7 Tips Raih Beasiswa & Sukses Kuliah di Luar Negeri

Meski terdapat sejumlah beasiswa yang dapat dipilih, institusi yang mengeluarkannya memiliki aturan ketat soal pemilihan calon penerimanya. Untuk itu, pastikan kota benar-benar siap berjuang untuk bisa mendapatkan salah satunya. Beberapa tips di bawah ini bisa kita lakukan untuk mendapatkan beasiswa kuliah ke luar negeri.

7 Tips Raih Beasiswa & Sukses Kuliah di Luar Negeri

7 Tips Raih Beasiswa & Sukses Kuliah di Luar Negeri

Perlu diingat bahwa prestasi di bidang akademik adalah kunci utama yang akan menentukan keberhasilan seseorang dalam mendapatkan beasiswa ke luar negeri. Jika saat ini kita tengah menempuh pendidikan di SMA atau bangku kuliah, maksimalkanlah prestasi akademik sebaik mungkin. Kemampuan di bidang akademik adalah tolak ukur seberapa seriuskah kita dalam menempuh pendidikan. Perlu diketahui, sejumlah institusi yang memberikan beasiswa akan menjadikan prestasi akademik seseorang sebagai poin utama dalam menyeleksi para calon. Diantaranya adalah;

Latih Kemampuan Bahasa Inggris dan Bahasa Asing Lainnya

Kuliah

www.inc.com

Melatih kemampuan berbahasa Inggris dengan fasih ialah sebuah kewajiban jika ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Beberapa negara akan menguji kemampuan berbahasa Inggris tersebut tes TOEFL atau IELTS  digunakan sebagai standar. Asahlah ilmu Bahasa Inggris kita hingga nilai test kita mencapai nilai maksimal, maka dari itu bisa dipastikan kita akan mendapatkan skor yang tinggi pada saat menghadapi ujian TOEFL atau IELTS. Ada beberapa tes yang akan dilakukan untuk menguji kemampuan bahasa asing kita. Selain itu, kita juga diwajibkan memiliki skor TOEFL >550 dan nilai IELTS >6,5. Oleh karena itu, persiapkan diri kitasedini dan sebaik mungkin dengan mengasah kemampuan bahasa asing untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri.

Tidak hanya kemampuan Bahasa Inggris saja, kemampuan berbahasa asing juga perlu diperhatikan, apalagi jika negara kuliah kita tujuannya tidak menngunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa pengantar. Seperti misalnya; Jerman, Belanda, Paris, Jepang, Korea, dan lainnya. Buatlah diri kita sefasih mungkin agar kita bisa lulus dalam tahap seleksi, dan jika kita sudah sampai disana kita bisa dengan mudah memahami materi kuliah dan berbaur bersama masyarakat sekitar.

 

Aktif Dalam Organisasi pada Saat Sekolah atau Kuliah

Kuliah

rizkibeanpratama.wordpress.com

Akan sangat menguntungkan jika kita memiliki perngalaman aktif dalam berorganisasi, baik pada saat sekolah dan kuliah. Belajar dengan giat dan forkus itu memang penting. Tetapi, bukan berarti kita tidak memiliki sejumlah waktu untuk kegiatan lain di luar belajar, misalnya kegiatan organisasi. Organisasi yang dimaksud di sini adalah organisasi yang berhubungan dengan pendidikan yang saat ini sedang atau pernah kita tempuh, misalnya OSIS atau Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM).

Sebagian besar institusi pemberi beasiswa akan merasa lebih tepat ketika memberikan fasilitas beasiswa mereka kepada seseorang yang aktif dan memiliki kemampuan yang baik dalam berorganisasi. Pertimbangannya, penerima dengan kategori ini akan jauh lebih mungkin untuk memberdayakan ilmu dan pengalaman yang kelak didapatkannya selama menempuh pendidikan. Selain itu jika kita aktif dalam organisasi kita akan memiliki jiwa kepemimpinan yang diasah pada saat berorganisasi.

 

Memiliki Prestasi dan Aktivitas di Luar Akademik

Kuliah

www.city-academy.com

Pihak admission officer akan mengecek nilai rapor yang dimiliki pelamar beasiswa. Meskipun begitu, penilaian tidak sepenuhnya bergantung pada nilai akademik di sekolah. Universitas tidak hanya mencari anak dengan nilai bagus di sekolah, tapi juga yang banyak kegiatan dan aktivitas di luar sekolah. Itu sangat membantu proses pendaftaran.

Prestasi lomba baik dalam bidang olahraga maupun sains juga menjadi nilai tambah. Aktivitas lain yang bersifat non-akademik dan ikut menjadi relawan di berbagai aktivitas mampu menarik admission officer. Sepak terjang non-akademik tersebut dapat menjadi bahan pertimbangan mengenai kontribusi apa yang bisa diberikan pelamar kepada universitas.

 

Curriculum Vitae

www.jmckell.com

Pihak institusi pemberi beasiswa akan berusaha mengenal diri kita lebih jauh. Biasanya, mereka akan memeriksa curriculum vitae (CV) yang dilampirkan oleh para calon. Buatlah CV sebaik mungkin dan hindari kesalahan ejaan di dalamnya. Jangan lupa untuk mencantumkan berbagai prestasi dan kegiatan penting yang pernah kita lakukan. Hal ini akan menjadi pertimbangan penting bagi para institusi dalam mengambil keputusan.

 

Persiapkan Application Essay

Kuliah

www.ivywise.com

Berbagai universitas di Amerika Serikat  DAN Uni Eropa disebut sebagai universitas bergengsi kelas dunia. Tidak heran jika jutaan orang dari berbagai penjuru dunia ikut melamar terutama di universitas. Maka untuk mengenal pelamar lebih jauh pihak universitas akanmeminta untuk menulis esai tentang personal statement yang menceritakan tentang diri kita. Esai ini harus menarik karena harus berbeda dari pendaftar lainnya. Kita harus menunjukka sisi yang tidak biasa, pilih alur cerita menarik yang bisa menggambarkan diri sendiri dan pengalaman yang membedakan diri dari orang lain. Namun tidak perlu bertele-tele. Dalam esai ini dianjurkan untuk menjadi diri sendiri dengan sentuhan yang bersifat personal dan tulus dalam menceritakan ketertarikan terhadap universitas dan jurusan yang diinginkan.

Paparkan dengan rinci, apa saja yang menjadi komitmen dan kontribusi yang dapat kita berikan kepada institusi pemberi beasiswa, termasuk bagaimana akan menerapkan ilmu yang dimiliki di negaramu kelak. Singkat dan padat. Susunlah surat ini dengan baik dan tepat agar kita sukses mendapatkan beasiswa. Personal statement juga akan membantu kita dalam menunjukkan siapa diri kita yang sebenarnya. Surat ini berisi mengenai pernyataan dan alasan mengapa kita menjadi orang yang paling tepat untuk mendapatkan beasiswa.

 

Letter of recommendation

Kuliah

www.template.net

Rekomendasi menjadi salah satu cara bagi pihak pemberi beasiswa untuk menentukan keputusan mereka. Dalam hal ini, kita akan diminta untuk melampirkan surat rekomendasi dari seseorang yang berwenang yang mengetahui rekam jejak akademis kita selama ini.

Biasanya hal ini diberikan staf pengajar/dosen untuk kita yang berstatus sebagai pelajar dan mahasiswa. Sementara bagi yang berstatus sebagai pekerja, kita bisa mendapatkannya dari supervisor atau manager area.

Surat rekomendasi ini akan menjadi bagian penting dari pengajuan lamaran kita, sehingga sangat tepat jika kita dapat memiliki sebuah rekomendasi yang baik. Selalu upayakan untuk memiliki rekam jejak yang baik di tempat kerja atau kuliah kita, sehingga kita tidak kesulitan untuk mendapatkan sebuah rekomendasi yang layak dari mereka yang berwenang untuk memberikannya.

 

Interview

Kuliah

brightsparks.com.sg

Tahap selanjutnya yang akan kita lewati setelah lolos seleksi berkas CV adalah wawancara. Tentunya tahap ini akan dilakukan menggunakan bahasa Inggris. Oleh karena itu, kita perlu mempersiapkan diri sebaik mungkin. Berlatihlah dengan baik sebelum melakukan wawancara yang sesungguhnya. Persiapan ini dipercaya efektif untuk membuat kita tampil percaya diri dan terhindar dari rasa gugup.

Meskipun memiliki kemampuan bahasa Inggris yang cukup baik, akan sangat tepat bila kita melatih kembali dan membiasakan diri untuk berbincang dalam bahasa Inggris. Ini akan mengatasi masalah kepercayaan diri kita ketika melakukannya nanti.

Inilah yang bisa kita lalukan untuk melamar beasiswa ke luare negeri. Dan yang paling penting jangan lupa selalu berusaha menambah ilmu, bekerja keras, dan yang pasti berdoa dan berserah diri kepada Tuhan. Semoga Rekanbijak yang ingin mendapatkan beasiswa ke luar negeri bisa mendapatkanya. Selamat belajar 🙂

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: