7 Rekomendasi Beasiswa Luar Negeri Paling Populer

Mendapatkan Beasiswa ke Luar Negeri memanglah tidak mudah, namun jika kita rajin belajar dan memiliki prestasi cemerlang, kita bisa mendapat beasiswa dari lembaga yang menawarkan beasiswa ke Universitas luar negeri yang kita impikan.

7 Rekomendasi Beasiswa Luar Negeri Paling Populer

7 Rekomendasi Beasiswa Luar Negeri Paling Populer

Beasiswa luar negeri adalah impian semua pelajar sejak dahulu. Para pahlawan Indonesia tidak segan-segan menuntut ilmu hingga ribuan kolometer jauhnya dari Indonesia, hanya untuk belajar demi membagun Bangsa Indonesia kearah yang lebih beradab. Saat ini banyak sekali pemuda-pemudi yang tidak segan-segan mencari beasiswa untuk mengenyam bangku pendidikan ke negeri seberang.

Jika kita terhalang biaya untuk bisa berkuliah ke negeri impian kita, janganlah putus asa dulu. Sebab banyak lembaga yang menawarkan beasiswa bagi kaum muda yang berprestasi. Simaklah 7 Rekomendasi Beasiswa Luar Negeri Paling Populer yang bisa Rekan ikuti.

Beasiswa Chevening

Beasiswa Luar Negeri

ayokuliahs2.com

Beasiswa luar negeri yang cukup populer adalah, Beasiswa Chevening sangat popular di Eropa, ini dikarenakan Inggris adalah salah satu negara di dunia yang didalamnya terdapat universitas-universitas terbaik. Beasiswa Chevening ini dikelola oleh pemerintah Inggris untuk para mahasiswa internasional. Saat ini, Chevening sudah melayani 116 negara di dunia (selain Amerika Serikat dan Uni Eropa). Sejak berdiri pada tahun 1983, beasiswa ini rutin digulirkan dengan jumlah sekitar 700 beasiswa per tahun dan sudah memiliki alumni lebih dari 40 ribu.

Chevening sangat teliti dalam menjaring individu-individu yang berbakat, terutama berbakat dalam bidang kepemimpinan. Beasiswa ini memberikan fasilitas berupa biaya kuliah untuk master, biaya penyusunan tesis, biaya hidup, uang jajan bulanan, dan termasuk tiket perjalanan dari negara asal ke Inggris. Khusus untuk di Indonesia, kuotanya tidak terlalu banyak, ada sekitar 30an beasiswa yang diberikan. Jadi, persiapan mental dan kemamuan sangat dianjurkan untuk bisa menerima beasiswa ini.

 

Beasiswa Fulbright

Beasiswa di Luar Negeri

blog.rady.ucsd.edu

Jika Rekanbijak memiliki impian bersekolah di negeri Paman Sam, beasiswa luar negeri Fullbright bisa jadi solusi. Melihat betapa tingginya biaya hidup dan biaya kuliah, beasiswa dari pemerintah Amerika Serikat ini sangat membantu sekali untuk proses studi kita.

Beasiswa Fillbright ini ditawarkan ke sekitar 155 negara dengan jumlah alokasi pertahunnya sekitar 7000-8000 beasiswa. Di Indonesia, beasiswa ini dikelola oleh oleh AMINEF, lembaga yang mengurusi kerjasama pertukarang pelajar Amerika Serikat dan Indonesia. Selain itu, beasiswa Fullbright ini juga ditawarkan dengan berbagai jenis, seperti Fullbright Presidential Scholarship, Fullbright-Freeport Master’s Degree Program, Fullbright Master of Science & Technology, dan lain sebagainya.
Buat kamu yang bisa mendapatkan beasiswa ini, kamu akan mendapatkan kesemaptan untuk melanjutkan studi S2 atau S3 di berbagai kampus terkenal di Amerika Serikat. Tunjangan yang akan kamu dapatkan biasanya berupa tunjangan biaya kuliah, tunjangan buku, uang jajan bulanan, tiket pesawat dari Indonesia ke Amerika dan ke Indonesia lagi, dan asuransi.
Beasiswa Australia Awards Scholarship
Beasiswa di Luar Negeri

www.quipper.com

Selain Benua Eropa dan Amerika, kita juga bisa mencari beasiswa di benua Australia.
Australia masih menjadi destinasi tempat kuliah favorit mahasiswa Indonesia. Selain faktor geografisnya yang dekat dengan Indonesia, dan kualitas pendidikannya yang tidak kalah bagus, Australia juga memiliki beberapa beasiswa unggulan. Salah satu beasiswa yang sangat terkenal di Australia adalah beasiswa AAS (Australia Awards Scholarship), dulunya bernama Australian Development Scholarship (ADS). Beasiswa ini diberikan oleh pemerintah Australia untuk mahasiswa yang berasal dari negara berkembang di benua Asia, Afrika, dan Amerika Latin, termasuk disini adalah Indonesia.
Untuk Indonesia sendiri, beasiswa AAS  hanya diberikan kepada mahasiswa untuk studi S2 dan S3. Untuk pilihan universitas, kita bisa memilih universitas yang ditawarkan. Rata-rata adalah universitas yang terbaik di Australia.
Jika kita beruntung mendapatkan beasiswa AAS ini, kamu akan mendapatkan tunjangan berupa biaya kuliah, tunjangan hidup, pelatihan bahasa Inggris, asuransi kesehatan, tiket pesawat, dan banyak lain fasilitasnya. Kabar baiknya adalah, Indonesia menjadi salah satu negara yang mendapatkan prioritas utama dalam pemberian beasiswa ini. Jadi, buat kamu yang ingin kuliah di Australia, siapkan dirimu sebaik mungkin.

Beasiswa Erasmus +

Beasiswa di Luar Negeri

manoa.hawaii.edu

Jika beasiswa luar negeri yang kita incar adalah Negeri Kincir Angin, Beasiswa Erasmus + (sebelumnya Erasmus Mundus) layak menjadi pertimbangan. Beasiswa ini juga tidak hanya memberikan kita besisiwa di Belanda saja. Beasiswa ini dikelola dengan dana besar karena melibatkan konsorsium sejumlah negara. Sekitar 27 negara di Eropa ikut serta. Pada periode 2009-2013 saja, ada 5.300 beasiswa S2 ditawarkan dan 440 beasiswa disediakan untuk studi S3.
Erasmus + sendiri merupakan ajang promosi untuk memperkenalkan negara-negara di Eropa bagi masyarakat luar. Ratusan jenis beasiswa ditawarkan melalui konsorsium yang sudah dibentuk. Selain menanggung biaya kuliah di Eropa, beasiswa Erasmus Mundus juga menanggung biaya hidup, tempat tinggal, asuransi, dan biaya perjalanan.

 

Beasiswa Gate Cambrige

Beasiswa di Luar Negeri

www.cosmopolitan.com

Saat ini banyak sekali pemuda-pemudi yang berniat mengejar pendidikan ke Britania Raya. Gates Cambridge Scholarship adalah program beasiswa Bill and Melinda Gates Foundation yang ditujukan bagi Universitas Cambridge Inggris. Beasiswa ini sangat prestisius karena menjaring orang-orang brilian dari seluruh dunia dengan kompetisi begitu ketat. Lebih dari 4.000 pelamar yang mendaftar ke beasiswa ini setiap tahun. Kuota beasiswa yang disiapkan sekitar 90 per tahun.

Keuntungan bagi kita yang memperoleh beasiswa Gates Cambridge di antaranya mendapat tanggungan biaya kuliah, tunjangan sebesar £ 13.000 poundsterling, tiket pesawat, tunjangan keluarga, dan kebutuhan lainnya. Beasiswa ini mencari pelamar dengan prestasi brilian, memiliki jiwa kepemimpinan, dan punya komitmen terhadap kehidupan sosial.

 

Beasiswa Eiffel

Beasiswa di Luar Negeri

www.timeshighereducation.com

Kuliah di Perancis bukan hal mustahil bagi kita. Beasiswa Eiffel menjadi salah satu jalan menggapai impian ke sana. Beasiswa Eiffel menawarkan kesempatan studi S2 dan S3 di sejumlah universitas di Perancis. Pelamar yang berhasil akan mendapatkan tunjangan bulanan 1.000 – 1.400 euro, tiket perjalanan, asuransi kesehatan, dan tunjangan akomodasi. Biaya hanya dikeluarkan ketika melakukan pendaftaran di universitas yang dituju. Sementara biaya kuliah, Pemerintah Perancis memberikan bantuan sekitar 10.000 Euro, baik warga Perancis maupun pelajar dari negeri lain. Biaya kuliah di Perancis sendiri terbilang murah, sehingga banyak di antara mereka yang tidak mempermasalahkannya. Kita bisa mendapatkan beasiswa luar negeri di negara Perancis suatu hal yang mustahil untuk kita semua.

 

Beasiswa Monbukagakusho

Beasiswa di Luar Negeri

www.s.u-tokyo.ac.jp

Beasiswa Monbukagakusho bisa menjadi jalan bagi yang berminat melanjutkan studi ke Negeri Sakura. Setiap tahun beasiswa luar negeri pemerintah Jepang ini ditawarkan melalui masing-masing kedutaan, atau berdasarkan rekomendasi universitas di Jepang semisal pertukaran mahasiswa. Beasiswa Monbukagakusho memiliki alumni hingga 92.000 yang tersebar di 160 negara. Setiap tahun ribuan mahasiswa asing kuliah di Jepang melalui beasiswa Monbukagakusho.

Pada saat ini sekitar 5.400 siswa Indonesia tengah melanjutkan pendidikannya di Jepang. Dari jumlah tersebut, sebagian besar adalah mereka yang menerima beasiswa, baik dari pemerintah Jepang, instansi maupun perusahaan lainnya. Beasiswa Pemerintah Jepang yang cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia adalah beasiswa dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olah Raga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Jepang (Monbukagakusho/ MEXT). Beasiswa ini meliputi biaya studi dan biaya hidup, tanpa ikatan dinas.

Raihlah mimpi kita hingga kita mendapatkannya, mendapatkan beasiswa di luar negeri memang bukan perkara mudah, namun semua itu tidak mustahil bila kita berjuang dan berdoa, yang terpeting kita memiliki tujuan baik untuk meraih pendidikan setinggi mungkin. Berjuanglah dan belajar yang giat hingga kita mendapakan beasiswa yang kita impikan.

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: