8 Tips Membuka Bisnis Online

Memulai bisnis online, bisa memberikan manfaat untuk memiliki akses ke jutaan konsumen, namun kita juga harus siap menghadapi para pesaing. Simak 8 Tips Membuka Bisnis Online untuk anda yang ingin menbuka usaha online.

8 Tips Membuka Bisnis Online

8 Tips Membuka Bisnis Online

Sekarang ini jaman sudah berkembang pesat, hampir semua orang menggunakan teknologi di kehidupan sehari-harinya, era digital pun sangat berkembang pesat di seluruh dunia. Karena pesatnya perkembangan digital, banyak orang yang memanfaatkan teknologi sebagai lahan usaha, contohnya bisnis online, bisnis online kini berkembang semakin cepat. Ditambah banyak sekali kaum millennials yang berjiwa independent dan innovative ,  mereka lebih memilih memuka lahan pekerjaan sendiri dan berkarya dibanding bekerja dengan orang lain. Mereka memanfaatkan lahan digital se-efektif mungkin. Walaupun kelihatannya mudah menjalankan sebuah bisnis online, bukan perkara mudah untuk membuat perencanaan dan menjalankannya, dibutuhkan kesetiaan yang kuat terhadap tujuan kita sendiri, dan juga kita harus terus mampu bersaing dengan ribuan pengusaha lainnya. Untuk Rekan Bijak yang ingin memualai bisnis online, bisa simak serangkaian tips dibawah ini,

Tentukan Produk yang Akan Dijual

bisnis online

pricebaba.com

Sebelum memulai sebuah bisnis online, maka anda harus menentukan apa yang akan kita tawarkan, bisa berupa produk, bisa berupa jasa atau bahkan kedua-duanya. Walaupun kita mendapatkan sebuah ide dan tema untuk bisnis online anda, tentunya sudah ada beberapa pesaing di luar sana yang memiliki ide yang sama. Salah satu yang bisa kita coba adalah ide bisnis makanan online. Karena makanan selalu diminati dan bekembang mengikuti trend dan anda juga bisa mengembangkan kreatifitas anda dalam menciptakan suatu produk makanan baru. Yang sedang marak dijalakan oleh orang-orang saat ini adalah bisnis jastip (jasa titip), dimana kita bisa meminta bantuan untuk membelikan sesuatu barang yang kita inginkan tanpa perlu kita sendiri yang ke lokasi, namun yang pasti pelanggan dikanakan biaya ongkos dan kirim.

Jasa, Keahlian dan Kreatifitas

www.pinterest.com

Selain kita menjual produk-produk kebutuhan, seperti sandang, pangan atau kebutuhan lainnya, kita juga bisa menawarkan jasa-jasa yang dibutuhkan banyak orang. Seperti penerjemah (Traslator), jasa makanan catering, jasa desain baju dan masih banyak lagi jasa-jasa unik yang bisa kita kembangkan. Selain jasa kita bisa menjual barang-barang estetik yang unik, sperti peralatan tulis, produk make-up alami dan aksesoris. Kita juga bisa mencari apa saja yang dibutuhkan banyak orang saat ini. Langkah awal memulai bisnis online kita harus menemukan pasar terlebih dahulu. Kemudian kita sediakan produk dari target pasar yang anda temukan. Lakukan pencarian masalah yang paling banyak dihadapi oleh masyarakat. Kemudian carilah jalan keluar dari masalah tersebut dengan mencari produk yang dapat menyelesaikan masalah-masalah yang sedang dihadapi.

 

Membuat Perencanaan Bisnis

bisnis online

venturycapital.com

Kita bisa meluangkan waktu untuk membuat perencanaan bisnis yang matang dan detail. Hal ini berguna untuk membatu kita merencanakan langkah-langkah penting yang akan kita ambil ketika menjalankan bisnis online. Dengan rencana bisnis anda akan dapat melihat berapa biaya operasional yang harus nada keluarga, bagaimana strategi pemasarannya dan lain sebagainya. Kita bisa mendiskusikan hal ini dengan orang terdekat kita, misalnya orang tua kita jika punya pemgalaman usaha dan bisnis, teman sebaya yang memiliki minat yang sama ataupun orang-orang yang sudah berpengalaman dalam membangung bisnis.

 

Belajar Tentang Teknologi

bisnis online

www.istockphoto.com

Di jaman yang sudah serba digital, belajarlah tentang hal-hal yang berhubungan dengan teknologi adalah salah satu kiat sukses bisnis online untuk pemula. Terlebih bagi kita sebagai pemula yang belum sepenuhnya menguasai teknologi. Bagaimana kita akan menjalankan suatu bisnis online jika kita belum menguasainya. Hal ini tentu akan menjadi permasalahan tersendiri. Oleh karena itu, kita harus belajar tentang teknologi dan bagaimana penggunaan dan memanfaatkanya. Hal ini akan sangat bermanfaat tidak hanya dalam menjalankan bisnis online, namun juga bermanfaat bagi kelancaran bisnis online kita ke depannya.

 

Membuat Website

bisnis online

laptopstudy.com

Jika Rekan Bijak telah menemukan prodak atau jasa yang tepat, dan serta pasar yang banyak, langkah selanjutnya dalam memulai bisnis online adalah kita bisa membuat website. Bagian ini cukup penting untuk memulai sebuah usaha bisnis online. Karena akan kita gunakan sebagai media untuk menampilkan produk dan jasa yang kita miliki melalui internet. Jika kita sedang memb uat web, kita wajib memuat menu profile, help, contact, Kita juga harus mempermudah cara untuk membeli produk melalui website yang kita miliki agar pengunjung website kita merasa nyaman dan ingin membeli melalui website kita lagi.

 

Berinovasi dan Berkreasi

bisnis online

www.careeraddict.com

Sudah banyak pembisnis di dunia online yang telah lebih dulu ada. Oleh karena itu kita sebagai pemula di bisnis online harus membuat inovasi yang baru. Tujuannya untuk menarik minat konsumen dan agar bisnis anda lebih menonjol dibandingkan yang lainnya. Misalnya dari segi pengemasan atau lainnya. Bila anda menjual suatu produk makanan atau minuman anda dapat membuat inovasi rasa di dalamnya agar berbeda dari produk lainnya.

 

Memulai Pemasaran

bisnis online

www.franchise-expo.co.id

Jika semuanya sudah matang dan siap, kita bisa memulai kegiatan pemasaran atau promosi sudah. Melalui kegiatan ini anda akan mengembangkan bisnis online anda. kita harus melakukan perencanaan pemasaran yang matang seperti bagaimana kegiatan promosi akan dilakukan dan menggunakan media apa serta hal-hal lainnya yang berkaitan dengan penjualan.

 

Siapkan Mental

bisnis online

www.shutterstock.com

Menjalani bisnis bukanlah hal yang mudah, dan jangan mengharapkan kita dapat mendapatkan keuntungan dengan cepat. Nikmatilah proses bisnis kita secara perlahan, akan ada banyak rintangan dan masalah seiring perjalanan bisnis kita. Dinamika bisnis, mulai dari masalah sepele dan berat pastinya akan selalu ada. Namun ingatlah tujuan utama kita membangun bisnis, jangan gampang mneyerah dengan masalah yang ada. Maka dari itu kita bisa memulai bisnis sesuai hobi dan minat kita, agar jika kita terkena masalah kita bisa tetap setia memikirkan jalan keluarnya agar bisnis kita terus berjalan.

 

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: