8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kredit Mobil

8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kredit Mobil

8 Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Kredit Mobil

Kredit Mobil memang menjadi solusi jika mengingat kebutuhan kita akan transportasi pribadi. Dengan harga mobil yang sangat mahal, membelinya secara tunai tentu sangat berat. Itulah kenapa kredit mobil sangat diminati banyak orang, lantaran sistem kredit mempermudah individu untuk mendapatkan mobil.

Kredit mobil tak hanya dilakukan untuk mobil baru saja, kendaraan second alias bekas pun kini juga banyak yang dikreditkan. Hal ini tentunya memberikan peluang lebih besar orang untuk memiliki mobil. Namun agar Rekanbijak tidak salah langkah bacalah tips berikut ini.

 

Tentukan Jenis Mobil

Kredit Mobil

www.otogrezz.com

 

Jenis mobil perlu dipertimbangkan jika kita ingin membeli sebuah mobil, terlepas apakah mobil tersebut baru atau bekas. Hal ini dilakukan agar mobil yang dibeli nantinya memberikan manfaat yang optimal bagi kita dan keluarga. Bagi yang masih single atau pasangan yang belum memiliki anak, mobil tipe sedan atau hatchback cukup cocok untuk dipilih. Tetapi jika sudah memiliki anak, jenis mobil yang lebih besar seperti Avanza, SUV kecil atau SUV 7 penumpang.

Pililah Penyedia Kredit yang Terpercaya

Kredit Mobil

www.flickr.com

Terdapat dua pilihan penyedia kredit mobil bekas, yaitu melalui bank ataupun leasing. Kita bisa memilih diantara keduanya. Jika kita memilih mengambil kredit mobil bekas pada leasing atau lembaga pembiayaan lebih menguntungkan dari pada bank dalam segi efisiensi waktu.

Proses persetujuan kredit mobil dengan menggunakan lembaga pembiayaan bisa lebih cepat jika dibandingkan dengan bank, apalagi jika leasing memiliki hubungan langsung dengan dealer mobil tertentu. Kita bisa mendapatkan semua informasi seputar kredit langsung dari dealer mobil tanpa perlu bolak-balik ke bank.

Namun pelayanan kredit mobil bekas melalui leasing bukan tanpa kelemahan. Inilah yang harus kita perhatikan, pada leasing suku Bunga kredit jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan bank. Belum lagi dengan beban cicilannya, jika sewaktu-waktu kita telat membayar kemungkinan mobil kita akan diambil pihak leasing.

Berbeda dengan bank, kredit mobil bekas melalui bank kecenderungannya suku bunga bank lebih rendah ketimbang di lembaga keuangan lain, walaupun prosesnya lebih lama. Selain itu bank juga lebih fleksibel dalam hal negosiasi ketika kita tidak mampu membayar cicilan. Jadi sebaiknya dahulukan kredit mobil di bank daripada leasing.

Perhitungkan Jangka Waktu Kredit dan Besar Suku Bunga

Jangka waktu kredit perlu untuk diperhitungkan dengan matang, karena akan mempengaruhi besarnya cicilan setiap bulan. Ada yang menawarkan jangka waktu 1 tahun, 3 tahun bahkan 5 tahun. Namun sebaiknya pilihlah yang jangka waktunya tidak terlalu singkat karena cicilan sudah pasti lebih besar. Hindari juga jangka waktu terlalu lama karena kitajuga akan mengeluarkan uang lebih banyak karena suku bunga yang dikenakan. Idealnya jangka waktu 3 tahun cocok untuk dipilih agar kjita dapat meminimalkan kerugian yang ditimbulkan.

Suku bunga juga turut diperhitungkan karena ini juga berpengaruh terhadap besarnya cicilan mobil. Bunga cicilan kredit mobil baru sebenarnya lebih murah yakni 3% per tahun, dibandingkan dengan kredit mobil bekas yang bunganya bisa mencapai 9% per-tahun. Namun biasanya perusahaan yang baik dan mapan keuangannya akan menetapkan suku bunga yang lebih rendah sehingga cicilan kita bisa lebih ringan.

Perhatikan Uang Muka dan Besar Cicilan

Ketika kita membeli mobil dengan sistem kredit maka yang harus dipersiapkan adalah uang muka. Besarnya uang muka berkisar antara 20% – 30% dari harga mobil. Uang muka ini bergantung pada besarnya cicilan yang kita bayarkan.

Jika uang muka yang kita bayarkan lebih besar maka jumlah cicilan per bulan akan lebih ringan. Untuk menentukan berapa jumlah cicilan mobil yang sanggup kita bayar, patokannya adalah jumlah cicilan tidak lebih dari 1/3 penghasilan kita per bulan.

Selain itu perhatikan pula biaya adminisatrasi dan biaya lainnya. Seperti asuransi, setoran dari kredit mobil juga akan ditambah dengan premi asuransi. Besaran premi asuransi mobil salah satunya ditentukan oleh usia kendaraan.

Perhatikan Jangka Waktu Kredit

Dalam kredit mobil penting sekali menentukan jangka waktu cicilan yang kita inginkan. Hal ini berkaitan dengan besarnya cicilan kita. Secara umum jangka waktu kredit mobil adalah satu tahun sampai tiga tahun, namun ada juga lembaga pembiayaan yang menawarkan sampai lima tahun

Sebaiknya pilihlah jangka waktu cicilan sesingkat mungkin walaupun jumlah cicilan perbulannya lebih besar. Sebab semakin lama jangka waktu kreditnya, jumlah uang yang harus kita bayarkan akan semakin besar. Jika kita mengambil jangka waktu kredit yang singkat semakin murah yang harus kita bayar.

Apabila kita mengambil jangka waktu yang lebih lama maka biaya yang dikeluarkan lebih besar. Seperti yang kita ketahui, nilai mobil dari waktu ke waktu akan semakin turun. sehingga rugi sekali jika total yang dibayarkan lebih banyak padahal harganya saat cicilan lunas sudah jauh lebih rendah.

Perhatikan Suku Bunga

Kredit mobil bekas dinilai lebih mahal dari mobil baru, penyebabnya adalah tingkat suku bunga yang lebih tinggi. Kredit mobil bekas memiliki bunga yang lebih tinggi jika dibandingkan kredit mobil baru. Jika kredit mobil baru memiliki bunga cicilan 3% per tahun, maka untuk kredit mobil bekas dapat mencapai 9% per tahun.

Bank Indonesia sudah menentukan suku bunga yang mempengaruhi besar kecilnya setoran kredit di berbagai sektor, namun perusahaan pembiayaan atau lembaga keuangan memiliki kebijakan untuk mengikuti atau menahan tingkat bunga kredit.

Kebijakan tersebut tergantung pada kondisi perusahaan pembiayaan. Untuk itu kenapa sangat penting memilih perusahaan pembiayaan atau pemberi kredit yang mapan dan baik. Karena dengan ketahanan keuangan perusahaan yang baik, kita dapat terhindar dari setoran cicilan yang mahal.

Periksa Interior dan Eksterior Mobil

Melakukan pemeriksaan secara menyeluruh sebelum kita membeli mobil bekas akan menghindarkan kita dari resiko kerusakan dan kerugian yang ditimbulkan di kemudian hari. Sebaiknya kita tidak terburu-buru membeli mobil bekas. Teliti kembali interior mobil seperti jok dan bagasi mobil, apakah masih lengkap dan dalam kondisi baik atau tidak. Performa mesin mobil juga perlu dipastikan dan diperiksa dengan baik.Kita bisa membawa teman atau kerabat yang ahli dengan mesin dan dapat dipercaya untuk memeriksanya.

Pemeriksaan eksterior mobil juga perlu dilakukan. Periksa kondisi ban, badan mobil, kondisi lampu dan kaca mobil. Tidak salah jika kita sampai memeriksa bagian kaki dan kolong mobil hingga bagian knalpot. Pastikan semuanya berfungsi dengan baik dan belum mengalami kerusakan. Sebaiknya tanyakan riwayat mobil sedetail mungkin seperti service rutin pada mobil atau penggantian onderdil mobil bila pernah mengalami kerusakan.

Periksa Kelengkapan Surat dan Lakukan Test Drive

Kredit Mobil

coverhound.com

Saat kita memutuskan untuk membeli mobil bekas, pastikan kita meminta bukti kelengkapan surat seperti BPKB, STNK dan buku service sebagai informasi dan rekam jejak mobil dari pemilik sebelumnya. Kita harus teliti dalam memperhatikan keaslian surat dan dokumen tersebut, karena ini akan memudahkan Kita dalam proses balik nama, menghindari dari pembelian mobil curian, dan sebagainya.

Buku service memudahkan kita untuk mengetahui apakah mobil yang akan kita beli selalu dirawat dan mendapat service secara rutin atau tidak. Jika kita tidak bisa mendapatkan buku service, dikhawatirkan mobil telah mengalami penurunan mesin dan rentan mengalami kerusakan atau mobil pernah mengalami kecelakaan yang dapat menurunkan kualitas mobil. Setelah pemeriksaan selesai, kita juga perlu melakukan test drive untuk memastikan bahwa mobil tersebut masih bagus dan nyaman digunakan.

Saat kita memutuskan untuk membeli mobil bekas, pastikan kita meminta bukti kelengkapan surat seperti BPKB, STNK dan buku service sebagai informasi dan rekam jejak mobil dari pemilik sebelumnya. Kita harus teliti dalam memperhatikan keaslian surat dan dokumen tersebut, karena ini akan memudahkan kita dalam proses balik nama, menghindari dari pembelian mobil curian, dan sebagainya.

Buku service memudahkan kita untuk mengetahui apakah mobil yang akan kita beli selalu dirawat dan mendapat service secara rutin atau tidak. Jika kita tidak bisa mendapatkan buku service, dikhawatirkan mobil telah mengalami penurunan mesin dan rentan mengalami kerusakan atau mobil pernah mengalami kecelakaan yang dapat menurunkan kualitas mobil. Setelah pemeriksaan selesai, kita juga perlu melakukan test drive untuk memastikan bahwa mobil tersebut masih bagus dan nyaman digunakan.

Inilah hal yang perlu diperhatikan sebelum kredit mobil, telitilah dari sluruh aspek saat kita sudah siap untuyk kredit mobil, dengan itu kita bisa kredit mobil dengan aman dan terpercaya.

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: