8 Kebiasaan Sederhana yang Merusak Baterai Handphone Perlahan

Baterai Handphone menjadi salah satu bagian terpenting dalam Handphone, karena lamanya bertahan suatu baterai sangatlah penting di saat-saat yang sibuk seperti bekerja, agar bisa terus mendapatkan informasi atau pun berkomunikasi. Namun, seringkali kita salah dalam merawat Handphone.

8 Kebiasaan Sederhana yang Merusak Baterai Handphone Perlahan

8 Kebiasaan Sederhana yang Merusak Baterai Handphone Secara Perlahan

Siapa yang tidak mempunyai Handphone atau Ponsel saat ini? Tentunya, hampir semua orang, tidak hanya di Indonesia, bahkan seluruh dunia, dapat dipastikan mempunyai Handphone, karena saat ini Handphone sangatlah penting dalam mengakses informasi atau pun berkomunikasi dengan orang-orang, baik yang dikenal maupun tidak. Dan pastinya, kita harus bisa merawat barang ini, karena selain harganya yang tidak murah, juga ditambah lagi banyak data yang disimpan.

Tentunya, karena hal-hal diatas, sudah seharusnya kita merawat Handphone atau Ponsel dengan baik dan bijaksana dalam penggunaannya, terutama dalam merawat Baterai Handphone. Namun, seringkali orang-orang masih mengabaikan perawatan pada Baterai Ponsel, sehingga sering kita dengar bahwa Baterai ponsel rusak, dengan alasan memang sudah tua atau pun barangnya murah dan jelek. Padahal, jika kita bisa merawatnya dengan tepat, bahkan 3 tahun sekalipun barangnya tak akan cepat rusak.

Banyak kebiasaan yang kita lakukan, walau terlihat sepele, namun ternyata kebiasaan tersebut justru merusak. Lalu, apa saja kebiasaan sederhana yang bisa merusak Baterai Handphone? Berikut adalah kebiasaan-kebiasaan tersebut.

Mengecas Sambil Memainkan Handphone

handphone

Sumber : Shopback.co.id

Sebenarnya ini merupakan hal umum dan sering dilakukan oleh orang-orang pada umumnya, dan pada umumnya orang-orang sudah diperingatkan bahwa hal ini tidak boleh dilakukan. Hal ini karena orang-orang tidak tau efek samping dari memainkan ponsel sambil mengecas.

Padahal, ketika Rekan Bijak sedang mengecas, tentunya Baterai sedang panas-panasnya karena sedang diisi. Lalu ketika Rekan memutuskan untuk memainkan ponsel, hal tersebut membuat intensitas panas Ponsel tersebut menjadi lebih tinggi, sehingga membuat Ponsel lebih panas dan baterai lebih mudah bocor, sehingga tidak kaget jika Ponselnya suatu waktu tiba-tiba mati tanpa alasan yang jelas saat baterai tinggal 15%, lalu tiba-tiba mati.

Memakai Charger milik orang lain

handphone

Sumber : Andre.web.id

Ketika kita memakai Charger orang lain, dengan mungkin kabel dan kepala Charger yang sama, sekali-sekali tidak apa-apa. Namun ketika kita memakainya dengan sering, hal itu bisa membuat kebocoran pada baterai atau bahkan berpotensi meledak. Mengapa?

Karena adanya perbedaan voltase dan ampere yang berbeda-beda pada tiap ponsel. Standar sebuah Handphone dibutuhkan 1-2 Ampere untuk Charger, sedangkan Voltasenya adalah 5 V. Dan yang ditakutkan adalah jika Charger nya kurang dari Ampere dan Voltase yang dibutuhkan, hal itu mengakibatkan bocornya baterai dan panas yang tinggi dari baterai tersebut.

Lupa Menutup Aplikasi yang Digunakan

handphone

Sumber : Androidauthority.com

Lupa menutup aplikasi-aplikasi yang telah digunakan dapat membuat baterai bocor juga. Mengapa? Karena ketika kita lupa menutup aplikasi-aplikasi yang ada, hal itu akan membuat Handphone-mu bekerja lebih keras dan hal itu membuat baterai menjadi lebih cepat terkuras. Padahal hal itu tidak baik.

Karena kita lupa menutup aplikasi, hal itu membuat ponsel terus menjalankan aplikasi-aplikasi yang ada, sehingga hal itu membuat baterai terkuras, dan ketika baterai terus-terusan terkuras, itu mengakibatkan baterai berpotensi bocor secara perlahan.

Mengecas Baterai Semalaman

Handphone

Sumber : Style.tribunnews.com

Mengecas Baterai Handphone semalaman akan membuat baterai bocor. Beberapa produk Ponsel memang mengklaim bahwa sudah membuat Ponselnya tidak akan bocor walaupun sudah diisi semalaman, namun tetap saja akan ada efek sampingnya jika hal itu terus dilakukan beruang-ulang.

Lebih baik kita harus mencegah kebocoran baterai. Jika pun produk Ponsel memang mengklaim Ponselnya tidak akan bocor walau sudah dibiarkan terisi semalaman, ada baiknya jika kita mencabut cas secepat mungkin ketika Handphone sudah mencapai 100%.

Mengecas Memakai Powerbank

Handphone

Sumber : Makassar.Tribunnews.com

Banyak yang berkata bahwa mengecas memakai Powerbank adalah hal yang aman dan tidak buruk untuk dilakukan selama Ampere dan Voltase Powerbank masih dapat digunakan untuk Handphone. Padahal, sama saja buruk akibat Powerbank itu mempunyai arus listrik yang lebih tidak stabil daripada mengecas di stopkontak yang ada di tembok rumah atau pun Rol Kabel.

Akibat dari hal itu, membuat baterai Ponsel lebih cepat aus, sehingga membuat Baterai Ponsel lebih sering mati secara tiba-tiba atau pun tiba-tiba baterai langsung bocor.

Menggunakan Sarung Handphone yang Tidak Tepat

Handphone

Sumber : Blackxperience.com

Mungkin beberapa dari kita berpikir bahwa Sarung tidak terlalu penting dan hanya dipakai untuk melindungi Ponsel dari kerusakan karena terjatuh. Padahal, terkadang sarung pun bisa merugikan, terutama yang berbahan plastik dan bahannya bukanlah pengantar panas yang baik.

Hal ini biasanya terjadi ketika Ponsel sedang panas, ditambah lagi jika Ponsel kita memakai sarung yang berbahan dasar bukan pengantar panas. Hal itu membuat panas yang dari Ponsel hanya diam di Ponsel tersebut, ditambah panas dari sarung, membuat panas Ponsel tersebut lebih panas daripada sebelumnya.

Memakai Handphone di Ruangan yang Panas

handphone

Sumber : Jalantikus.com

Memakai Ponsel di ruangan yang panas, seperti ruangan tanpa Air Conditioner dan pengap, hal itu membuat panas Handphone. Dan ketika Ponsel sudah tambah panas, hal itu akan sangat memudahkan Baterainya menjadi lebih cepat habis karena panas.

Dan hal ini harus dihindari, dengan cara pergi ke tempat yang lebih dingin atau setidaknya adem, agar Baterai tidak cepat bocor. Bahkan, lebih parahnya lagi, jika dibiarkan tetap di ruangan yang panas, hal itu bisa membuat ponsel meledak.

Memakai Jaringan 4G secara Terus Menerus

Handphone

Sumber : Empatinchi.blogspot.com

Memakai jaringan koneksi 4G membuat Baterai lebih panas dan akan membuat Baterai Ponsel lebih boros sehingga Baterai lebih cepat habis. Ketika Baterai lebih boros, hal itu akan membuat Baterai jadi lebih mudah bocor karena panas secara terus menerus.

Lebih baik, ketika memakai koneksi 4G, jangan terlalu sering karena hal itu hanya akan membuat Baterai lebih cepat panas, lalu lebih boros Baterai, dan akan membuat Baterai Handphone bocor.

Rekan Bijak, merawat Handphone sangatlah penting, apalagi Baterainya. Nah, dari kebiasaan-kebiasaan yang ada, apakah Rekan Bijak sering melakukan hal-hal ini? Jika sering, segera berhenti! Karena hal itu akan berpengaruh pada Baterainya, dan penggantian Baterai pun mahal harganya. Jadi, rawatlah barang ini, Rekan Bijak!

kemerdekaan indonesia

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: