8 Jenis Pemborosan Ini Bisa Diakali dengan Hidup Hemat, loh!

Pemborosan bisa dikatakan merupakan sifat yang umum dialami oleh banyak orang, dan tidak sedikit orang yang membuang uang demi kesenangan tersendiri. Pemborosan yang dilakukan pun banyak jenisnya, mulai dari boros karena jalan-jalan maupun karena makan. Lalu, bagaimana cara menanggulangi sifat boros seperti ini?

8 Jenis Pemborosan Ini Bisa Diakali dengan Hidup Hemat, loh!

8 Jenis Pemborosan Ini Bisa Diakali dengan Hidup Hemat, loh!

Rekan Bijak, pemborosan sering kali terjadi dalam masyarakat pada umumnya, dan macam-macam pemborosan yang dilakukan masyarakat pun termasuk banyak. Apakah Rekan termasuk orang yang boros dalam penggunaan uang? Jika ya, maka Rekan Bijak harus mulai untuk mengubah pola hidup.

Menjadi boros bukanlah hal yang baik, karena sebenarnya, masih ada banyak hal yang diperlukan, seperti menabung, membeli barang-barang yang memang dibutuhkan, dan lain-lain. Lalu, jika Rekan merasa boros, bisakah tingkah laku boros itu dihapus? Tentunya bisa!

Ada banyak cara sederhana dan mudah yang dapat dilakukan agar hidup itu tidak menjadi boros, karena sebenarnya boros itu muncul dari hal-hal yang sebenarnya bukan prioritas utama, dan boros itu karena keinginan emosi sesaat. Lalu, bagaimana cara agar tidak boros? Inilah jenis-jenis pemborosan yang bisa diakali agar hidup hemat dan sederhana.

Transportasi

Sumber : Solo.Tribunnews.com

Pemborosan transportasi kerap terjadi pada kalangan masyarakat atas. Banyak orang dari masyarakat kelas atas yang sering memakai mobil demi “gengsi”, padahal bensin mobil dapat dikatakan cukup boros, apalagi di jalan-jalan macet seperti yang terjadi di jalan-jalan umum Jakarta, ditambah lagi jika mobil yang dibawa terkenal boros. Sekalinya isi bensinpun harus sampai 200 Ribu Rupiah sampai 300 Ribu Rupiah.

Lebih baik, jika tidak terlalu penting atau sifatnya tidak terlalu urgen, ditambah lagi jika wilayah yang dituju tidak terlalu jauh, lebih baik memakai transportasi umum yang sudah disubsidi pemerintah, atau jika memiliki motor, lebih baik memakai motor, yang sebenarnya bisa jadi lebih efektif dan efisien.

Jalan-jalan

Sumber : Benhil.net

Pemborosan yang sering terjadi juga adalah ketika pergi ke Mal, apalagi yang tinggal di Jakarta maupun Bandung. Pemborosan ini terjadi karena keinginan orang-orang membeli segala sesuatu yang dianggapnya bagus dan baik untuk dirinya, padahal itu hanya keinginan emosi sesaat.

Lebih baik, ketika berjalan-jalan, cobalah cara simpel, yaitu tidak membeli apa-apa dan kalau perlu, pastikan uang di dompet tidak terlalu banyak. Dengan cara itu, keinginan untuk boros bisa hilang. Hal ini berlaku tak hanya ketika pergi ke Mal, namun juga saat pergi jalan-jalan ke tempat-tempat tertentu.

Pergi Nongkrong

Pemborosan

Sumber : idntimes.com

Pergi nongkrong terkadang merupakan hal yang bisa jadi baik untuk mental, dan bisa jadi buruk untuk keuangan. Baik karena bertemu dengan teman-teman sepergaulan, buruk untuk dompet karena sekalinya pergi nongkrong, bisa habis 50 Ribu Rupiah. Hal itu membuat isi dompet mudah habis, karena kebiasaan-kebiasaan seperti ini.

Lebih baik, jarang-jarangin nongkrong, dan jika Rekan Bijak memang seseorang yang Ekstrovert dan ingin selalu pergi, sangat disarankan untuk pergi saja ke rumah teman, ataupun jika perlu ke tempat nongkrong yang lebih murah seperti tenda ataupun tempat lainnya. Apalagi Generasi Milenial sangat suka pergi nongkrong, bukan?

Makan “Cantik”

Pemborosan

Sumber : Cantik.Tempo.co

Keseringan makan “Cantik” adalah pemborosan yang bisa dikatakan cukup fatal jika dilakukan lebih dari dua kali dalam sebulan. Mengapa? Karena makan “Cantik” itu hanyalah makan-makan yang sebenarnya biasa dan hanya saja lebih enak, namun harganya sangatlah mahal. Pemborosan ketika makan “Cantik” adalah pemborosan yang sebenarnya sia-sia.

Makna “Cantik” sebenarnya tidak salah, bahkan disarankan untuk mencobanya, namun tidaklah baik jika memakannya berkali-kali, karena akan sangat menguras uang, apalagi jika kamu mempunyai uang yang bisa dikatakan “pas-pasan”. Lebih baik, makan “Cantik” dilakukan ketika uang memang masih bisa disisihkan dan masih cukup, dan sangat disarankan semaksimal mungkin sekali tiap dua bulan untuk makan “Cantik”.

Makan “Rakus”

Pemborosan

Sumber : Loop.co.id

Makan “Cantik” dan Makan “Rakus” adalah dua jenis pemborosan yang berbeda, namun keduanya tetap boros. Kerakusan terjadi ketika sedang mempunyai emosi dan keinginan untuk makan yang banyak agar memuaskan nafsu makan. Makan “Rakus” terjadi ketika memang hanya ingin makan banyak, padahal makanannya melebihi porsi makan normal.

Kamu harus latih untuk menjaga nafsu sesaat agar tidak makan banyak. Bahkan, ketika melebihi porsi, dan sudah terlalu kenyang, masih banyak makanan yang disisakan. Hal itu sangatlah tidak baik. Lebih baik, kamu harus tau porsi makanan yang cukup bagimu dan jangan sampai terlewat.

Berbelanja

Pemborosan

Sumber : Smartravellerblog.wordpress.com

Berbelanja untuk sesuatu yang penting adalah hal yang dianjurkan, namun ketika Rekan berbelanja tentang sesuatu yang bersifat untuk sementara untuk memuaskan nafsu sesaat, itu merupakan hal yang sangatlah tidak baik. Karena ketika berbelanja, kamu akan menghabiskan uang untuk sesuatu yang bisa dianggap bukanlah sebuah prioritas.

Lebih baik, untuk menekan nafsu berbelanja, dianjurkan untuk pergi berbelanja sesuatu yang bukan prioritas utama sebulan sekali maksimal. Lebih baik berbelanja yang memang penting, seperti Pakaian, Sepatu Kerja, dan lain-lain.

Pemborosan Saat Berwisata

Pemborosan

Sumber : Republika.co.id

Saat berpergian keluar kota ataupun keluar negeri, memang sudah hal yang wajar untuk menghabiskan uang agar benar-benar senang dan puas. Namun, menghabiskan uangnya pun juga mempunyai batasan-batasan tertentu, seperti memakai uang secukupnya dan jangan sampai terlalu banyak menghabiskan uang.

Pemborosan seperti ini memang bukanlah hal yang buruk, namun perlu diingat, masih banyak prioritas yang harus kamu dahulukan dibandingkan memboroskan uang demi kepuasan berwisata. Lebih baik, kamu harus sudah setidaknya mempunyai modal khusus tersendiri saat pergi berwisata sehingga kamu masih bisa mempunyai uang sisa untuk prioritas-prioritas lainnya.

Promosi

Pemborosan

Sumber : Josstoday.com

Promosi seringlah dilakukan oleh produk-produk yang ingin memperkenalkan produknya ke orang-orang yang masih belum tahu tentang produknya, dan juga biasanya demi menjual barang-barang yang dianggap sudah tidak terlalu laku. Oleh karena itu, banyak orang yang tergiur oleh obral-obral yang dilakukan oleh banyak perusahaan.

Lebih baik ketika menemukan promosi-promosi seperti itu, jangan mudah tergiur dan berusahalah sebisa mungkin untuk tergiur.

Jika Rekan Bijak merasa melakukan pemborosan-pemborosan yang ada, cobalah hal-hal sederhana ini, yang akan membuat Rekan tidak membuang uang lebih banyak, dan lebih bijaksana dalam penggunaan uang. Namun, jikalau sudah terlanjur melanjutkan pemborosan, dan kebetulan Rekan Bijak sudah mengalami tanggal tua, Rekan Bijak bisa memakai Danabijak sebagai salah satu Platform Kredit Cepat secara Online.

Selamat mencoba, Rekan Bijak!

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: