8 Kebiasaan Sederhana untuk Menghemat Pengeluaran Bulanan

Boros merupakan hal yang biasa terjadi di kalangan masyarakat. Hal ini terjadi karena adanya pengeluaran-pengeluaran yang sebenarnya tidak terlalu diperlukan, namun karena keinginan tertentu sehingga boros. Tapi, kita bisa menekan pengeluaran dengan cara-cara sederhana, sehingga tidak boros.

8 Kebiasaan Sederhana untuk Menghemat Pengeluaran Bulanan

8 Kebiasaan Sederhana untuk Kurangi Pengeluaran Bulanan

Menghemat Pengeluaran Bulanan adalah suatu hal yang penting, namun banyak orang tidak bisa menjaga kebiasaan borosnya. Jika melihat suatu barang dan merasa ia mampu membelinya, ia pasti langsung membeli tanpa mengingat bahwa seharusnya ada pengeluaran yang lebih penting. Pastinya hal ini terjadi di banyak orang, dan bukan sepantaran orang saja, padahal berhemat adalah suatu kebiasaan penting demi masa depan.

Rekan Bijak, pastinya kita juga sering seperti itu, sehingga sangat sulit untuk menabung atau menyisakan uang untuk hal penting lainnya, seperti investasi dan lain-lain. Namun, apakah hal ini ada jalan keluarnya? Apakah kita bisa berhemat untuk hal-hal penting lainnya? Jawabannya tentu bisa dengan tips-tips tertentu. Bisa dikatakan bahwa tips-tips paling sederhana pun bisa membuat Rekan Bijak untuk lebih bijaksana dalam menggunakan uang.

Lalu apa saja tips-tipsnya? Berikut adalah 8 tips kebiasaan sederhana untuk mengurangi pengeluaran bulanan.

Membuat Catatan Pengeluaran Bulanan

Pengeluaran Bulanan

Sumber : Jejakakuntansi.net

Percayalah, ini trik sederhana yang dapat membuatmu lebih menjaga pengeluaran bulanan. Apa pentingnya membuat catatan pengeluaran? Dengan adanya catatan pengeluaran, Rekan Bijak dapat menjaga pengeluaran dan dapat memprioritaskan apa yang penting untuk dikeluarkan dan apa yang tidak terlalu penting untuk diprioritaskan.

Dengan adanya catatan pengeluaran bulanan, kamu juga bisa berpikir sudah berapa banyak uang yang kamu keluarkan sehingga lebih waspada dalam mengeluarkan uang. Kamu juga dapat memperhitungkan apa saja yang telah kamu keluarkan dalam sehari dan memberikan batasan dalam mengeluarkan uang.

Makan di Rumah atau Membawa Bekal.

Pengeluaran Bulanan

Makan di rumah atau membawa bekal sendiri tentunya mempunyai kelebihan-kelebihan tertentu. Iya, memang lebih menyita waktu karena harus membeli makanan-makanan tertentu untuk membuat suatu makanan. Namun perlu diingat, hal itu juga akan membuat pengeluaran bulanan lebih sedikit karena bahan-bahannya kamu bisa beli di pasar-pasar tertentu, tidak seperti di restoran atau warung yang akan menjual dengan harga yang dianggapnya menguntungkan.

Ditambah lagi, kamu bisa menjaga kesehatan dengan makanan-makanan yang kamu buat sendiri karena kamu yang mempunyai standar-standar kebersihan sendiri sehingga kamu akan menjaga kebersihan dari makanan tersebut sebersih mungkin, sehingga lebih sehat dan lebih nyaman dimakan. Hal ini belum tentu kamu dapatkan di restoran atau warung.

Membeli Barang Berkualitas Yang Murah

Pengeluaran Bulanan

Sumber : Futureloka.com

Banyak barang yang berkualitas, namun banyak orang juga yang membelinya dengan harga yang mahal. Contohnya, ketika membeli sepatu. Banyak orang yang masih membeli di toko-toko tertentu secara langsung dengan harga yang lebih mahal, padahal jika secara Online, banyak yang lebih murah, walaupun tidak terjamin untuk ukuran kaki. Walaupun begitu, hal itu bisa diakali dengan memakai sepatu yang ukuran lebih besar. Bahkan beberapa toko Online pun menawarkan penggantian jika ukurannya tidak pas.

Banyak orang juga membeli mahal dengan alasan seperti malas membandingkan harga, tidak ingin repot, dan lain-lain. Padahal dengan cara ini juga, pastinya dapat lebih berhemat.

Beli Barang Bekas

Pengeluaran Bulanan

Sumber : Intip-harga.com

Beli barang bekas? Ya, banyak barang bekas yang dijual setengah harga, dengan kualitas yang masih sangat baik. Walaupun tidak semua barang bekas itu baik, namun dengan hal ini kamu dapat menghemat, apalagi jika barang tersebut hanya dipakai sekali-sekali atau untuk hiburan semata, misal : kamu beli televisi, tapi kamu pasti akan jarang memakainya karena kamu sering tak ada waktu dirumah.

Tidak semua barang bekas berkualitas baik, tetapi kembali lagi, tidak semua barang bekas berkualitas buruk. Ada juga barang bekas yang dijual karena tidak menyukai barang tersebut, ataupun karena tidak mempunyai waktu untuk memakai barang tersebut. Jangan salah, walau dianggap membuang uang, namun ini salah satu cara berhemat loh, karena kamu sudah berusaha membeli barang yang kamu akan pakai dengan harga yang murah.

Memakai Transportasi Yang Murah

Pengeluaran Bulanan

Sumber : Saranwisata.com

Transportasi murah adalah salah satu kebiasaan sederhana yang dapat pula kamu lakukan. Di kota-kota Metropolitan seperti Jakarta, merupakan hal yang melelahkan jika melakukan perjalanan dari suatu tempat ke tempat tertentu, apalagi jika dari rumah ke kantor. Namun, apakah kita bisa melakukan hal yang sederhana agar bisa berhemat?

Tentunya bisa! Jika perlu, kamu tidak perlu memakai Ojek ataupun hal-hal yang membuat kamu mengeluarkan uang, yang sebenarnya bisa kamu hematkan. Seperti, jika kamu harus berangkat ke kantor yang berada di Sudirman, sedangkan rumahmu di Kelapa Gading, kamu dapat menggunakan Busway dan tidak perlu memakai Ojek. Walaupun lebih lama, namun kamu bisa bangun lebih pagi, bukan? Demi menghemat pengeluaran bulanan milikmu.

Simpan Uang Kecil ataupun Koin

Pengeluaran Bulanan

Sumber : Amp.tirto.id

Menyimpan uang receh mungkin sangatlah sederhana, namun sangat berarti penting, bahkan jikalaupun mendapatkan kembali 100 Rupiah pun. Analoginya, masih banyak Minimarket seperti Indomaret ataupun Alfamart yang menjual barang-barang dengan harga yang “nanggung”, seperti 3600 Rupiah ataupun 2400 Rupiah. Jika kamu mempunyai 400 Rupiah atau 600 Rupiah, kamu dapat menggunakannya untuk membelinya.

Bisa juga kamu simpan uang tersebut tiap hari dan dikumpulkan. Jika sehari kamu mengumpulkan 2000 Rupiah dengan serius, dalam setahun kamu bisa membeli satu gitar Akustik loh, padahal hanya dengan berhemat Pengeluaran Bulanan dengan cara yang sangat sederhana.

Berpergian Tanpa Perlu Mengeluarkan Biaya Banyak

Pengeluaran Bulanan

Berpergian apalagi bersama keluarga, pacar ataupun teman pastinya membutuhkan biaya. Namun, kamu bisa saja untuk memilih berpergian tanpa perlu mengeluarkan biaya banyak. Bagaimana caranya? Tentunya banyak. Bisa saja kamu memilih untuk makan di tenda dibandingkan restoran-restoran yang terkenal untuk “makan cantik”. Kamu juga bisa berhemat lewat kebiasaan bulanan seperti ini.

Kamu juga bisa memilih untuk menonton dengan pacar atau teman bersama dirumah, dibandingkan bioskop. Ataupun juga bisa memilih untuk bermain bersama seperti bermain gitar ataupun bersantai bareng sambil berbincang dibandingkan harus pergi ke kafe-kafe ataupun berbelanja. Yang penting adalah suasana kebersamaan, bukan?

Mengerjakan Kegiatan Yang Tidak Membuang Uang

Pengeluaran Bulanan

Sumber : Libertyparkmusic.com

Mengerjakan kegiatan semisal bermain gitar ataupun membaca buku adalah 2 dari ratusan bahkan ribuan hal yang bisa Rekan Bijak lakukan agar tidak membuang uang. Kegiatan ini hanya memerlukan keniatan dan tidak perlu membuang uang yang banyak. Ini juga membuat Pengeluaran Bulanan lebih sedikit.

Rekan Bijak dapat memulai hal-hal sederhana ini. Kegiatan ini tidaklah rumit, tetapi dapat membuat Rekan Bijak mempunyai tabungan yang banyak untuk hal-hal penting. Ini bukan berarti Rekan Bijak tidak boleh memakai uang, karena uang tetaplah penting, namun Rekan Bijak bisa menghemat dengan cara-cara yang sederhana ini sehingga tidak membuang uang terlalu banyak, sehingga menghemat Pengeluaran Bulanan

Namun bagaimana jika ada keperluan-keperluan urgen tertentu yang membuang habis uang, seperti semisal kecelakaan ataupun hal lainnya? Rekan Bijak tentunya dapat meminjam uang terlebih dahulu dengan bunga yang tidak terlalu besar, dan kalau perlu tanpa jaminan.

Pengeluaran Bulanan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: