7 Tips Menyelesaikan Hutang Kartu Kredit

7 Tips Menyelesaikan Hutang Kartu Kredit. Artikel ini memberikan tips bagi Rekan Bijak yang sedang terlilit atau kewalahan membayar hutang kartu kredit. Diharapkan dengan adanya tips ini kita bisa terbebas dari hutang kartu kredit.

7 Tips Menyelesaikan Hutang Kartu Kredit

7 Tips Menyelesaikan Hutang Kartu Kredit

Hutang kartu kredit dapat tumbuh dengan cepat dan banyak orang berjuang untuk mengelola dan mencicil utang. Lakukan persiapan, ikuti anggaran, dan pahamilah langkah-langkah yang harus diambil untuk membantu Rekan Bijak terbebas dari hutang kartu kredit dan mengembalikan reputasi baik kita. Jangan sampai kita terlilit hutang kartu kredit dalam jangka waktu yang panjang. Simak tulisan tentang 7 Tips Menyelesaikan Hutang Kartu Kredit  berikut ini.

Pahami Kondisi Keuangan Sendiri

Hutang kartu kredit

Sumber : joojoobs.com

Hal utama yang harus dipahami adalah kondisi finansial kita sendiri. Kita harus bisa mengerti berapa pendapatan kita tiap bulannya, jangan sampai besar pasak dari pada tiang. Usahakan hidup hemat walaupun tinggal di Ibukota, jangan sampai kita berhutang dengan kartu kredit hanya karena mengikuti gaya hidup yang tidak sehat. Jika kita memiliki lebih dari satu kartu kredit dengan limitnya, maka kita harus tahu pasti detailnya masing-masing (nama kertu kredit dan bunga). Akan membantu jika kita memahami berapa banyak yang bisa disimpan untuk membayar hutang. Selanjutnya buatlah daftar pemasukan dan pengeluaran. Jika pengeluaran melebihi pemasukan maka Rekan Bijak perlu memperbaiki keuangan.

 

Membuat Daftar Prioritas

Hutang Kartu Kredit

Sumber : www.futuready.com

Jika Rekan Bijak memiliki lebih dari dua kartu kredit, dan semuanya menunggak hutang. Pilihlah yang terbaik menjadi pilihan kita, karena yang paling tahu kondisi keuangan adalah kita sendiri. Lunasilah tunggakan kartu kredit yang bunganya paling besar dahulu. Mengapa? Karena bunga tagihan itu bisa membuat kamu makin miskin bila tidak cepat diatasi. Hutang tidak akan bisa selesai jika kita tidak mengetahuinya. Kita perlu menjabarkan setiap hutang berikut tanggal jatuh temponya untuk menentukan prioritas pembayaran. Sisihkanlah waktu untuk duduk sejenak dan menuliskan seluruh daftar hutang yang menumpuk, dan kita sudah siap menentukan prioritas pembayaran. Setelah kartu kredit tersebut lunas, kita bisa fokus dengan kartu kredit yang tunggakan bunga dan tagihannya lebih kecil.

 

Melunasi Kartu Kredit Dengan Bunga Terbesar

Hutang Kartu Kredit

Sumber : www.finansialku.com

Lunasilah tunggakan kartu kredit kita yang bunganya paling besar terlebih dahulu. Karena bunga tagihan itu bisa membuat kita makin terkuras bila tidak cepat diatasi. Contohnya, kita memiliki dua kartu kredit dengan tagihan yang cukup besar. Budget untuk membayar dua kartu kredit adalah Rp2 juta setiap bulannya. Tagihan minimum kartu kredit A adalah Rp.500 ribu dengan bunga 4 persen. Sementara tagihan minimum kartu kredit B adalah Rp.400 ribu dengan bunga 3 persen. Disarankan untuk membayar tagihan minimum untuk kedua kartu kredit itu yaitu totalnya Rp 900 ribu.

Sementara sisa dari budget yang sudah dialokasikan bisa untuk membayar hutang tunggakan untuk kartu kredit A. yang bunganya lebih tinggi. Jadi Anda membayar untuk kartu kredit A yaitu Rp500 ribu + Rp1.1 juta yaitu totalnya Rp1.6 juta. Meskipun pembayaran tagihan minimum tidak disarankan, tetapi cara ini bisa dilakukan bila kita benar-benar tidak memiliki uang untuk melunasi semua tagihan. Setelah kartu kredit yang memiliki tunggakan paling tinggi itu lunas, kita bisa lanjut fokus dengan kartu kredit yang tunggakan bunga dan tagihannya lebih kecil.

Fokus Lunasi Hutang Kartu Kredit

hutang kartu kredit

Sumber : www.maxmanroe.com

Jika ingin cepat terbebas dari lilitan hutang, kita perlu fokus dan membuat prioritas pelunasan hutang. Jangan sampai kita terlena rayuan belanja yang hanya akan mengurangi niat kita untuk melunasi tunggakan kartu kredit. Ingatlah juga gaya hidup yang sederhana, cobalah menemukan cara mengurangi pengeluaran per bulan supaya Anda dapat menggunakan uang lebih banyak untuk mencicil kartu kredit. Sasarlah pengeluaran tidak tetap yang terdaftar pada anggaran untuk menemukan cara menghemat uang, misalnya; membawa bekal makanan dari rumah daripada makan di luar, buatlah kopi di rumah daripada membeli minuman kopi mahal, acuhkanlah pengeluaran yang dapat menunggu hingga nanti, misalnya pakaian / sepatu baru.

Transfer saldo hutang kartu kredit

hutang kartu kredit

Sumber : www.rediff.com

Jika kita tidak mampu menegosiasikan tingkat suku bunga hutang kartu kredit kita bisa pertimbangkan transfer saldo. Kita tinggal memindahkan hutang kartu kredit dengan bunga tertinggi ke kartu kredit dengan bunga paling rendah. Ini akan memberi keuntungan dengan fokus pada satu pembayaran setiap bulan. Kita bisa mendapatkan pengurangan pembayaran bulanan jika riwayat kredit kita positif. Bacalah aturan kartu kreditnya dengan seksama karena ada biaya untuk transfer saldo kartu kredit ini.

Berhenti membuat Hutang

hutang kartu kredit

Sumber : installmentcredits.com

Jangan membuat hutang baru lagi pada kartu kredit kita, khususnya pada rekening yang memiliki bunga lebih tinggi dan yang mendekati atau melebihi limit kredit kita. Jika diperlukan, potonglah kartu supaya kita tidak akan menggunakannya dengan impulsif.

Pemasukan Tambahan

hutang kartu kredit

Sumber : www.cermati.com

Hutang kartu kredit yang menumpuk harus disikapi dengan niat untuk membayarnya. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mencari pemasukan tambahan untuk membayar hutang tersebut. Aktivitas mencari tambahan pemasukan ini bisa kita lakukan saat weekend atau malam hari sepulang dari pekerjaan rutin. Jika kita punya keterampilan khusuh kita bisa manfaatkan untuk penhasilan tambahan agak kondisi keuangan kita tetap stabil walaupun sedang membayar hutang kartu kredit. Misalnya dengan membuat panganan camilan dan menjualmya dengan rekan kerja di kantor, membuat pre-order kue bagia yang mempunyai keahlian membuat kue, menjadi drop-shipper di online shop, menjadi fotografer atau menjadi penulis lepas

Sebenernya hidup sederhanya dalah kunci agar kita terbesas dari hutang apapun, ingatlah masa depan dan hari tua kita, banyak yang harus kita simpan agar kehidupan kita terjamin hingga hari tua. Jangan sampai karena hutang kartu kredit kita sampai mengorbankan uang apalagi sampai menjual asset-asset berharga kita. Semoga ulasan  7 Tips Menyelesaikan Hutang Kartu Kredit bisa membatu Rekan Bijak terbebas dari hutang kartu kredit.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: