7 Keuntungan yang Didapat Saat Bergabung di Komunitas Bisnis

Setelah artikel sebelumnya Rekan Bijak dikenalkan dengan beberapa komunitas bisnis pilihan maka kali ini saatnya mengetahui manfaat apa saja yang akan didapat jika Rekan bergabung di sebuah komunitas bisnis. Simak uraian lengkapnya dalam artikel ini ya, Rekan!

7 Keuntungan yang Didapat Saat Bergabung di Komunitas Bisnis

7 Keuntungan yang Didapat Saat Bergabung di Komunitas Bisnis

Komunitas bisnis dikenal sebagai wadah perkumpulan bagi orang-orang yang telah menjadi pebisnis ataupun orang-orang yang masih tahap mencari ilmu di dunia bisnis. Rekan Bijak berniat untuk membuka usaha atau membangun bisnis tertentu? Saatnya mencari tahu berbagai informasi dan wawasan sebanyak-banyaknya mengenai bisnis agar ke depannya bisnis kamu berjalan sukses dan lancar.

Apa saja relevansi atau hubungan antara seseorang perlu terjun ke dalam sebuah komunitas dengan bisnis yang hendak dimilikinya?

Tentu saja jawabannya adalah setiap anggota akan memiliki kesempatan memperluas jaringan sosial, dapat mengembangkan diri, dan sebagai media motivasi serta silaturahmi. Terlebih jika bisnis yang Rekan bangun akan berorientasi jangka panjang. Rekan perlu memikirkan dengan matang, mulai dari strategi yang akan digunakan sebagai pedoman kemajuan bisnis hingga cara mempertahankan eksistensi bisnis tersebut. Singkatnya, banyak keuntungan yang dapat diperoleh saat Rekan memutuskan untuk bergabung di komunitas bisnis.

Di Indonesia, ada banyak komunitas bisnis sesuai dengan bidang dan jenisnya. Rekan dapat bergabung dengan komunitas bisnis sesuai dengan bidang atau jenis bisnis yang akan dirintis. Cara bergabungnya pun, kini, semakin mudah, bisa melalui online maupun offline. Komunitas-komunitas tersebut, biasanya, akan mengadakan acara offline, seperti seminar, diskusi, atau meet up (pertemuan ringan).

Komunitas Bisnis

Jangan ragu untuk memutuskan bergabung bersama komunitas bisnis karena 7 manfaat ini akan kamu peroleh :

1. Mengenal Orang Baru yang Ahli di Bidang Bisnis

Setelah memilih komunitas bisnis yang sesuai dengan jenis dan bidang pilihan maka selanjutnya gunakan sebaik mungkin kesempatan untuk berkenalan dengan orang atau tokoh yang telah sukses membangun bisnisnya masing-masing. Jangan ragu untuk mempelajari ilmu bisnis dari para tokoh atau pebisnis sukses itu. Tanyakan apa pun yang Rekan ingin ketahui lebih dalam seputar bisnis dan curi pelajaran dari pengalaman mereka, baik pengalaman baik maupun buruk.

2. Mempelajari Dasar Ilmu dalam Merintis Bisnis

Yang perlu dilakukan selanjutnya, setelah berkenalan dengan para pebisnis sukses dan menanyakan seputar bisnis, sekarang saatnya mulai memikirkan jenis bisnis apa yang hendak dibangun.

Bisnis tidak selalu mengedepankan profit dan materi, melainkan juga bagaimana mengatur strategi yang akan digunakan, mulai dari membangun hingga memperoleh hasil akhir yang ingin dicapai. Jika strategi berhasil maka secara otomatis profit yang memuaskan bisa tercapai.

Selain dua alasan di atas, dasar dalam membangun bisnis lainnya, yaitu adanya kerja keras, harapan, dan doa. Dengan bergabung di komunitas bisnis, Rekan akan lebih terpacu membangun bisnis sebaik-baiknya.

3. Menambah Wawasan di Bidang Bisnis

Setiap komunitas bisnis yang telah berdiri pasti memiliki banyak anggota, baik anggota yang telah sukses dalam berbisnis maupun yang baru memulai. Salah satu keuntungan menjadi bagian dari mereka adalah Rekan Bijak dapat memperoleh wawasan sebanyak-banyaknya terkait info bisnis. Bukan saja di bidang bisnis yang sedang dirintis, tapi juga jenis bidang bisnis lainnya.

Ke depannya, Rekan Bijak yang ingin mengembangkan bisnis jenis apa pun, setidaknya, telah mempunyai cukup bekal dan wawasan. Untuk itu, dibutuhkan pula kemampuan berkenalan dan beradaptasi dengan seluruh anggota komunitas yang ada.

4. Dapat Saling Bertukar Ilmu Bisnis

Era digital seperti sekarang ini memungkinkan para anggota komunitas bisnis saling berbagi konten yang berhubungan dengan tips atau trik berbisnis melalui chat media sosial, Whatsapp atau LINE misalnya. Sebaliknya, jika Rekan mendapatkan ilmu baru terkait bidang bisnis, kamu bisa membagikannya pula ke anggota lain.

Saat berkumpul, sesama anggota komunitas biasanya akan memanfaatkan untuk saling berbagi ilmu seputar bisnis. Tanyakan apa saja yang belum kamu ketahui yaa, Rekan!

5. Memperluas Jaringan Bisnis

Saat Rekan bergabung dengan sebuah komunitas bisnis, kamu akan mengenal orang-orang yang ahli dalam bidang bisnis. Perluaslah jaringan bisnis Rekan bersama mereka.

Maka dari itu, selalu lakukan langkah pertama sampai keempat di atas agar Rekan mudah mengaplikasikan langkah kelima ini. Hasilnya, jaringan bisnis kamu akan semakin luas dan teman sesama anggota akan membantu mengenalkan bisnis Rekan ke orang lain.

6. Menambah Relasi Bisnis

Salah satu keuntungan bergabung dengan komunitas bisnis lainnya adalah dapat menambah relasi bisnis. Rekan dapat melakukan kerja sama dan membangun bisnis baru bersama mereka. Jika mengalami kesulitan, kamu dapat meminta solusi demi memecahkan kesulitan. Semakin banyak relasi bisnis akan semakin banyak dikenal pula bisnis kamu, Rekan.

7. Memiliki Keluarga Baru

Banyak anggota komunitas yang menganggap komunitas merupakan rumah kedua bagi mereka. Sebab, selain mendapat keuntungan dalam berbisnis, Rekan juga akan memperoleh keluarga baru. Tak hanya seminar, komunitas dapat pula mengadakan makan malam bersama, hangout bareng, atau berlibur bersama.

Dari 7 manfaat yang akan diperoleh saat bergabung di sebuah komunitas bisnis, poin mana yang ingin sekali kamu dapatkan, Rekan?

Komunitas Bisnis

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: