Yuk, Datang ke 7 Acara Ini yang Hanya ada di Bali!

Salah satu daerah yang ada di Indonesia, yang memiliki banyak peminat yaitu Bali. Alasan kebanyakan orang senang berkunjung ke Bali yaitu bali memiliki alam yang indah, tidak terlalu banyak polusi udara, orang-orang yang ramah, dan memiliki berbagai macam event atau acara yang menarik.

Yuk, Datang ke 7 Acara Ini yang Hanya ada di Bali!

Yuk, Datang ke 7 Acara Ini yang Hanya ada di Bali!

Bali merupakan salah satu daerah di Indonesia yang berada di Kepualauan Nusa Tenggara. Ada berbagai acara atau event menarik di Bali, yang membuat turis dari mancanegara datang dan berwisata di Bali. Dari sekian banyak acara atau event yang ada, ada beberapa event yang menjadi ciri khas daerah Bali itu sendiri, karena, event ini hanya ada di Bali saja. Lalu, apa saja acara yang hanya ada di Bali?

Baca Juga : Inilah 6 Alasan Mengapa Bali Masih Menjadi Tempat Liburan Favorit

Ubud Writer & Readers Festival

Acara

Sumber : ubudwritersfestival.com

Event pertama yang wajib Rekan Bijak datangi saat berada di Bali yaitu ubud writer and readers festival. Event ini merupakan event yang diadakan setiap tahun, biasanya acara ini diadakan pada bulan Oktober, dan untuk tahun 2019 ini, event ini diadakan pada tanggal 23-27 Oktober mendatang.

Festival ini merupakan event yang cocok bagi Rekan Bijak yang menyukai karya sastra, karena, pada acara ini ada berbagai penulis, baik penulis yang ada di dalam negeri, hingga penulis mancanegara yang akan mempresentasikan hasil karyanya. Selain itu, pada festival ini Rekan Bijak juga bisa berdialog, serta berdiskusi dengan orang-orang yang datang ke event ini mengenai berbagai hal tentang kesusastraan. Dan, pada acara ini akan menyajikan berbagai pertunjukan seni khas Bali.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Komunitas Si Pecinta Buku, Seni, dan Budaya

Bali Spirit Festival

Acara

Sumber : indojunkievibes.com

Event selanjutnya yang hanya ada di Bali yaitu Bali Spirit Festival. Bali spirit festival ini merupakan suatu event yang menyelenggarakan olahraga yoga bersama dengan memberikan sedikit mantra inti dari Hinduisme Bali-Tri Hita Kirana. Fungsi dari mantra tersebut yaitu agar membuat kehidupan Rekan Bijak menjadi selaras, antara lingkungan spiritual, sosial, dan alam.

Bali spirit festival merupakan suatu event yang memiliki daya tarik wisatawan hingga 7.000 orang/tahun. Selain kegiatan olahraga yoga, event ini memberikan berbagai macam aktivitas yang bisa Rekan Bijak nikmati, seperti pesta kebudayaan, tari-tarian, dan pertunjukan musik. Bali spirit festival ini akan diadakan pada tanggal 24-31 Maret 2019.

Baca Juga : 7 Jenis Olahraga Air yang Dapat Dinikmati di Tanjung Benoa, Bali

Festival Ogoh-ogoh

Acara

Sumber : Kintamani.id

Selanjutnya, event yang harus Rekan Bijak hadiri saat berada di Bali yaitu festival ogoh-ogoh. Ogoh-ogoh itu sendiri merupakan sebuah karya seni berupa patung khas Bali yang menggambarkan kepribadian Bhuta Kala, yang memiliki arti Bhuta yaitu kekuatan alam semesta, dan Kala yang memiliki arti tidak terukur, tidak terbantahkan.

Karya seni ini dibuat oleh pemuda banjar, sebelum menyamput perayaan Nyepi, waktu yang dibutuhkan untuk membuat karya seni ini kurang lebih sebulan lamanya. Festival ini sendiri, diadakan untuk merayakan hari Nyepi, yang biasa dilakukan oleh orang-orang yang menganut agama Hindu. Festival ogoh-ogoh ini biasanya dilakukan pada saat sore dan pawai akan dilakukan saat malam hari.

Ubud Food Festival

Acara

Sumber : balebengong.id

Event selanjutnya yaitu ubud food festival yang merupakan acara tahunan yang dimulai pada tahun 2015. Event ini merupakan sebuah event kuliner terpopuler di Asia Tenggara, karena, pada acara ini Rekan Bijak bisa melihat bagaimana cara membuat sebuah makanan khas Indonesia dari para ahlinya.

Pada tahun 2019 ini, ubud food festival diadakan pada tanggal 26-28 April yang akan datang, mengangkat tema Spice Up The World. Selain itu, Rekan Bijak juga bisa mendapatkan pengetahuan baru mengenai kuliner dari para pembicara yang sudah ahli dibidangnya, seperti Ririn Marinka, Vebrina Hadi, Wayan Kresna Yasa, Prof. Dr. Ir. Murdijati Gardjito, dan I Ketut Buda.

Baca Juga : 4 Pedesaan di Bali yang Memiliki Keindahan dan Keunikan Tersendiri

Festival Nusa Penida

Acara

Sumber : tribunnews.com

Seperti namanya, festival ini merupakan sebuah event yang diadakan di Nusa Penida. Nusa Penida itu sendiri merupakan sebuah pulau yang ada di kawasan Bali. Tidak bisa dipungkiri, bahwa pulau Nusa Penida merupakan sebuah pulau di Bali yang memiliki surga tersembunyi yang cocok untuk Rekan Bijak datangi untuk berwisata, dan melepaskan penat. Untuk mengenalkan serta mempromosikan pulau ini, maka, pemerintah daerah setempat membuat event yaitu festival Nusa Penida.

Hal yang bisa Rekan Bijak lihat serta nikmati saat ke acara festival Nusa Penida ini yaitu melihat berbagai karya seni budaya, melihat beragam produk UMKM, dan melihat berbagai macam perlombaan air, seperti sailing, snorkeling, surfing. Festival Nusa Penida ini akan diadakan pada tanggal 03-05 Oktober 2019.

Baca Juga : 7 Tempat Wisata Unik dan Terpopuler di Indonesia Wajib Dikunjungi

Kuta Karnaval

Acara

Sumber : balifantastic.com

Acara selanjutnya yang hanya ada di Bali yaitu Kuta Karnaval. Kuta karnaval atau yang biasa dijuluki dengan A Celebration Of Life ini mulai diadakan pada tahun 2003, untuk membuktikan pada dunia, bahwa rayat Bali bisa menjalani hidup seperti sedia kala, dan meninggalkan kesedihan akibat dari Bom Bali pada tahun 2002.

Tujuan dari Kuta karnaval ini yaitu mengajak turis lokal atau mancanegara untuk datang ke Bali lagi. Event ini biasanya diadakan pada bulan Oktober setiap tahunnya. Kuta karnaval ini memiliki berbagai acara menarik yang wajib Rekan Bijak datangi, seperti sunset karnaval, berbagai macam upacara, arak-arakan, food festival, surf festival, dan festival musik. Dan, event ini memiliki tema yang berbeda setiap tahunnya.

Baca Juga : 8 Spot Sunrise di Bali yang Sangat Disayangkan Jika Dilewatkan

Nusa Dua Fiesta

Acara

Sumber : obyekwisataterlengkap.blogspot.com

Terakhir, acara yang hanya ada di Bali yaitu Nusa Dua Fiesta. Hal unik dari event ini yaitu acara ini sudah terselenggara selama 22 tahun lamanya, untuk tahun 2019, event diadakan pada 25-27 Oktober. Hal yang bisa Rekan Bijak lihat di event ini yaitu seni, budaya, dan olahraga lokal yang berskala Internasional.

Baca Juga : Suka Surfing? Inilah 8 Tempat Surfing Terbaik di Benua Asia!

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan apa saja acara yang hanya ada di Bali? Jika sudah, semoga informasi dari Danabijak dapat bermanfaat ya, Rekan!

Acara

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: