7 Jenis Kopi Daerah yang Paling Nikmat di Indonesia

Siapa yang tidak menyukai Kopi? Kopi sudah menjadi minuman utama bahkan sebelum pergi ke Kantor atau pun Universitas, dan menjadi minuman wajib penghilang rasa kantuk. Dan kopi pun juga jenisnya sangat bermacam-macam dan karena jenisnya bermacam-macam, orang pun rela berkeliling dunia hanya untuk mencari jenis kopi terbaik

7 Jenis Kopi Daerah yang Paling Nikmat di Indonesia

7 Jenis Kopi Daerah yang Paling Nikmat di Indonesia

Di dunia, Kopi di indonesia salah satu jenis kopi paling terkenal di dunia. Selain karena kenikmatan dari kopi-kopi tersebut, juga karena jenis kopi di Indonesia sangatlah bervariasi juga dengan tingkat keasaman dan kekentalan. Memang, Biji-biji Kopi ini berbeda-beda rasa dan pastinya penggemar kopi pun tau akan perbedaannya, mulai dari tingkat keasaman hingga After Taste.

Karena Jenis-jenis biji Kopi yang berbeda-beda ini, Ditambah lagi rasanya yang berbeda tergantung dari tanahnya, membuat kebingungan kepada orang-orang yang ingin menjual kopi, menimbang-nimbang jenis-jenis kopi terbaik apa saja yang layak dijual ke khalayak umum.

Jika ingin membeli Biji-Biji Kopi untuk kembali diperjualbelikan, coba jual ketujuh Jenis Kopi ini.

Aceh Gayo

Jenis Kopi

Sumber : Travel.Kompas.com

Siapa yang tidak tahu Kopi Gayo? Kopi Aceh Gayo bahkan bisa dibilang salah satu kopi terbaik dunia karena cita rasa, aroma hingga kekentalan dari Kopi Gayo ini bisa dikatakan unik. Kopi Gayo, apalagi yang Arabika, tumbuh di Dataran Tinggi yang bisa dikatakan sedingin beberapa tempat di Eropa, jadi kualitasnya pun enak.

Bahkan kopi ini sudah mendapatkan penghargaan sebagai Kopi terbaik di Dunia, juga menjadi Biji Kopi termahal di pameran Kopi di Amerika Serikat, tepatnya di Oregon. Kopi Gayo bahkan sudah dikenal sebelum Indonesia merdeka, dan ditanam menjadi komoditas utama oleh Belanda untuk dijual kembali ke Uni Eropa.

Kopi Toraja

Jenis Kopi

Sumber : Kumparan.com

Jenis Kopi ini sangatlah digemari oleh masyarakat di Sulawesi. Kopi ini juga termasuk kopi yang mendunia karena rasanya yang bermacam-macam, mulai dari Jahe hingga rasa Lada Hitam. After taste nya pun sangatlah unik karena sampai bisa membuat langit-langit mulut diberikan rasa.

Di Jepang pun Kopi Toraja dihargai cukup tinggi karena Masyarakat Jepang sangat menggemari Kopi Toraja ini. Bahkan hanya masyarakat kelas atas yang bisa menikmati kopi ini. Daerah Kopi Toraja pun berada di Dataran Tinggi diatas 1200 Mdpl.

Kopi Wamena

Jenis Kopi

Sumber : Nokenlive.com

Kopi Wamena merupakan Kopi kebanggaan orang-orang dari Daerah Timur sana, terutama orang-orang Irian Jaya. Kopi Wamena ini tumbuh subur di ketinggian sekitar 15.000 kaki dengan suhu 20-25 derajat Celsius. Aromanya wangi, khas dan terkenal Soft sehingga tidak terlalu berat. Pembudidayaan pun dilakukan di Kabupaten Jayawijaya dan caranya pun masih tradisional.

Sekarang ini sudah ada fokus terhadap pembudidayaan terhadap Kopi Wamena ini, mengingat Jenis Kopi ini sudah mulai dikenal hingga ke pelosok negeri dan punya potensi yang sama baiknya dengan Kopi-kopi daerah lain di Indonesia seperti Gayo.

Kopi Flores

Jenis Kopi

Sumber : Travel.tribunnews.com

Kopi Flores merupakan Jenis Kopi yang berasal dari Flores, Nusa Tenggara Timur. Jenis Kopi ini ditanam 1000-1500 Meter diatas permukaan air laut, dan juga merupakan salah satu hasil kopi terbaik yang ada di Indonesia. Kopi ini ditanam di Dataran Tinggi Ngadha, di Kecamatan Bajawa dan Golewa.

Suhu di daerah sana berkisar dari 15 sampai 25 derajat Celsius. Rasa pahit dari kopi ini biasanya juga Medium dan rasanya biasanya jika bertahan di mulut cukup lama. Rasa manisnya pun kurang dan cita rasanya pun kuat. Proses seleksi Biji Kopinya pun sangat selektif sehingga biji kopinya pun terkenal tidak murah.

Kopi Lintong

Jenis Kopi

Sumber : inibaru.id

Kopi Lintong juga Biji Kopi yang terkenal dan mulai mendunia beberapa tahun kebelakang ini. Biasanya, Kopi Lintong akan menjadi minuman kopi utama jika berkunjung ke Danau Toba, dan kopi ini sudah menjadi kebanggaan penduduk di sekitar Danau Toba.

Kopi Lintong  ditanam biasanya di Kabupaten Humbahas dan kualitas Kopi ini pun bahkan sudah terkenal sampai ke mancanegara dan tidak diragukan, karena tanahnya yang subur, ditambah lagi juga kopi ini termasuk kopi yang mempunyai kualitas yang tinggi dan berada 1000 Meter diatas laut yang menandakan bahwa kopi ini kopi kualitas yang baik.

Kopi Mandheling

Jenis Kopi

Sumber : Lintaskopi.com

Kopi Mandheling dikenal sebagai salah satu Big Three dari Kopi terbaik Sumatera, yaitu Gayo, Lintong dan Mandheling. Kopi Mandheling dikenal sebagai kopi yang jumlah tidak terlalu banyak, bahkan memerlukan varian dari luar kota untuk bisa memenuhi permintaan agar biji kopi mandhailing tetap bisa banyak.

Kopi ini juga terkenal sebagai full body dan aromanya fruity, dan kopi ini juga ditanam dalam ketinggian 1200 Mter dari atas permukaan laut. Tingkat keasamannya pun medium jadi cocok untuk yang tidak terlalu menyukai rasa asam, ditambah lagi cita rasanya varian, dan paling enak adalah After Taste nya yang tidak akan bisa ditemukan di rasa kopi lainnya.

Kopi Pagaralam

Jenis Kopi

Sumber : kfetele.ro

Kopi Pagaralam mungkin jarang terdengar, namun kopi ini salah satu kopi paling disukai oleh Masyarakat Eropa, dan lagi-lagi tempat asli kopi ini dari Sumatera, sama seperti Lintong, Gayo dan Mandheling. Bahkan, Kopi Pagaralam salah satu kopi jenis robusta paling unggulan yang ada di Indonesia.

Kopi ini jika dibandingkan kopi-kopi lainnya juga tidak mahal, bahkan sangat terjangkau, karena kopi ini memang jenis robusta, namun rasanya tidak kalah dengan kopi-kopi dataran tinggi lainnya.

Nah, itulah Jenis kopi yang paling terkenal dan dirasakan kenikmatan dari kopi-kopi tersebut. Bisa dikatakan, kopi-kopi daerah di indonesia ini sangatlah terkenal dan dikenal di mancanegara. Masih ada juga kopi-kopi yang sebenarnya sangat terkenal, hanya saja kurang dapat publikasi, padahal rasanya tidak kalah, seperti Kopi Kintamani, Kopi Jawa, dan lain-lain.

Tetapi yang pasti, jenis kopi di indonesia memang sangat bervariasi dan sangat digemari oleh orang-orang pecinta kopi di seluruh dunia. Nah, bagaimana dengan Rekan Bijak? Sudahkah kamu mencoba Kopi-kopi daerah di Indonesia?

Jalan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: