8 Makanan Sehat dan Baik untuk Dikonsumsi Saat Puasa

Makanan apa saja yang dianjurkan untuk dikonsumsi selama puasa? Baca artikel berikut untuk tau rekomendasinya!

8 Makanan Sehat dan Baik untuk Dikonsumsi Saat Puasa

8 Makanan Sehat dan Baik untuk Dikonsumsi Saat Puasa

Rekan Bijak, melakukan aktivitas sehari-hari saat bulan puasa bukanlah hal yang mudah. Kita harus tetap menjaga asupan nutrisi tubuh agar tetap fit dan fokus dalam melakukan kegiatan. Untuk itu, penting sekali bagi kita mengonsumsi makanan agar terhindar dari penyakit.

Berikut Danabijak akan memberikan rekomendasi makanan sehat dan baik untuk dikonsumsi saat berpuasa demi membantu menjaga daya tahan tubuh.

KURMA

makanan sehat

Sumber : infohaji.co.id

Kurma memiliki glukosa alami yang bagus untuk dikonsumsi oleh Rekan Bijak yang berpuasa. Satu butir kurma memiliki 60-70 kalori jadi masih masih aman untuk dikonsumsi 5-7 butir. Kurma bisa dikonsumsi saat berbuka puasa karena bisa mengembalikan stamina tubuh yang lemas saat berpuasa dan menstabilkan kadar gula kembali. Tingginya kandungan vitamin A, B6, kalium, natrium alami, besi, dan magnesium membuat kurma menjadi menu wajib saat bulan puasa.

KARBOHIDRAT DAN UMBI-UMBIAN

makanan sehat

Sumber : santinorice.com

Kita bisa mengkonsumsi nasi, roti maupun umbi-umbian seperti singkong, kentang dan ubi untuk sahur kita. Fungsinya untuk memenuhi kebutuhan energi kita, sebelum ataupun sesudah berpuasa. Pada saat  sahur kita bisa mengkonsumsi nasi secukupnya dan ditambah dengan sayuran untuk menabah protein kita, dan pada saat berbukan kita bisa menemukan umbi-umbian dalam kolak singkong/ ubi. Fungsi karbohidrat sendiri tidak hanya untuk menambah energi, mengkonsumsi karbohidrat yang cukup juga bisa membatu kita lebih berkosentrasi.

MADU

makanan sehat

Sumber : www.merdeka.com

Madu memiliki fungsi gizi yang sangat baik untuk tubuh. Kita disarankan untuk mengonsumsi madu pada waktu sahur, namun bisa juga mencampurkannya dengan air putih dan jahe. Fungsi madu selain sebagai antioksidan dalam tubuh, juga bisa menjaga kesehatan tubuh di saat bulan puasa.

KACANG-KACANGAN

makanan sehat

Sumber : www.merdeka.com

Kacang tanah, kacang walnut, kacang merah, kacang panjang, kacang lentil, dan buncis merupakan salah satu sumber protein yang berasal dari nabati dan bisa dijadikan salah satu pilihan makanan sehat. Protein ini sangat cocok untuk Rekan Bijak yang memiliki pola makan menghindari lemak dan kolesterol. Kacang-kacangan juga dipercaya mampu menjaga kestabilan kadar gula dalam darah. Memakan makanan yang kaya akan protein juga bisa membantu kita mempertajam pikiran dan tetap fokus. Jadi, walaupun kita berpuasa seharian menahan lapar dan dahaga, kita bisa tetap fokus mengerjakan pekerjaan kita.

MELON

makanan sehat

Sumber : halloyahya.com

Melon bisa menjadi salah satu pilihan persediaan buah di rumah. Melon memiliki 90% kandungan air dan kandungan serat yang tinggi. Mengonsumsi buah melon membantu kita untuk menghidari dehidrasi selama berpuasa seharian dan membantu mengatasi sakit perut dan lambung.

TELUR

makanan sehat

Sumber : www.geniuskitchen.com

Telur merupakan salah satu makanan dengan sumber protein tinggi serta praktis untuk dimasak. Telur juga baik dinikmati saat bulan suci Ramadan sebagai menu santap sahur. Hal ini tak lain karena telur memiliki vitamin A, D, E, B6, B12, kalsium, zat besi, dan zinc. Menu yang bisa dibuat, antara lain orak-arik telur atau telur ceplok. Mengonsumsi telur 2 butir juga mampu memenuhi kebutuhan energi seharian.

BROKOLI DAN BAYAM

makanan sehat

Sumber : www.floridacoastalcooking.com

Sayuran hijau seperti bayam dan brokoli sangatlah baik dikonsumsi karena memiliki kandungan vitamin B6 dan B12 yang mampu membantu menjaga kinerja otak agar daya ingat lebih baik. Sayuran ini juga kaya akan mineral, zat besi, serta antioksidan yang dapat berfungsi menjaga keseimbangan fungsi enzim dan juga sebagai sumber serat. Serat mempunyai fungsi menjaga sistem pencernaan agar tetap lancar.

DAGING DAN IKAN

makanan sehat

Sumber : www.gi-gen.com

Sumber protein yang berasal dari hewani juga sangat diperlukan untuk menjaga daya tahan tubuh saat berpuasa. Daging sapi, ikan, dan ayam mengandung omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan untuk menjaga memori serta konsentrasi. Menkonsumsi protein dapat menahan rasa lapar lebih lama dibanding hanya mengonsumsi karbohidrat saja. Mengonsumsi makanan sehat yang berasal dari hewani juga sangat penting di bulan puasa demi memenuhi energi kita.

Inilah sederet makanan sehat dan baik untuk dikonsumsi saat Puasa yang dapat membantu menjaga daya tahan tubuh. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Rekan Bijak.

pinjaman uang online cepat cair

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: