kita bisa bernilai tinggi bahkan melebihi harga emas maupun saham!

Berikut 7 hobi yang tak hanya bikin senang tapi juga bisa menjad investasi:

1.Action Figure

Hobi

Selain bisa menjadi barang koleksi untuk menyalurkan hobi, action figure juga dapat bernilai investasi. Pecinta action figure tak ragu mengeluarkan kocek dalam untuk mengumpulkannya.

Miniatur dari tokoh fiksi ini memang sudah mulai dipilih menjadi salah satu hobi yang menjanjikan. Bagaimana tidak, untuk beberapa seri yang langka dan banyak dicari, action figure bisa terjual dengan harga tinggi. Bahkan beberapa seri keluaran Hot Toys nilainya bisa naik 3-10% per tahun karena memiliki penggemar fanatik yang selalu ingin mengoleksi lengkap produk mereka.

 

2.Buku Komik

Hobi

Komik seri awal selalu menjadi barang incaran para kolektornya. Perhatikan dengan baik cara menyimpan komik supaya tetap bernilai tinggi di masa depan. Source: http://russia-now.com

Buku cerita bergambar bisa jadi investasi? Kenapa Tidak!? Jika kita selalu menjadi kondisi buku komik dengan baik, bukan hal mustahil jika sewaktu-waktu koleksi kita akan ditawar dengan harga yang fantastis. Sebagai contoh komik Superman keluaran pertama ditawar hingga $3.200.000 melalu e-bay.

3. Diecast

Hobi

Source: paulstonehousephotography.com

Peminat miniatur mobil ini sudah jadi rahasia umum. Bahkan kita tak sulit menemukan group khusus bagi pecinta diecast di social media yang saling mencari seri incaran dengan harga yang dibilang tak murah. Jadi jangan lihat sebelah mata harga diecast hari ini karena di masa depan harganya bisa beratus kali lipat.

 

4. Piringan Hitam, Kaset atau CD

Hobi

Sudah jadi rahasia umum kalau piringan hitam, kaset maupun cd dari beberapa musisi ternama memiliki nilai tinggi di mata kolektornya.

Di era serba digital seperti ini kita bisa mendengarkan lagu melalui smartphone atau komputer. Tapi bagi yang melewati perkembangan teknologi, mendengarkan musik melalui piringan hitam, kaset maupun CD saat ini tentu jadi sesuatu hal yang spesial. Inilah mengapa ketiga barang ini banyak diincar para penikmatnya dengan harga “berapapun” yang ditawarkan. Tentunya nilai barang tergantung kondisi, usia dan musisi.

 

5. Lego

Hobi

Seri-seri lego yang jarang dan unik menarik perhatian pencintanya. Tak jarang budget tinggi disediakan untuk mendapatkan seri yang diinginkan. Source: shop.lego.com

Bukan hanya sekedar mainan, Lego banyak memiliki peminat setia yang ingin mengoleksi semua produk. Tak jarang Lego juga mengeluarkan seri khusus yang dijual dengan jumlah tertentu dengan harga yang tinggi. Sebagai contoh, pada tahun 2005, Lego seri Death Star II berhasil terjual kurang lebih Rp 5,4juta dan saat ini telah mencapai Rp 33,1 juta. Jadi kalau kita bisa mendapatkan dengan harga yang tak murah saat beli, terbayangkan berapa kenaikannya di masa depan?

 

6.Kamera Analog

Hobi

Beberapa fotografer dan pecinta kamera analog mulai melirik seri-seri lawas dan tak segan membayar dengan harga tinggi.

Meskipun perkembangan kamera semakin canggih, tapi sudah beberapa tahun berjalan kamera analog banyak digunakan karena menghasilkan foto dengan bentuk yang unik terutama untuk seri lama. Tak heran kamera analog seri lama yang masih berfungsi banyak diincar kolektornya.

 

7. Mobil Klasik

Hobi

Jika ada budget lebih, mengoleksi mobil klasik bisa menjadi investasi menjanjikan

Ayah atau kakekmu memiliki mobil lawas dengan spare part original? Sebaiknya rawat dengan baik dan selalu pastikan kondisinya baik karena mobil klasik selalu bernilai tinggi bagi pecintanya.

Makin semangat untuk mendalami hobi kan kalau tau bisa dijadikan investasi!? Supaya apa yang dibeli tidak sia-sia pastikan barang koleksimu:

  • Memiliki kondisi 90% baik

Karena akan dijadikan investasi dan berencana dijual kemudian hari, saat membeli pastikan barang dalam kondisi 90% baik (terutama untuk tangan kedua).

  • Orisinal

Jangan sampai membeli yang bukan asli karena ini akan membuat koleksimu tidak bernilai sama sekali. Seorang kolektor dapat mengenal dengan baik barang yang asli dengan palsu.

  • Tersimpan dengan baik

Jangan sampai benda koleksimu terbengkalai begitu saja karena bisa mempengaruhi kondisinya di kemudian hari. Tentunya nilai barang akan turun karena hal ini.

Sudah mulai tau mau mengoleksi apa? Sangat wajar jika barang incaranmu bernilai sedikit tinggi mengingat ini adalah benda koleksi. Supaya dapat membeli seri baru dari brand favorit, siapkan tabungan khusus supaya bisa mendapatkannya. Jika masih butuh dana tambahan untuk mendapatkannya, Danabijak siap membantu dengan proses pinjaman yang cepat, mudah dan terpercaya!

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: