7 Tips Cerdas Mengatur Keuangan bagi Ibu Rumah Tangga!

Menjalani kehidupan rumah tangga tidak semudah yang di lihat, segala aspek dalam kehidupan berumah tangga merupakan kesepakatan atau keputusan bersama, antara kepala rumah tangga yaitu laki-laki, dan ibu rumah tangga yaitu perempuan. Salah satu aspek yang merupakan keputusan bersama yaitu mengenai keuangan.

7 Tips Cerdas Mengatur Keuangan bagi Ibu Rumah Tangga!

7 Tips Cerdas Mengatur Keuangan bagi Ibu Rumah Tangga!

Pada umumnya, pihak yang berkewajiban untuk mencari uang atau nafkah yaitu kepala rumah tangga, yang merupakan seorang laki-laki. Kemudian, ibu rumah tangga berperan sebagai orang yang mengatur keuangan sebuah rumah tangga. Sering kali, seorang ibu rumah tangga atau istri, sulit untuk mengatur keuangan rumah tangga, karena, adanya berbagai hambatan yang ada. Sehingga, membuat keuangan rumah tangga mengalami krisis. Lalu, bagaimana ya caranya mengatur keuangan bagi ibu rumah tangga?

Baca Juga : 8 Tips Mengatur Keuangan Keluarga Dengan Mudah

Ajak Pasangan Untuk Bicara

IbuSumber : IbuDanMama.com

Tips atau cara cerdas yang pertama yaitu dengan mengajak pasangan untuk berbicara. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa, dalam sebuah rumah tangga, kepala rumah tangga yaitu suami juga memiliki peran yang sangat penting. Salah satu peran penting seorang kepala rumah tangga yaitu mengetahui arus keuangan rumah tangga. Untuk itu, dalam mengatur keuangan rumah tangga, kepala rumah tangga juga harus melibatkan diri, karena, ibu rumah tangga akan sulit mengatur keuangan, jika kepala rumah tangga yang merupakan orang yang mencari nafkah tidak ikut mengambil peran.

Seorang suami yang merupakan kepala rumah tangga harus transparan mengenai penghasilan yang didapatkan, sehingga seorang istri dapat mudah mengatur keuangan. Selain itu, dengan melibatkan kepala rumah tangga dapat membantu seorang istri mengetahui apa saja hal yang ingin kepala rumah tangga lakukan mengenai keuangan rumah tangga. Dan, dengan mengajak pasangan berbicara mengenai mengatur keuangan, dapat membuat Rekan Bijak dengan pasangan lebih harmonis, karena tidak ada hal yang dirahasiakan.

Baca Juga : 5 Langkah Jitu Mengatur Keuangan Rumah Tangga Pasangan Baru

Skala Prioritas

IbuSumber : wartaekonomi.co.id

Tips cerdas selanjutnya yang dapat Rekan Bijak lakukan yaitu dengan menentukan skala prioritas. Membuat skala prioritas ini dapat mempermudah Rekan Bijak untuk mengetahui kebutuhan mana yang harus dipenuhi terlebih dahulu, dan mana kebutuhan yang bisa dipenuhi belakangan. Dengan membuat skala prioritas ini, maka, bisa menghindarkan Rekan Bijak dari telat bayar, hingga menghindarkan Rekan Bijak dari berbagai denda yang ada. Hal pertama yang perlu Rekan Bijak lakukan untuk membuat skala prioritas yaitu mengetahui berapa uang yang dipunya, dan berapa banyak tagihan yang dimiliki. Setelah, mengetahui hal tersebut, selanjutnya Rekan Bijak bisa membuat perhitungan anggaran rumah tangga dan daftar keperluan yang harus didahulukan.

Baca Juga : 6 Jenis Prioritas Keuangan Bagi Pasangan Muda

Bagi Simpanan Keuangan

IbuSumber : moneysmart.id

Selanjutnya, tips cerdas mengatur keuangan yaitu dengan membagi simpanan keuangan. Membagi simpanan keuangan sesuai fungsi, serta kebutuhan bisa mempermudah Rekan Bijak dalam mengatur keuangan, karena, Rekan Bijak tidak perlu takut uang untuk kebutuhan primer digunakan atau terpakai untuk kebutuhan lainnya. Membagi simpanan keuangan ini, bisa Rekan Bijak pisahkan seperti kebutuhan sehari-hari, liburan, pendidikan anak, dan masih banyak lagi.

Supaya mempermudah Rekan Bijak dalam mengemat pengeluaran, Rekan Bijak dapat menabungkan sejumlah uang perhari sesuai dengan simpanan keuangan yang telah Rekan Bijak pisahkan. Dan, Rekan Bijak dapat meminta seluruh anggota keluarga untuk ikut menabung, supaya simpanan keuangan semakin cepat bertambah.

Baca Juga : 6 Macam Kebiasaan untuk Meningkatkan Saldo Tabungan

Catat Pengeluaran dan Pemasukan

IbuSumber : finansialku.com

Tips cerdas yang selanjutnya yaitu dengan mencatat pengeluaran dan pemasukan. Dalam membuat catatan pengeluaran serta pemasukan, sebaiknya Rekan Bijak buat secara detail, yaitu membuat secara harian. Saat membuat catatan ini, catatlah semua pengeluaran dan pemasukan, hingga kebagian terkecil, seperti membeli siomay dengan harga Rp5.000.

Tujuan dari membuat catatan pengeleuran dan pemasukan yaitu dapat membantu Rekan Bijak arus keuangan rumah tangga, sehingga tidak akan mengalami krisis. Tidak bisa dipungkiri, membuat catatan pengeluaran dan pemasukan secara detail, merupakan hal yang ribet, dan sulit. Akan tetapi dapat menimbulkan dampak positif untuk Rekan Bijak dan pasangan, yaitu bisa membuat keuangan rumah tangga tetap stabil.

Baca Juga : 7 Macam Alokasi Dana yang Perlu Ada dalam Pengeluaran

Rencanakan Belanja Bulanan

IbuSumber : kabarnusantaranews.com

Tips cerdas yang berikutnya yaitu merencanakan belanja bulanan. Tidak bisa dipungkiri, setiap bulannya dalam rumah tangga harus belanja bulanan untuk memenuhi berbagai kebutuhan rumah tangga itu sendiri. Bagi beberapa ibu rumah tangga, belanja bulanan merupakan kegiatan yang dapat membuat keuangan cepat habis.

Untuk itu, sebaiknya Rekan Bijak rencanakan terlebih dahulu sebelum belanja bulanan. Rencana yang dimaksud yaitu dengan membuat daftar barang yang harus dibeli secara detail. Buatlah daftar belanja dengan mencantumkan perkiraan harga, supaya Rekan Bijak bisa memperkiraan seberapa banyak uang yang harus dibawa, dan dikeluarkan. Dengan merencanakan belanja bulanan, maka, Rekan Bijak dapat menghemat pengeluaran rumah tangga.

Baca Juga : 6 Strategi agar Belanja Bulanan Tak Jadi Beban

Hindari Hutang

IbuSumber : hellosehat.com

Tips selanjutnya yaitu hindari hutang. Salah satu hal yang membuat Rekan Bijak sulit mengatur keuangan rumah tangga yaitu adanya hutang. Untuk itu, sebaiknya Rekan Bijak dan pasangan hindari hutang. Tidak bisa dipungkiri, terkadang ada suatu keadaan keuangan rumah tangga dalam keadaan krisis, sehingga membuat satu pasangan yang sudah menikah memutuskan untuk berhutang.

Akan tetapi, Rekan Bijak dapat menghindari hutang walaupun dalam keadaan krisis keuangan rumah tangga sekalipun. Salah satu caranya yaitu dengan menyiapkan dana darurat dari jauh-jauh hari, sebelum terjadinya krisis keuangan rumah tangga. Dengan mempersiapkan dana darurat, maka, bisa menghindari Rekan Bijak dan pasangan dari hutang.

Baca Juga : 5 Tips Jitu Lunasi Utang Bagi Pasangan Baru

Hobi Jadi Penghasilan

IbuSumber : sahabatpegadaian.com

Tips cerdas yang terakhir yaitu menjadikan hobi sebagai penghasilan. Tidak bisa dipungkiri, zaman sekarang, segala macam mengalami kenaikan, bahkan bisa dibilang mahal. Untuk itu, seorang ibu rumah tangga sekalipun harus memiliki penghasilan, supaya dapat membantu perekonomian keluarga. Bagi, Rekan Bijak yang merupakan ibu rumah tangga yang bukan seorang wanita kariri, Rekan Bijak bisa menjadikan hobi sebagai penghasilan, seperti hobi make up, maka, Rekan Bijak bisa menjadi seorang make-up artist.

Baca Juga : 8 Jenis Bisnis dan Usaha untuk Ibu Rumah Tangga

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan tips cerdas mengatur keuangan bagi ibu rumah tangga? Jika belum, Rekan Bijak dapat membaca kembali artikel di atas ya!

Baca Juga : 6 Cara Praktis dan Sukses Mengatur Keuangan Keluarga

Ibu

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: