Mengapa Kita Harus Belajar Bahasa-Bahasa Asing?

Banyak orang sekarang ini memutuskan untuk bisa berbahasa asing, terutama bahasa Inggris, dan biasanya orang-orang tersebut merupakan orang-orang yang ingin mempunyai karier yang cukup baik. Hal ini merupakan hal biasa, mengingat penguasaan bahasa asing merupakan hal yang penting dan makin lama makin dibutuhkan seiring perkembangan zaman.

Mengapa Kita Harus Belajar Bahasa-Bahasa Asing?

Mengapa Kita Harus Belajar Bahasa-Bahasa Asing?

Tidak sedikit orang yang memutuskan untuk belajar bahasa asing. Pasalnya, sekarang ini, belajar bahasa asing adalah salah satu syarat untuk menempuh karier yang lebih tinggi. Bahkan, sekarang ini banyak pekerjaan yang sudah mengharuskan menguasai bahasa asing, terutama bahasa Inggris. Sekarang ini, bahasa Inggris merupakan bahasa yang dipakai secara internasional, dan orang-orang pun dituntut untuk bisa bahasa Inggris agar bisa menghadapi dunia yang semakin lama semakin terintegrasi ini, termasuk kamu.

Bahkan, sekarang bahasa Inggris pun juga tidak cukup. Banyak pekerjaan yang biasanya mengharuskan untuk menguasai bahasa Inggris, namun akan lebih menerima orang-orang yang bisa menguasai bahasa asing, dengan keterangan “Bisa lebih bahasa asing selain bahasa Inggris merupakan nilai tambah”. Itu adalah salah satu alasan mengapa menguasai bahasa lain merupakan hal penting, lalu apa lagi alasan mengapa kita harus menguasai bahasa asing?

Menurunkan Risiko Penyakit-Penyakit Tertentu

bahasa asing

Semakin lama, semakin banyak penyakit-penyakit aneh yang bermunculan di tubuh manusia. Hal ini disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah gaya hidup yang tidak sehat, seperti jarang berolahraga atau makan tidak teratur, dan juga makanan-makanan yang tidak sehat, seperti makanan yang memakai minyak daur ulang, dan lain-lain. Namun, penyakit-penyakit tersebut bisa saja dicegah, salah satunya adalah dengan cara belajar bahasa-bahasa asing.

Menurut penelitian dari University of Edinburgh, Skotlandia, belajar bahasa melibatkan otak kiri dan kanan, sehingga penting ketika di masa depan. Otak orang yang bisa dua bahasa, menurut penelitian di Kanada, bahkan bisa menghindarkan dari penyakit alzheimer dan demensia. Orang-orang yang bisa lebih dari 1 bahasa pun dikatakan bisa lebih kreatif, lebih pintar secara kognitif, dan juga lebih kreatif. Orang-orang yang bisa lebih dari 1 bahasa pun dikatakan memiliki otak yang lebih berkembang dibandingkan orang yang hanya bisa 1 bahasa.

Memperluas Kesempatan dan Pilihan

bahasa asing

Dengan belajar bahasa asing, sebenarnya akan memperluas kesempatan kamu. Apa saja kesempatan? Kesempatan untuk berkenalan dengan orang-orang asing. Apalagi, sekarang ini, Indonesia sedang menjalin kerjasama dengan Tiongkok, Jepang hingga Singapura. Dengan belajar bahasa asing, tanpa sadar kamu sedang memperluas kesempatan kamu untuk berkenalan dengan orang-orang asing.

Apalagi, ketika kamu memutuskan untuk masuk ke komunitas atau organisasi-organisasi internasional. Ketika hal itu terjadi, kamu pastinya sudah harus belajar setidaknya bahasa Inggris, dan bahasa-bahasa asing seperti Prancis, Mandarin atau Arab mungkin bisa dipelajari juga sebagai bahasa tambahan.

Mengenal Budaya Lain

bahasa asing

Belajar bahasa bukan berarti hanya belajar bahasa sepenuhnya tanpa mengetahui makna dari kata-kata tersebut. Ketika belajar bahasa, sangat jarang ketika kita belajar bahasa, tetapi tidak mempelajari adat istiadat dan budaya dari bahasa asal. Ketika kamu belajar bahasa Mandarin dan melihat kosa katanya, pastinya kamu akan mempelajari bagaimana huruf tersebut bisa terbentuk. Misalkan, kata dari bahasa Mandarin, yakni 口 yang dikatakan sebagai Kǒu terbentuk dari bentuk mulut manusia. Dari bahasa Inggris, kita akan menemukan bagaimana kata-kata seperti hugebig, dan large berbeda-beda, dan pemakaiannya pun di Amerika Serikat pun berbeda-beda.

Jika kamu memang ingin menghafal dengan cukup cepat, kamu memang harus mengetahui asal muasal dan mengetahui bagaimana penggunaannya. Termasuk penggunaan kata-katanya secara formal maupun informal, dan hal tersebut merupakan hal yang penting dan harus dipelajari budayanya.

Melatih Otak untuk Multitasking

bahasa asing

Selain itu, belajar bahasa asing akan sangat membantu otak dan melatih otak dalam hal multitasking. Mengapa hal ini bisa terjadi? Menjadi seorang yang baru belajar bahasa, pastinya kamu akan melatih otak dengan sangat sulit, yakni menerjemahkan bahasa yang baru kamu pelajari lalu melihat artinya terlebih dahulu, dan lama kelamaan kamu akan ingat sendiri artinya.

Setelah kamu sudah ingat artinya, kamu akan melatih otak untuk mengingat artinya dan langsung menerjemahkan bahasa yang sedang kamu pelajari ke bahasa asli kamu. Dan hal itu akan secara tidak langsung melatih otak kamu untuk bisa multitasking, dan kamu akan juga bisa menguasai bahasa yang sedang kamu pelajari.

Memudahkan Pergaulan Dunia Internasional

bahasa asing

Ketika belajar bahasa asing, pastinya akan sangat membantu kamu dalam pergaulan di dunia internasional. Setiap manusia pasti butuh untuk bergaul. Mengapa? Karena manusia adalah makhluk sosial dan harus terus bersosialisasi dengan manusia-manusia lainnya. Dan semakin lama, manusia-manusia tidak hanya harus bergaul dengan orang-orang yang berada di sekitar komunitas atau masyarakatnya, namun juga harus mulai secara mendunia.

Ketika kamu belajar bahasa lainnya, kamu akan terbantu oleh bahasa yang kamu dalami dalam bergaul dengan orang-orang di seluruh dunia, terutama bahasa Inggris sebagai bahasa internasional yang biasa dipakai oleh banyak orang. Untuk kamu yang ingin bergaul dengan orang-orang asing, kamu harus bisa bahasa Inggris!

Memudahkan Mencari Berita Bahasa Asing

bahasa asing

Dengan mempelajari bahasa lain, seperti bahasa Inggris, akan sangat memudahkan untuk mencari berita-berita yang menggunakan bahasa yang bukan bahasa asli kita, terutama berarti berbahasa Inggris. Sekarang ini, banyak orang mencari referensi untuk keperluan studinya, dan biasanya referensi tersebut menggunakan bahasa Inggris. Referensi  dengan isi dalam bahasa Inggris tersebut terkadang sulit untuk diterjemahkan, oleh karena itu perlu untuk belajar bahasa Inggris.

Bahkan, sekarang ini pun jurnalis-jurnalis dan para wartawan harus menguasai bahasa Inggris, karena mereka akan mengutip perkataan-perkataan orang-orang asing, terutama para pemimpin negara-negara. Apalagi jika mengutip perkataan-perkataan tersebut, harus mengutip dengan benar dan tidak boleh sampai artinya salah dan maknanya pun rusak.

Memudahkan Mendapatkan Beasiswa

bahasa asing

Sekarang ini beasiswa merupakan suatu hal yang diinginkan oleh banyak siswa SMA maupun mahasiswa, baik yang ingin meneruskan jenjang pendidikan menjadi seorang sarjana maupun seorang magister, atau bahkan seorang doktor, dan tentunya mendapatkan beasiswa ini tidaklah mudah, sehingga tidak sedikit beasiswa yang memfokuskan pada anak-anak yang mempunyai kemampuan berbahasa lebih dari 3 bahasa.

Biasanya, ketiga bahasa itu adalah bahasa asli, bahasa Inggris, dan bahasa tempat universitas tersebut. Jika kamu ingin berkuliah di Jerman, mungkin kamu harus bisa berbahasa Jerman. Jika kamu ingin berkuliah di Tiongkok, mungkin kamu harus bisa berbahasa Mandarin. Hal-hal seperti ini yang membuat kamu lebih mudah diterima di negara lain untuk sekedar meneruskan pendidikan!

Nah, Rekan Bijak, jika kamu memang ingin bergaul dengan orang-orang luar negeri, kamu harus pintar berbahasa asing terlebih dahulu, terutama bahasa Inggris! Ditambah lagi, kamu juga harus bisa bahasa minimal 3 bahasa. Sekarang ini, kamu bisa belajar bahasa-bahasa asing lewat banyak cara, mulai dari belajar di Youtube hingga berkenalan dengan orang luar negeri yang akan pelan-pelan melatihmu!

bahasa asing

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: