7 Tips Rumah Tetap Aman Saat Ditinggal Mudik

Lebaran sebentar lagi. Itu berarti euphoria mudik juga sudah mulai terasa. Apa saja yang perlu disiapkan agar rumah tetap aman saat ditinggal mudik? Simak tipsnya dalam artikel berikut!

7 Tips Rumah Tetap Aman Saat Ditinggal Mudik

7 Tips Rumah Tetap Aman Saat Ditinggal Mudik

Pulang ke kampung halaman pada saat mudik adalah hal yang membutuhkan banyak persiapan, tidak hanya memikirkan perjalanan mudik, namun kita juga harus memikirkan keadaan dan keamanan rumah kita pada saat kita mudik. Apalagi untuk kita yang tinggal di kota besar dan ramai. Agar kita tidak terlalu resah pada saat meninggalkan rumah, mari kita simak 7 Tips Rumah Tetap Aman Saat Ditinggal Mudik.

Titipkan Rumah Pada Orang Terpercaya

mudik aman

Sumber : inhabitat.com

Pada saat mudik dan akan meninggalkan ruma dalam waktu lama, kita bisa percakan rumah kita pada saudara yang tidak mudik ataupun teman dekat kita, hal ini lebih baik, karena ada yang membantu mengurus dan menjaga rumah kita. Pastikan orang yang benar-benar dekat dengan kita. Kita bisa juga mengkoordinasikan hal ini kepada RT/RW setempat, agar member perhatian khusus untuk penjagaan rumah kita.

Memasang Alarm

aman

Sumber : www.innov8security.co.uk

Jika tidak ada orang yang bisa membantu kita untuk menjaga rumah, alangkah kita memasang alarm di rumah untuk keamanan ekstra. Kita juga bisa memakai gembok beralarm untuk pagar rumah. Alarm akan berbunyi dengan nyaring saat rumah kita dimasuki secara paksa. Sehingga, tetangga dan petugas keamanan bisa langsung bertindak saat mendengar bunyi alarm tersebut.

Cabut Semua Aliran Listrik, Air dan Gas

aman

Sumber : www2.comunitaria.com.

Selain menghindari penjahat atau perampok, bencana yang terjadi karena kebakaran juga bisa berpotensi. Bisa terjadi penyebabnya karena listrik arus pendek atau korsleting, Matikanlah semua aliran listrik alat-alat elektronik, seperti: komputer, televisi, radio, pompa air, dispenser, AC dan alat elektronik lainnya yang dapat menimbulkan korsleting yang menjadi salah satu pemicu kebakaran. Usakan rumah kita aman dari bencana atau kelalaian.

Simpan Barang-barang Berharga

aman

Sumber : ndikhome.com

Ita akan pergi meninggalkan rumah dalam waktu yang cukup lama. Sebaiknya simpan semua barang-barang berharga, seperti uang kas simpanan, perhiasan dan surat-surat yang penting di tempat yang memiliki kunci, seperti laci kecil dalam lemari atau brankas. Bawa kunci tersebut agar tidak ada yang bisa membukanya selagi kita meninggalkan rumah.

Tutup Rapat Pintu dan Jendela

aman

Sumber : sgcka.co.id

Jangan sampai kita lupa mengunci pintu karena kita terlalu semangat untuk pergi mudik. Mengunci pintu dan jendela adalah hal yang paling penting dilakukan saat akan meninggalkan rumah. Mulai dari pintu kamar, pintu rumah hingga pintu pagar.  Pintu dan jendela adalah jalan utama masuknya pencuri jika ia melihat peluang pintu atau jendela yang tidak tertutup rapat. Jangan sampai kita lupa mengunci semua pintu dan jendelamu. Selain itu, jangan meninggalkan kunci di bawah keset, pot, atau tempat lainnya karena kunci yang kita tinggalkan di tempat-tempat seperti itu sangat tidak aman dan mudah sekali ditemukan oleh pencuri.

Tutup Semua Lubang Pembuangan

aman

Sumber : www.home.co.id/

Hal ini juga penting untuk kita lakukan, selain menjaga keamanan menjaga kebersihan rumah juga merupakan hal penting kita pergi mudik. Tutuplah lubang kloset, lubang pembuangan air, lubang septiteng, jangan sampai rumah kita malah dihuni banyak nyamuk, kecoa atau tikus yang masuk dari lubang-lubang tersebut.  Sebelum berangkat mudik bersihkanlah seluruh ruangan di rumah kita dan menutup lubang-lubang pembuangan sebelum kita pergi. Jangan lupa buang sampah yang ada di semua tempat sampah di rumah supaya nggak timbul bau busuk dari sampah-sampah tersebut. Kita juga bisa menyebarkan kamper atau obat pengusir serangga di dekat lubang atau sudut-sudut rumah agar aman dari serangan serangga yang bisa menyebabkan penyakit.

Tidak Gembar-gembor Soal Mudik

aman

Sumber : www.travelvoice.jp

Usahakan tidak perlu heboh sana-sini soal kita akan mudik, terutama tidak bercerita di media social, apalagi sampai menaruh tanggal atau hari kapan kita akan mudik, karena tidak semua orang yang ada di media social itu kita kenal baik. Saat ini sudah banyak orang jahat melihat peluang dari social media, jangan sampai kita membuka peluang itu hanya karena membagikan cerita sembarangan.

Semoga 7 Tips Rumah Tetap Aman Saat Ditinggal Mudik ini berguna untuk Rekan Bijka yang akan mudik, Happy Holiday 🙂

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: