7 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis Food Truck

Bisnis food truck kian menjamur di kota besar seperti di Jakarta ini. Belakangan kita sering menemui jajanan berkonsep food truck di pinggir jalan dekat pusat perbelanjaan atau tempat publik lainnya.

7 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis Food Truck

7 Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Memulai Bisnis Food Truck

Bisnis makanan yang dijual dalam truk atau umumnya dikenal dengan sebutan food truck merupakan salah satu cara unik untuk memperluas industri makanan. Bisnis food truck identik dengan makanan murah atau cepat saji, seperti sandwich, hot dog, dan es krim. Kini bisnis ini telah berekspansi ke beragam jenis makanan.

Sulitnya mencari lokasi berjualan hingga mahalnya harga sewa tempat, menjadi kendala bagi hampir semua pengusaha kuliner. Padahal, dalam berbisnis makanan, lokasi cukup menentukan kesuksesan usaha itu sendiri. Food truck hadir sebagai solusi.

Food truck pertama kali datang ke Indonesia di tahun 2013. Sejak saat itulah, lebih dari 50 bisnis food truck bergabung dalam AFTI (Asosiasi Food Truck Indonesia). Jumlah bisnis food truck di Jakarta tercatat pada tahun 2015 hingga 2015 meningkat 100%, dari 35 bisnis sampai 70 bisnis.

Sebagai seorang pengusaha kuliner yang akan membuka food truck, kita perlu menyiapkan 7 hal ini :

Mengurus Lisensi

Bisnis Food Truck

Sebelum membuka bisnis food truck, pastikan kita telah mengantongi seluruh izin terkait.

Jadikan ini sebagai prioritas utama. Sebelum membuka bisnis food truck, pastikan kita telah mengantongi sertifikat dari Departemen Kesehatan, izin memiliki truk, dan izin permohonan parkir. Semua itu bisa kita mulai lakukan sendiri dengan mengurusnya ke pemerintah setempat. Sebagai informasi, coba cari berbagai informasi lengkapnya di situs Pemerintah Daerah terkait, misalnya www.jakarta.go.id untuk DKI Jakarta atau www.baliprov.go.id untuk wilayah Bali.

Miliki Mobil atau Truk

Membuka bisnis food truck tentunya membutuhkan truk sebagai media berjualan. Jika kita sudah mempunyai truk, alangkah baiknya truk tersebut dimodifikasi sesuai dengan tema brand produk yang ingin dijual. Pilihan lainnya, kita bisa juga membeli truk baru dengan modal yang dimiliki atau dengan melakukan kredit. Sebaiknya, pilih kendaraan dengan muatan besar agar mampu dimasukkan segala alat serta bahan operasional saat berjualan.

Tentukan Menu Makanan

Bisnis Food Truck

Pilihlah menu makanan yang akan jadi menu utama dan menu unggulan lain sehingga konsumen memiliki banyak pilihan untuk membeli.

Apa yang akan dijual? Tacos, nachos, sandwich, cupcake, kopi, milkshake, es krim, atau yogurt? Banyak sekali ragam pilihan menu makanan yang bisa dijadikan bahan bisnis food truck. Strateginya, pilihlah menu makanan yang akan jadi menu utama dan menu unggulan lain sehingga konsumen memiliki banyak pilihan untuk membeli. Pastikan juga makanan tersebut dikemas dengan baik dan menarik.

Buat Rencana Bisnis

Rencana bisnis dibuat sangat detail, mulai dari langkah awal hingga perencanaan pengelolaan modal sebaik mungkin dan penjabaran kebutuhan keuangan, biaya bahan baku, biaya perizinan, dan biaya pendukung lainnya. Susun pula gambaran keuntungan dan kerugian, rencana bisnis, manajemen, dan desain produk atau brand. Perhitungkan kemampuan kita setiap bulan untuk membayar cicilan pinjaman dari keuntungan bisnis.

Atur Anggaran

Banyak cara untuk mendapatkan modal bisnis, salah satunya adalah dengan membuat rencana keuangan dan mengajukan pinjaman. Kita bisa mengajukan pinjaman online atau pinjaman dari bank. Tipsnya, kita perlu mengetahui seberapa besar down payment yang dapat dibayarkan dan berapa besar bunga yang timbul selama masa pinjaman.

Beli Asuransi

Sebelum bisnis berjalan, ada baiknya kita mengantisipasi dengan melindungi aset kendaraan dan diri sendiri. Caranya adalah dengan membeli asuransi kendaraan dan kecelakaan diri sendiri. Jangan sampai kita harus membayarkan segala biaya rumah sakit atau perbaikan kendaraan saat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Carilah produk asuransi yang paling cocok dengan kebutuhan bisnis.

Manfaatkan Media Sosial

Bisnis Food Truck

Manfaatkan media sosial untuk mempromosikan brand atau produk makanan yang dijual.

Manfaatkan media sosial, seperti Instagram, Facebook, Twitter hingga website untuk mempromosikan brand atau produk makanan yang kita jual. Ada banyak cara yang bisa dilakukan, mulai dari membuat akun brand lalu mempromosikannya atau mandiri membuat konten lalu posting di akun pribadi kita. Tujuan utama dari menggunakan media sosial adalah mudahnya terhubung dengan pelanggan.

Rekan Bijak berminat untuk membuka usaha food truck? Ikuti tips atau langkah-langkah persiapan di atas kemudian coba ajukan pinjaman online di platform terpercaya; Danabijak!

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: