7 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mudik Menggunakan Kendaraan

Tak terasa Ramadan sudah berlalu hingga pertengahan waktu. Rekan Bijak pasti sudah banyak yang memikirkan perjalanan mudik ke kampung halaman, kan? Simak artikel berikut untuk dapatkan 7 hal yang perlu diperhatikan saat mudik menggunakan kendaraan pribadi!

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mudik Menggunakan Kendaraan

7 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mudik Menggunakan Kendaraan

Keamanan dan kenyaman adalah hal yang terpenting dalam berkendara. Keadaan dan performa kendaraan yang baik akan memberikan rasa aman pada pengendaranya, maka itu jangan remehkan kondisi kendaraan kita jika kita hendak mengendarainya, apalagi jarak jauh dan memakan waktu berhari-hari, seperti mudik misalnya. Perhatikanlah kendaraan pribadi Rekan Bijak sekalian sebelum pergi Mudik, berikut tipsnya.

kendaraan

Sumber : www.aktual.com

Periksa Kondisi Kendaran

kendaraan

Sumber : cantik.tempo.co

Hal paling pertama dan paling penting dilakukan sebelum mudik adalah memeriksa kondisi kendaraan kita terlebih dulu. Periksa oli mesin, Pastikan oli mesin volumenya cukup. Cara cek volume oli mesin dengan memeriksa level pada stik oli. Lihatlah batas oli yang menempel pada stik. Level oli harus berada di garis antara tanda “L” dan “F” dan seharusnya sedikit dibawah garis level “F“, jika kurang tambahkan secukupnya. Untuk mobil, usahakan untuk periksakan mesin, rem, oli, air bag dan roda. Untuk motor, mesin, rem dan ban motor harus dipastikan dalam kondisi baik. Periksalah juga rem, air radiator, wiper dan kondisi ban. Jangan meremehkan hal ini, karena banyak terjadi kecelakaan di jalan dikarenakan kondisi kendaraan kurang layak untuk dipakai mudik. Pastikan batas waktu (kilometer) pemakaian oli anda masih cukup untuk jarak yang akan anda tempuh. Jika kita masih belum yakin dengan hal lainnya, lakukanlah cek mobil atau motor ke bengkel terpercaya. Kondisi kendaraan kita menjadi faktor terpenting dan paling berpengaruh pada keselamatan kita dan keluarga jika mudik dengan kendaraan pribadi.

Penumpang Tidak Melebihi Kapasitas

kendaraan

Sumber : mudikgratis.com

Hindari mengangkut beban atau orang yang melebih kapasitas dari kendaraan kita untuk keselamatan dan kenyamanan ketika mudik. Karena setiap kendaraan didesain hanya untuk mengangkut beban atau orang sesuai kapasitasnya masing-masing Jika terjadi kelebihan beban hal ini mengacu pada keselamatan semua penumpang. Misal untuk sepeda motor, kapasitas normalnya adalah untuk 2 orang, jika Anda memiliki seorang anak kecil yang berusia dibawah 7 tahun, maka berkendara bertiga masih diperbolehkan. Untuk mobil, jika kapasitas mobil hanya untuk 7-8 orang (tertantung tipe mobil dan besar kapasitas muatannya), maka sebaiknya jangan digunakan untuk mudik dengan mengangkut 10 orang.

Membawa Perlengkapan Otomotif

kendaraan

Sumber : id.aliexpress.com

Walapupun Rekan Bijak sudah memeriksa kendaraan dan baik-baik saja, kita tetap harus siap dan waspada untuk hal-hal yang diluar kendali kita, wajib hukumnya kita membawa emergency equipment, seperti; segita pengaman, dongkrak, ban cadangan, lampu cadangan, APAR (alat pemadam ringan, kunci/obeng. Pastikan juga penempatan barang-barang tersebut di tempat yang aman dan tidak menggangu kenyamanan penumpang. Selain itu bawalah juga perlenglakan P3K dan surat-surat penting kendaraan (SIM&STNK).

Aktifkan GPS

kendaraan

Sumber : www.apritos.com

GPS sangat berguna bagi Rekan Bijak yang tidak hafal jalan atau membantu kita untuk mencari jalan alternatif agar menghindari kemacetan. Ada baiknya saat mudik, aktifkan selalu GPS google map, atau aplikasi GPS lainnya di smart phone Anda. Pastikan baterai ponsel kita slalu mencukupi, jangan lupa membawa power bank untuk di perjalanan. Jika kita memiliki peta sebaiknya dibawa juga untuk antisipasi jika kita salah rute perjalanan. Peta akan berguna, jangan sampai waktu kita habis hanya di jalan karena nyasar atau macet total. Rekan Bijak bisa berkendara dengan lebih pasti dan lebih tepat tanpa harus kerepotan mencari jalan.

Patuhi Lalu-lintas

kendaraan

Sumber : www.pikiran-rakyat.com

Walapun kita ingin cepat sampai ke kampung halaman tetaplah ingat keselamatan keluarga, jangalan tancap gas dengan kecepatan lebih cepat atau ngebut di jalan. Hal ini berisiko negatif untuk keselamatan kita dan keluarga. Untuk pengemudi motor, gunakan helm yang berstandar SNI dan nyalakan selalu lampu motor, Kita harus memilih untuk mematuhi rambu-rambu lalu lintas saja dan berkendara sesuai dengan kecepatan normal. Tidak perlu mengebut atau menyalip kendaraan lain, apalagi sampai menerobos rambu lalu lintas.

Membawa Perbekalan Diri dan Keluarga

kendaraan

Sumber : vespapora.com

Selain memeriksa dan memperhatikan kendaraan anda, jangan lupa pula perhatikan perlengkapan diri dan keluarga kita. Membawa uang tunai cukup penting saat kita sedang mudik,  selama perjalanan menuju kampung halaman, tidak selalu ada mesin ATM dan tidak semua toko bisa dibayar dengan kartu debit atau kredit sehingga membawa uang tunai yang cukup adalah sesuatu yang wajib. Dan simpalah uang tunai di tempat yang aman, ada bagusnya kita membuat anggaran perhitungan untuk mudik sebelum perjalanan. Selain itu bawalah makanan dan minuman untuk mengatasi rasa lapar. Khusunya bagi pengendara, hindari mengendarai kendaraan jarak jauh dalam kondisi lapar, jangan memaksakan diri jika sudah lapar, sebaiknya makan terlebih dahulu lalu melanjutkan kembali aktivitas berkendara Kita. Sediakan makanan ringan seperti buah-buahan, roti, atau snack-bar  saat mudik dengan kendaraan pribadi.

Istirahat dengan Cukup

Sumber : apnaroots.com

Pastinya Perjalanan yang jauh dan macet akan membuat badan lelah, terutama bagi kita yang berkendara. Jangan paksakan diri  kita untuk terus menyetir jika kita  sudah merasa kelelahan. Ambillah waktu untuk beristirahat di tempat peristirahatan terdekat atau di rest area, pom bensin terdekat atau tempat peristirahatan terdekat. Kembalilah menyetir  kembali ketika tubuh sudah kembali fit. Ingatlah selalu prinsip berkendara yang aman dan nyaman, istirahat menjadi hal pertimbangan penting agar kita tidak kehilangan konsentrasi dalam berkendara.

Inilah 7 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Pergi Mudik dengan Kendaraan Pribadi, semoga dengan tips ini Rekan Bijak sekalian dapat berkendara dengan aman dan selamat hingga sampai tujuan.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: