7 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Disiplin Mengatur Keuangan

Disiplin mengatur keuangan pribadi harus dilakukan sejak dini agar pengeluaran setiap bulannya tercukupi. Baca artikel berikut untuk mengetahui 7 kebiasaan diri agar lebih disiplin mengatur keuangan!

7 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Disiplin Mengatur Keuangan

7 Kebiasaan Ini Bikin Kamu Disiplin Mengatur Keuangan

Membiasakan disiplin dalam mengatur keuangan dengan baik perlu dilakukan sedari dini, sejak usia kita masih terbilang muda. Sebab, sebagian orang kadang mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan. Hingga pada akhirnya pendapatan tidak cukup menutupi semua pengeluaran tiap bulannya. Jangankan untuk menabung, yang ada malah kita berutang untuk sesuatu yang kurang penting.

Kira-kira apa saja yang perlu kita lakukan agar terbiasa untuk disiplin mengatur keuangan sejak muda? Yuk, cek artikel berikut :

Membuat Laporan Keuangan Bulanan

Dengan membuat laporan keuangan bulanan, kita jadi tahu perkembangan keuangan setiap bulannya. Kita dapat menganalisa dan mempertimbangkan apa yang harus dilakukan di bulan berikutnya dan apa yang tidak perlu dilakukan. Sebagai contoh, bulan ini pengeluaran lebih besar daripada pemasukan. Maka, kita harus jeli dan mempertimbangkan hal tersebut. Solusinya, tak lain adalah dengan mengusahakan agar pemasukan bertambah atau bisa juga dengan memperkecil pengeluaran di bulan berikutnya.

Laporan keuangan bulanan berfungsi untuk membiasakan diri sendiri di kondisi keuangan bernilai minus. Kita jadi lebih cepat tanggap dan tidak akan membiarkan hal itu terjadi lagi di bulan selanjutnya.

Buat Tabungan untuk Masa Depan

Mengatur Keuangan

Saat menerima gaji, sisihkan uang untuk ditabung agar masa depan terjamin.

Saat menerima gaji, sisihkanlah sebagian untuk menabung. Kalau terbiasa melakukan ini, dijamin uang untuk masa depan sudah terjamin dan bisa saja kita tidak perlu bekerja lagi.

Kita bisa sisihkan uang untuk 3 jenis tabungan, yaitu tabungan pendidikan, tabungan kesehatan, dan tabungan untuk keperluan mendadak dan darurat.  Memang semua jenis tabungan tersebut dapat di-cover dengan asuransi, namun ada baiknya jika kita memiliki tabungan sendiri. Jangan berharap sepenuhnya pada asuransi.

Meskipun tergolong kecil, setidaknya, kita sudah memiliki sedikit cadangan untuk mengatasi dana mendadak di kemudian hari. Terlebih manfaat menabung untuk masa depan memang sangat banyak.

Teguh Pendirian

Setelah mengikuti 2 poin penting sebelumnya, sikap yang diperlukan demi bisa berdisiplin dengan keuangan adalah teguh pendirian. Jangan biarkan teman-teman sepermainan merusak kebiasaan baik tersebut yang sedang kamu jalani. Kalau mereka mengganggu dengan ajakan bersenang-senang dan boros, tolak saja ajakan mereka. Jangan sampai kebiasaan buruk memengaruhi.

Kenali Kelemahan

Kunci sukses dalam disiplin keuangan berikutnya adalah dengan lebih mengenali kelemahan. Misal, kelemahan kita adalah sangat suka sekali berbelanja maka sebisa mungkin kerahkan cara untuk mengurangi hasrat belanja tersebut. Caranya, bisa dengan meninggalkan kartu kredit atau debit di rumah saat sedang berpergian.

Selain itu, lebih baik lagi jika berbelanja sendiri daripada berbelanja bersama teman-teman. Ini akan sangat efektif untuk mengurangi tekanan dari teman-teman.

Jangan Terjerat Tagihan Kartu Kredit

Mengatur Keuangan

Gunakan kartu kredit hanya dalam keadaan darurat dan mendesak.

Kartu kredit diciptakan memang untuk memudahkan transaksi dalam banyak hal. Tapi, kita juga perlu menyadari bahwa kartu kredit membawa konsekuensi yang cukup berat. Misal, semakin sering menggunakan kartu kredit untuk berbelanja, maka semakin banyak pula tagihan yang harus dibayar. Sebaiknya, gunakan kartu kredit hanya dalam keadaan darurat dan mendesak. Berbelanja barang yang tidak penting hanya akan membuat kita terlilit hutang bunga kartu kredit.

Membatasi Pengeluaran per Bulan

Sangatlah mungkin jika pengeluaran setiap bulan jumlahnya tidak sama. Oleh karena itu, sebaiknya kita membatasi jumlah pengeluaran bulanan agar tidak mengalami kekurangan uang.

Catat terlebih dahulu pemasukan yang didapatkan di awal bulan dan kemudian catat kebutuhan yang perlu dibayar. Setelah itu semua dilakukan, barulah menentukan barang atau hal yang ingin kamu beli di bulan ini. Dengan begitu, pengeluaran bulanan tidak akan membengkak dan kita tetap bisa memenuhi keinginan meskipun masih harus menyicil atau menabungnya.

Membuka Rekening di Beberapa Bank

Poin ini bertujuan untuk mengalokasikan uang secara tepat dan aman. Misal, rekening A untuk menerima gaji, rekening B untuk membayar biaya pengeluaran bulanan, sementara rekening C untuk tabungan yang tidak bisa diambil kecuali memang untuk hal penting dan mendesak. Dengan demikian, kita jadi tahu berapa sisa uang yang boleh digunakan bulan ini. Kalau sudah habis, tetap tidak boleh menggunakannya lagi. Juga, membiasakan diri sendiri untuk tidak mengganggu tabungan kecuali memang perlu.

Rekan Bijak bisa loh menyiasati dana tambahan untuk sesuatu yang mendadak dengan mengajukan pinjaman ke Danabijak. Jadi, tak perlu lagi mengambilnya dari tabungan 🙂

Proses pengajuan dana di Danabijak sangat mudah, cepat, dan terpercaya.

pinjaman uang online cepat cair

1 Comment

Write a comment
  1. http://mengancao.vn/dieu-tri-benh-gan-nhiem-mo-muc-do-3-2405
    March 15, 22:07 http://mengancao.vn/dieu-tri-benh-gan-nhiem-mo-muc-do-3-2405

    Very good article. I will be facing many of these issues as well..

    Reply this comment

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: