6 Alasan Penting Mengapa Berdagang Membutuhkan Media Sosial

Media sosial sekarang ini sudah menjadi salah satu wadah orang-orang untuk berdagang. Bahkan ada saja yang hanya memfokuskan berdagang di media sosial dibandingkan secara face to face. Banyak alasan orang-orang yang berdagang lebih memilih fokus di media sosial dibandingkan secara face to face. Salah satu alasannya adalah promosi yang lebih efektif.

6 Alasan Penting Mengapa Berdagang Membutuhkan Media Sosial

6 Alasan Penting Mengapa Berdagang Membutuhkan Media Sosial

Banyak orang berdagang memutuskan untuk memaksimalkan penggunaan dari media sosial. Media sosial sendiri mempunyai banyak keuntungan khususnya untuk orang-orang yang berdagang, salah satunya adalah tidak menggunakan modal yang terlalu banyak untuk sekedar berjualan dan promosi. Namun, masih banyak pengusaha, yang sudah sejak lama bergelut di dunia usaha, namun masih tidak pernah memakai media sosial untuk memperluas usahanya, terutama di ranah internet.

Padahal, ada banyak sekali keuntungan jika memutuskan untuk berdagang dengan menggunakan media sosial, ditambah lagi kemudahan-kemudahan yang ditawarkan oleh media sosial-media sosial yang ada. Jika para pedagang dan pengusaha memutuskan untuk menggunakan media sosial sebagai sarana untuk memperluas kerajaan usahanya, tentunya akan lebih banyak pelanggan, bukan?

Oleh karena itu, ada sekitar 6 alasan penting mengapa berdagang sekarang ini membutuhkan media sosial. Apa sajakah itu?

Lebih Dekat dengan Konsumen

berdagang

Kedekatan dengan para konsumen merupakan alasan utama mengapa orang-orang yang berdagang perlu untuk memakai media sosial sebagai wadah untuk bisnisnya. Kedekatan dengan konsumen merupakan alasan utama. Dengan adanya media sosial, tentunya para pengusaha dan pedagang mesti lebih up-to-date mengenai apa yang diinginkan oleh masyarakat dan mengikuti perkembangan zaman.

Apabila mereka tidak bisa mengikuti perkembangan zaman, pasti akan langsung ditinggal oleh para konsumen. Hal inilah yang harus dicegah oleh para pengusaha. Dengan lebih dekat dengan konsumen, para pengusaha dan pedagang akan lebih tahu apa yang sedang populer, apa saja kekurangan dan kelebihan barang dan jasanya, hingga apa yang diinginkan mayoritas konsumen.

Mengarahkan Traffic ke Website yang Ada

berdagang

Jika seorang pedagang sudah mempunyai website untuk usahanya, maka itu adalah hal yang baik. Namun, mempunyai sebuah website bukanlah pertanda bahwa sudah benar-benar bagus. Sama saja jika seorang pengusaha atau pedagang mempunyai sebuah website, namun tak ada orang yang datang ke website tersebut, untuk mengetahui produk tersebut atau bahkan hanya untuk sekedar mengunjungi website yang ada.

Salah satu cara meningkatkan traffic yang ada dalam sebuah website adalah dengan mempromosikannya di media sosial-media sosial yang ada. Dengan memakai media sosial, seperti dari Facebook, Twitter hingga Instagram, akan sangat membantu dalam meningkatkan traffic ke website.

Memperluas Pasar

berdagang

Memperluas pasar merupakan hal lain yang penting untuk orang-orang yang berdagang. Memperluas pasar adalah hal yang penting, demi untuk tidak menerima pelanggan yang itu-itu saja, yang akan membuat stagnan, bahkan bisa jadi menurun. Untuk itu, perluasan pasar dibutuhkan, bahkan diwajibkan untuk para pengusaha dan pedagang yang memang ingin usahanya berjalan terus.

Perluasan pasar ini bisa dilakukan dengan memakai media sosial. Media sosial sangatlah penting dalam hal ini, karena media sosial bisa menjangkau orang-orang yang tidak pernah mendengar bisnis seorang pedagang sebelumnya. Apalagi media sosial bisa menjangkau hingga orang-orang yang ada di pedalaman.

Bantu Melihat Persaingan Pasar

berdagang

Persaingan pasar bukan hanya dilihat dari hal-hal yang bersifat konvensional, namun sekarang ini, bisa juga dilihat dari media sosial. Bagaimana bisa? Karena persaingan pasar di media sosial sudah mulai dirasakan, bahkan banyak perusahaan yang secara terang-terangan bersaing di media sosial.

Oleh karena itu, orang-orang yang sedang berdagang sudah boleh memikirkan kembali untuk berdagang di ranah media sosial. Kompetisi di media sosial inilah yang membuat orang-orang bisa melihat persaingan pasar, sekaligus melihat SWOT dari perusahaan lainnya. SWOT biasanya digunakan untuk mengetahui kekuatan, kelemahan dari lawan.

Respon Lebih Cepat

berdagang

Respon yang ditawarkan oleh media sosial tidaklah terbantahkan cepatnya. Jika kita terpaku dengan zaman sebelum adanya media sosial, orang-orang akan memakai SMS, telepon, atau pun menulis di secarik kertas agar konsumen bisa berbicara secara tidak langsung maupun secara langsung terhadap pihak perusahaan atau pedagang. Hal itui hanya akan memberikan respon yang tidak cepat dan terkesan lama.

Respon yang bisa diberikan oleh media sosial itu bisa secara cepat, bahkan mungkin saja dalam waktu 1 menit, sehingga seperti apapun protes yang dilayangkan, bisa langsung secara tanggap direspon oleh para pedagang dan perusahaan, sehingga bisa membangun citra responsif terhadap masalah apapun yang menyangkut produk seorang pedagang atau sebuah perusahaan.

Promosi Lebih Mudah

berdagang

Promosi yang dilakukan di media sosial terbukti lebih berhasil dibandingkan promosi yang bersifat konvensional. Mengapa? Karena seperti sudah yang dikatakan sebelumnya, dengan adanya promosi di media sosial, hal tersebut akan sampai kepada para pelanggan yang sebelumnya mungkin tidak pernah mendengar suatu produk seseorang dagangkan, dan jika tertarik, kemungkinan besar ia akan membeli.

Sekarang ini, promosi di media sosial pun bisa dengan menggunakan hashtag atau pun dengan mengiklankan di para influencer, dan bahkan sekarang ini, hampir semua media sosial yang populer menyediakan fitur iklan untuk orang-orang yang berdagang di media sosial. Dengan begitu, orang-orang pun tambah lebih sering melihat suatu iklan.

Untuk kamu yang memang sedang berdagang, namun masih memakai cara yang konvensional dan belum memakai media sosial, lebih baik secepat mungkin kamu memakai cara dari media sosial, Rekan Bijak! Karena akan sangat membantu dalam berbisnis dan berdagang!

berdagang

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: