8 Tipe Teman yang Harus Dihindari Dalam Hidup Kita

Terkadang orang di sekeliling kita seperti, sahabat, kenalan, rekan kerja bahkan keluarga bisa menjadi tipe orang 'beracun' yang menganggu kita dalam menjalani aktivitas sehari-hari karena memberi dampak negatif. Di antaranya kerap memberi suntikan pikiran negatif, manipulatif, dan atau perhitungan yang sangat buruk.

8 Tipe Teman yang Harus Dihindari Dalam Hidup Kita

8 Tipe Teman yang Harus Dihindari

Manusia hakikatnya sebagai makhluk sosial, pastinya dalam kehidupan ini kita akan memiliki teman yang bermacam-macam. Fungsi seorang teman adalah orang yang bisa membuat kita merasa nyaman dan selalu menyempatkan waktu untuk kita, sahabat yang baik juga akan selalu menegur kita dengan cara yang tepat jika kita melakukan kekeliruan. Yang pasti seorang sahabat tidak akan pernah memanfaatkan kita demi kepentingannya sendiri dan bersikap keterlaluan kepada kita.

Namun sayangnya kita tidak bisa selalu mengharapkan akan selalu memiliki teman yang baik untuk kita, ada kalanya kita bertemu dengan orang tidak kita harapkan. Berikut ini Danabijak akan menjabarkan tipe-tipe teman yang harus kita hindari, agar kita terhindar dari rasa sakit hati.

Teman yang Suka Memanfaatkan Kelemahan Kita

Teman

www.youtube.com

Setiap orang pasti punya pasti punya kelemahan dan kelebihan, namun ada kalanya “sahabat” kita sengaja memanfaatkan. Misalnya saja kita paling tidak bisa menolak jika ada yang meminta bantuan kita, lalu teman kita sering meminta pertolongan kita tanpa basa-basi dan terlalu sering merepotkan kita. Ia sering menuntut waktu dan tenaga kita. Tipe ini hanya akan menguras waktu, tenaga dan perasaan yang ada dalam diri kita. Mereka bisa menjadi orang yang disukai semua orang agar bisa mendapatkan apa yang ia mau.

Apalagi ia membuat seolah-olah membantunya adalah kewajiban untuk kita. Jika ada kawan kita yang seperti ini lebih baik kita hindari daripada kedepannya ia akan membuat kita semakin repot dengan hidupnya atau kita bisa-bisa malah merugi karenanya.

Teman yang Bersifat Negatif

Teman

www.cosmopolitan.com

Setiap orang wajar jika mengalami turun naik alias perubahan suasana hati, namun jika terus menerus memiliki pandangan negatif tentang kehidupan pastinya akan membuat kita risih. Di saat kita ingin berbagi hal yang positif dan menyenangkan, tipe manusia seperti ini bisa mematahkan semangat dan merusak suasana dengan pandangan atau pemikirannya yang selalu negatif, yang bisa disebabkan mungkin karena dirinya tidak pernah bahagia dengan dirinya sendiri, sehingga sulit atau bahkan tidak pernah merasa ikut bahagia karena orang-orang di sekitarnya.

Teman yang Terlalu Perhitungan 

Hemat adalah hal yang wajar, namun berbeda dengan perhitungan dan pelit. Pasti ada saja kawan seperti ini dalam kelompok kita. Misalnya, jika kita jalan-jalan ia selalu merasa berat atau menolak uang patungan untuk akomodasi atau transportasi. Ada juga yang tipe yang perhitungan soal jasa, misalnya jika ia pernah menolong kita, dan hal ini terus diungkit-ungkit kembali walaupun sudah sangat lama, ia juga berharap kita akan hal yang sama terhadapnya. dan ini akan sangat mengganggu.

Teman yang Terlalu Sering Bergosip

Teman

www.independent.co.uk

Jika kita memiliki kawan yang senang sekali membicarakan urusan orang lain, perlu kita ketahui, bisa jadi ia akan melakukan hal yang sama kepada kita. Tipe seperti ini biasanya merasa selalu harus mengetahui semua urusan orang lain, entah itu temannya atau bukan. Tipe orang seperti ini akan mencoba mengulik segala sesuatu. Selain itu, tipe orang seperti ini memiliki kecenderungan untuk menyebarkan rahasia orang, maka berhati-hatilah terhadap apa yang kita katakan terhadap teman seperti ini, bisa-bisa apa yang menjadi masalah kita dibuatnya menjadi konsumsi publik.

Teman yang Terlalu Sering Mengkritik

Teman

www.dailymotion.com

Pastinya kita butuh kritik untuk menjadi orang yang lebih baik lagi. Tapi beda cerita kalau yang dikatakan teman kita terus menerus adalah kritik yang menjatuhkan kita. Seolah-olah apa yang kita perbuat selalu salah dimatanya, dan apa saja yang kita lakukan selalu menjadi celah untuk ia terus menerus menyerang kita dengan kritikannya. Apalagi jika ia sudah diluar batas dan melakukannya didepan umum. Bisa-bisa nanti kamu dilanda rasa rendah diri. Lebih baik kasih jarak cukup jauh untuk tipe macam ini.

Teman yang Bermuka-dua

Teman

www.bustle.com

Lain lagi dengan tipe teman bermuka dua, teman bermuka dua disebutkan akan cepat berbicara tentang seseorang, bahkan seseorang yang mereka klaim dekat dengan dirinya. Tipe bermuka-dua adalah tipe teman yang sebaiknya tidak kita percaya, karena mereka kemungkinan besar juga berbicara tentang diri kita kepada orang lain.

Teman yang Memiliki Tata Krama yang Buruk

Tata krama buruk yang dimaksud disini adalah, teman yang yang tidak bisa memposisikan dirinya ketika dimana dia berada. Misalnya jika ia sedang main kerumah kita, namun ia kita tidak menyapa orang tua kita, bahkan cenderung menghindar. Selain itu orang yang memiliki tata krama yang buruk adalah orang yang tidak pernah mengatakan “tolong, maaf, dan terima kasih”. 3 Kata itu sangat penting dalam menjalin hubungan sosial, jika kawan kita tidak tata krama seperti ini lebih baik di tegur dengan tegas.

Teman yang Terlalu Kompetitif

Teman

www.julep.com

Ini adalah ciri kawan yang selalu cemburu melihat keberhasilan atau pencapaian kita. Kompetisi yang bersahabat adalah hal yang menyenangkan, namun akan lain ceritanya jika di dalam sebuah pertemanan ada seseorang yang terlalu kompetitif, sehingga akan membuat pertemanan jadi melelahkan karena orang tipe seperti ini merasa harus selalu “satu langkah” di depan kita. Apapun yang kita lakukan atau kita bicarakan, si kawan kompetitif ini akan membuat seolah-olah diri mereka telah melakukan sesuatu yang lebih baik. Tipe kawan kompetitif ini diketahui akan sangat jarang terlihat bahagia karena keberhasilan atau kesuksesan orang lain, sebab mereka merasa dirinya selalu perlu di posisi paling terbaik paling atas.

Teman yang Memiliki Latar Belakang Buruk

www.youtube.com

Mempunyai kawan yang punya berlatar belakang buruk seperti terlalu sering berbohong, tindakan kriminal, penyalah gunaan obat-obatan, bahkan pergaulan bebas dan masalah lainnya sangatlah berisiko untuk kita sendiri dan lebih baik dihindari. Bisa jadi ia juga akan menipu kita demi kesenangannya, atau malah tanpa kita sadari kita bisa terpengaruh seperti dia berbuat hal negatif. Orang seperti ini patut dihindari dengan tegas.

Inilah tipe orang yang membuat kita harus jaga jarak dengannya, agar kita terhindar dari masalah yang seharusnya bisa kita hindari, semoga Rekanbijak tidak mempunyai teman seperti ini, ya 🙂


Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: