7 Tips Menghemat Tagihan Listrik

Konsumsi listrik merupakan salah satu pengeluaran yang seringkali tidak kita sadari. Setiap hari ada banyak aktivitas kita yang menggunakan daya listrik, mulai dari mengisi ulang daya gadget, menonton TV, mencuci baju dan sebagainya.

7 Tips Menghemat Tagihan Listrik

7 Tips Menghemat Tagihan Listrik

Tagihan listrik yang semakin naik tarifnya membuat kita cukup kewalahan, namun banyak cara agar tagihan listrik akhir bulan kita bisa hemat. Terkadang kita tidak sadar kalau kita sering berlebihan dalam mengkonsumsi listrik untuk kebutuhan sehari-hari, walaupun hanya terlihat kecil, seperti luma mematikan lampu kamar di siang hari, menyelakan ac pada saat kamar kosong. Tak heran jika di penghujung bulan tagihan listrik menjadi pengeluaran utama yang menyedot banyak biaya. Untuk menghindari tagihan listrik yang membengkak maka Anda harus menghemat pemakaian listrik setiap hari.

 

Matikan Lampu Pada Jam Tertentu

Kebiasaan menggunakan lampu pada siang hari merupakan suatu pemborosan. Padahal, kita dapat mengandalkan sinar matahari sebagai sumber penerangan di siang hari. Oleh karena itu, nyalakan lampu hanya pada malam hari saja. Gunakan jadwal yang tetap, seperti misalnya waktu atur waktu penyalaan lampu pada jam 5 Sore, lalu matikan lampu pada jam 11 malam pada saat kita hendak tidur, begitupula seterusrnya.

 

Cabut Kabel-kabel Pada Saat Tidak Digunakan

Tagihan Listrik

www.MerahMuda.com

Biasanya kita memiliki kebiasaan membiarkan charger masih tercolok pada saklar meskipun tidak sedang digunakan? Tahukah kita bahwa arus listrik akan tetap mengalir pada perangkat yang masih terhubung pada saklar, meskipun peralatannya dalam keadaan mati? Akibatnya, listrik akan terbuang sia-sia. Sebaiknya, cabut kabel dan peralatan dari saklar jika tidak digunakan.

Gunakan Alat yang Menggunakan Listrik Seperlunya Saja

Hal ini berlaku untuk kita yang kerap kali menyalakan alat-alat yang menggunakan listrik meskipun tidak digunakan. Misalnya, televisi dinyalakan begitu saja sembari melakukan aktivitas yang lain seperti mengobrol dan menelpon.

Tanpa disadari, televisi yang terus menyala ini akan membuat pemakaian listrik kita menjadi cukup besar. Solusinya, matikan alat-alat yang mengandalkan daya listrik ketika kita tidak menggunakannya atau ingin melakukan aktivitas yang lainnya.

Gunakan Lampu LED

Tagihan Listrik

www.Viva.co.id

Saat ini sudah ada teknologi lampu LED yang tentunya lebih hemat penggunaan daya listriknya? Lampu LED memiliki cahaya yang sama terangnya dengan lampu dengan watt normal. Hanya saja harga beli lampu LED ini bisa dua kali lipat lebih mahal dibanding lampu biasa.

Selain hemat watt listrik, lampu LED juga lebih awet dan tahan lama. Jadi, tak ada salahnya untuk membayar lampu dengan harga yang lebih mahal asalkan lebih hemat listrik dan kita pun tidak perlu sering-sering berganti lampu.

Pilih Mesin Cuci Sesuai Kebutuhan

Mesin cuci sangat membantu meringankan pekerjaan rumah tangga kita. Sebaiknya pilih mesin cuci sesuai kapasitas jumlah pakaian sehari-hari agar daya listrik tidak mubazir.

Usahakan untuk mencuci pakaian tidak melebihi kapasitas mesin cuci. Dengan menambah beban kapasitas, mesin cuci otomatis akan menambah daya untuk bekerja. Ini akan membuat tagihan listrik membengkak.

Nyalakan AC Seperlunya

Tagihan Listrik

pedulisehat.info

AC salah satu alat elektronik yang memakan daya listrik cukup besar. Karena itu, wajib diperhatikan pemakaiannya. Hindari memasang suhu terlalu kecil karena akan memakan daya lebih besar. Ada baiknya menggunakan AC cukup di malam hari saja saat akan beristirahat tidur.

Gunakan timer agar AC dapat mati dengan otomatis di tengah malam. Tak perlu menggunakan AC hingga pagi datang. Cara ini cukup efektif menghemat tagihan listrik kita.

Matikan Alat Elektronik Sebelum Tidur

Tagihan Listrik

bodymindinstitute.com

Beberapa orang memiliki kebiasaan membiarkan televisi tetap menyala saat tidur. Ini merupakan bentuk pemborosan yang dapat meningkatkan tagihan listrik bulanan. Maka dari itu, biasakan diri untuk mematikan semua alat elektronik sebelum tidur.

Tidak hanya televisi, sebaiknya lampu juga dimatikan. Kurangi pula kebiasaan mengisi baterai ponsel saat tidur. Karena selain akan membuat baterai ponsel mudah rusak, cara tersebut juga memicu penggunaan energi listrik lebih banyak dan membuat tagihal listrik membengkak.

Semoga dengan cara ini, Rekanbijak bisa mengontrol pemakaian listrik bulanan. Selamat mencoba.

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: