7 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Masa Pensiun Datang

Berapa usia rekan sekarang? 50 tahun, 40 tahun atau 30 tahun? sebaiknya jika rekan sudah memasuki usia 50 tahun segeralah untuk mempersiapkan masa pensiun. Namun jika usia rekan masih 30 atau 40 tahun pun tidak ada salahnya menyiapkan segala hal yang nantinya diperlukan saat sudah pensiun.

7 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Masa Pensiun Datang

7 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Masa Pensiun Datang

Pensiun merupakan masa yang tidak bisa dihindari baik oleh pegawai swasta ataupun pegawai pemerintah. Banyak ketakutan yang akan dialami ketika seseorang memasuki masa pensiun. Salah satu ketakutan terbesar adalah masalah uang atau dana pensiun.

Baca Juga : 5 Cara Mudah Siapkan Dana Pensiun Sejak Dini

Semua orang pasti ingin pensiun dengan nyaman dan aman dari segi keuangan, namun sayangnya banyak yang lupa untuk menyusun rencana pensiun sejak dini. Akibatnya saat usia sudah tidak lagi muda, namun keuangan masih jauh dari stabil atau bahkan aman untuk pensiun.

Kualitas hidup masa pensiun sebenarnya bisa diubah setidaknya 5-10 tahun sebelum pensiun. Apa yang dilakukan 5 atau 10 tahun terakhir sebelum pensiun, sangat menentukan kualitas hidup masa pensiun nantinya. Tidak peduli berapa banyak uang yang dikumpulkan dan disimpan. Pensiun harus disiapkan dengan perencanaan hidup yang matang.

Berikut 7 hal yang perlu rekan persiapkan sebelum masa pensiun datang :

Rencana Setelah Pensiun

Masa Pensiunsumber : taspenasa.co.id

Setelah memasuki masa pensiun, rekan tidak mungkin hanya berdiam diri saja dirumah. Untuk itu sejak sebelum pensiun rekan perlu mempersiapkan apa saja yang akan dilakukan setelah pensiun. Seperti 12 bulan pertama setelah pensiun apa saja yang akan dilakukan. Perlu perencanaan karena setiap kegiatan yang dilakukan apalagi diluar rumah memerlukan biaya. Sekurang-kurangnya biaya transportasi dan makan siang.

Aktivitas yang akan rekan lakukan semasa pensiun, terutama diawal pensiun membutuhkan biaya yang biasanya relatif besar. Sementara rekan sudah tidak memiliki penghasilan tetap lagi. Karena itu diperlukan perencanaan sebelumnya.

Baca Juga : Yuk, Kenali 3 Tahapan Keuangan Ini agar Kehidupan Masa Depan Aman dan Nyaman!

Pelunasan Hutang

Masa Pensiunsumber : asistenbisnis.com

Saat memasuki pensiun sebaiknya rekan sudah melunasi semua hutang yang ada, karena saat pensiun tidak ada lagi penghasilan seperti sebelumnya. Karena itu semua hutang yang dimiliki sebaiknya segera dilunasi sebelum memasuki pensiun.

Jika masih ada hutang tentu saja akan memotong dana pensiun yang hanya pas-pasan. Sehingga akan membuat rekan sulit saat sudah pensiun. Untuk mengatur utang segera lakukan financial check up untuk melihat pos mana yang bisa ditekan agar utang bisa segera dilunasi.

Baca Juga : Debt Stacking Vs Debt Snowball. Strategi Mana yang Lebih Baik dalam Melunasi Utang?

Tabungan

Masa Pensiunsumber : gaya.tempo.co

Pensiun bisa diartikan dengan terhentinya atau berkurangnya pemasukan untuk biaya kehidupan. Bagi pegawai swasta atau pegawai sipil akan berhadapan dengan hal ini. Karena itu rekan perlu menabung dengan rajin dan memperbanyak saldo tabungan agar saat pendapatan tidak lagi sebanyak dulu, kebutuhan kehidupan masih bisa terpenuhi tanpa perlu membebani keluarga lain.

Baca Juga : 6 Macam Kebiasaan untuk Meningkatkan Saldo Tabungan

Asuransi

Masa Pensiunsumber : economy.okezone.com

Ketika rekan pensiun bukan hanya penghasilan yang terhenti namun juga tanggungan lain dari perusahaan seperti asuransi kesehatan. Karena hanya sedikit perusahaan yang mau menanggung biaya asuransi karyawan pensiunnya.

Sementara saat memasuki usia pensiun fisik tidak lagi seprima saat muda dan penyakit mulai bermunculan. Apalagi bila pensiun tidak dipersiapkan jauh-jauh hari membuat sebagian orang mengalami stres ketika pensiun dan hal ini bisa menimbulkan penyakit. Oleh karena itu asuransi sangat dibutuhkan untuk menunjang masa pensiun agar terhidar dari ketakutan penyakit yang bisa muncul kapan saja.

Baca Juga : Kelebihan & Kekurangan BPJS Kesehatan vs Asuransi Kesehatan Swasta

Investasi

Masa Pensiunsumber : grapadinews.co.id

Investasi akan sangat berguna saat masa pensiun tiba, terutama investasi jangka panjang. Baik itu investasi saham, investasi emas dan lainnya akan berguna karena uang ditabungan akan terus berkurang terutama jika ada inflasi. Jadi sebaiknya mulai sekarang segera melakukan investasi jangka panjang yang hasilnya akan terasa saat rekan sudah memasuki usia pensiun dan tidak lagi memiliki pendapatan sebanyak saat muda dulu.

Baca Juga : Ini 6 Investasi Terbaik yang Bisa Dilakukan pada Tahun 2019!

Gaya Hidup

Masa Pensiunsumber : health.detik.com

Gaya hidup memang sulit diubah, sesuatu yang berkaitan dengan merubah kebiasaan adalah hal yang sulit untuk dilakukan. Tapi hal itu mau tidak mau harus dilakukan. Seperti jika sebelum pensiun rekan terbiasa membeli baju sebulan sekali, tentunya hal tersebut harus diubah karan jika terus dilanjutkan sementara pemasukan tidak seperti dulu maka akan membuat masalah keuangan.

Perubahan gaya hidup perlu dilakukan bahkan sebelum memasuki masa pensiun. Hal ini akan membantu rekan beradaptasi dengan kondisi baru setelah pensiun. Kebiasaan makan diluar tentunya akan memakan ongkos besar, dan hal ini perlu diubah misalnya menjadi sebulan sekali.

Baca Juga : 8 Hal ini Bisa Membuat Kamu Gagal Menyimpan Uang!

Penghasilan Tambahan

Masa Pensiunsumber : duniakaryawan.com

Banyak yang beranggapan jika tunjangan hari tua akan cukup. Banyak yang beranggapan uang miliaran yang ada di rekening akan memadai untuk memenuhi kebutuhan keluarga setelah pensiun. Padahal tidak demikian, tabungan yang telah disiapkan tentu akan habis bila terus menerus dipakai tanpa ada pemasukan ke rekening.

Karena itu rekan perlu memikirkan dan mempersiapkan sumber penghasilan baru. Hal ini untuk memastikan agar pemasukan tetap ada agar kebutuhan hidup terpenuhi. Lebih bagus jika penghasilan tambahan ini tetap bisa membuat gaya hidup stabil. Penghasilan tambahan ini bisa berasal dari investasi, bisnis atau usaha.

Baca Juga : 6 Pekerjaan Terbaik untuk Orang yang Sudah Pensiun

Jadi, itu adalah beberapa hal yang perlu rekan persiapkan sebelum masa pensiun datang. Sesuatu yang sudah memiliki perencanaan matang saja bisa masih terdapat masalah apalagi jika tidak dipersiapkan. Karena itu selagi muda, masih memiliki tenaga yang memadai dan penghasilan tetap, mulai persiapkan dana pensiun agar saat di usia tua rekan bisa hidup aman dan nyaman.

Semoga artikel ini bermanfaat ya rekan bijak!

Masa Pensiun

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: