Mengapa Sekarang Ini Bisnis Harus Tersedia secara Online?

Internet telah "merevolusi" bidang komunikasi, dan berhasil membuat banyak perubahan. Karena komunikasi yang super cepat dan tidak terbatas ini, orang-orang pun bisa berkomunikasi secara langsung tanpa perlu repot. Hal ini membuat dunia bisnis pun juga berubah secara sistem, dengan banyaknya toko yang mengharuskan dirinya untuk bergerak secara online demi menggapai jumlah konsumen yang lebih besar.

Mengapa Sekarang Ini Bisnis Harus Tersedia secara Online?

Mengapa Sekarang Ini Bisnis Harus Tersedia secara Online?

Kita bisa melihat sekarang ini, ada begitu banyak produk-produk yang tersedia secara online. Perkembangan internet membuat hal-hal seperti ini terjadi. Jika dahulu kita masih memakai cara tradisional dan konvensional, membeli barang-barang seperti baju harus datang terlebih dahulu ke pasar, sekarang ini sudah berbeda. Sekarang ini, baju-baju pun sudah dipesan sendiri lewat handphone, sebuah perangkat yang 15 tahun lalu hanya untuk telepon, melakukan SMS, mendengarkan musik dan bermain game yang juga itu-itu saja.

Sekarang juga, apapun bisa dipesan secara online, dan bahkan bisa dikatakan banyak muncul para pengusaha yang datang dari ranah internet dan tidak datang dari ranah konvensional, bahkan bisa dikatakan tidak mempunyai tangible asset yang lengkap, namun penjualannya pun lebih laris dibandingkan dengan produk-produk yang dijual secara konvensional.

Oleh karena itu, ada banyak alasan untuk segera mengalihkan bisnis dari yang tadinya konvensional, menjadi sesuatu yang go online. Apa sajakah alasannya?

Hemat Waktu

online

Sumber : Onepixel.com

Dalam bisnis yang bisa go online, segala sesuatu menjadi lebih hemat waktu. Bayangkan saja jika kamu berjualan secara konvensional, kamu harus pergi terlebih dahulu ke tempat kamu berjualan, merapikan barang-barang yang ada agar eye-catching kepada para pembeli, lalu kamu juga harus membuat tempat kamu semenarik mungkin sebelum membuka toko. Tentunya itu sudah memakan cukup banyak waktu, belum lagi jika macet di jalan.

Berbeda dengan bisnis yang memang sudah tersedia produk-produknya di internet. Produk dan layanan jasa yang sudah tersedia di internet pastinya lebih mudah untuk diorganisir, karena produk dan layanan jasa di internet hanya butuh foto-foto yang bagus sehingga lebih eye-catching dan menarik para pelanggan.

Kemudahan Akses

online

Sumber : Insideretail.hk

Kemudahan akses yang ditawarkan oleh internet juga mempengaruhi hampir semua penjuru aspek kehidupan masyarakat, dan oleh karena itu, kemudahan akses pun ditawarkan juga kepada bisnis-bisnis untuk segera bisa diakses secara online. Kemudahan akses yang ditawarkan oleh internet memang membawa dampak yang sangat besar, terutama pada bisnis-bisnis.

Banyak bisnis besar pada dahulu, akhirnya terluluhlantahkan oleh banyak toko-toko yang sudah menyediakan produk-produk secara online. Sebut saja penutupan gerai toko-toko konvensional di mall-mall yang mulai tergantikan oleh banyak toko-toko di internet yang menjual produk lebih bervariasi, ditambah juga lebih murah dan lebih mudah diakses, dan juga ikut memaksa toko-toko konvensional tersebut beralih membuat bisnisnya secara digital.

Meningkatkan Citra Usaha

online

Sumber : Videoblocks.com

Sekarang ini, internet menjadi suatu hal yang sangat penting, bukan hanya lagi untuk sekedar kemudahan akses atau pun waktu yang lebih hemat, namun juga untuk kepentingan perusahaan itu sendiri dalam meningkatkan citranya. Salah satu cara meningkatkan nama brand dan juga meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap suatu bisnis adalah dengan adanya website khusus produk bisnis, akun-akun online yang mudah diakses, hingga media sosial-media sosial yang akitf.

Jika kamu tidak mempunyai akun-akun bisnis yang tersedia secara online dan aktif, kamu hanya melakukan blunder besar, karena kamu akan membuat para calon pelanggan kamu pergi dan hilang. Bagaimana cara para pelanggan tahu bisnis kamu itu ada jika tidak bisa diakses dimanapun di internet? Dan jika pun sudah tahu, bagaimana para calon pelanggan bisa tahu bahwa bisnismu itu kredibel jika tidak ada akun yang tersedia secara online?

Customer Service Lebih Maksimal

online

Sumber : Shutterstock.com

Customer service yang dilakukan di internet pastinya lebih mudah dibandingkan yang dilakukan secara konvensional. Jika kamu percaya pada slogan “Pelanggan adalah Raja”, maka kamu juga pasti percaya bahwa jika pelanggan adalah raja, pelayanan dan komplain pun harus difasilitasi dengan baik, agar para konsumen yang mempunyai uneg-uneg, bisa menyampaikannya dengan baik.

Cara konvensional membuat seorang konsumen harus datang ke toko secara tradisional dan komplain, sehingga hanya membuat segala sesuatu menjadi lebih sulit, dan membuat sang pelanggan berpotensi untuk tidak lagi membeli produk yang ada. Berbeda dengan secara online, yang komplainnya bisa dilakukan secara langsung, dan bisa dibalas komplainnya secara langsung, dan dengan adanya jawaban dari customer service akan membuat bisnismu lebih dipercaya karena dianggap telah memberikan solusi.

Biaya yang Tidak Besar

online

Sumber : Videoblocks.com

Biaya yang dikeluarkan ketika berbisnis secara online  pun tidak terlalu besar, karena tidak memerlukan banyak tangible asset. Kamu tidak perlu lagi menyewa lahan lagi untuk berjualan, tidak perlu lagi membeli kendaraan pengantar barang, atau pun tidak perlu lagi membeli tanah. Kamu hanya perlu berjualan secara online, kecuali jika kamu memang menjual sebuah barang harus secara konvensional dan promosi di internet.

Biaya yang kamu perlu pikirkan untuk berbisnis diinternet hanyalah bermodalkan smartphone dan mungkin laptop. Selebihnya, kamu hanya perlu menambah-nambah barang agar orang-orang lebih suka dengan produkmu, seperti kamu membeli kamera yang bagus agar foto produk lebih baik, membeli aplikasi photoshop agar barang terlihat lebih bagus, atau pun membeli peralatan-peralatan tertentu untuk membuat penampilan produk lebih baik.

Kemudahan Mencapai Segmen Pasar

online

Sumber : Depositphotos.com

Saat ini, mayoritas pengguna internet adalah orang-orang dari usia-usia produktif. Hal ini tidak mengagetkan, mengingat seperti yang sudah dikatakan sebelumnya, bahwa internet sangatlah berpengaruh kepada segala bidang, sehingga kebutuhan terhadap internet sangatlah besar. Orang-orang dari usia produktif ini ada yang masih bersekolah, bekerja, masih kuliah, dan lain-lain, namun tetap saja butuh internet.

Dan hampir semua bidang jenis usaha berfokus kepada para konsumen yang masih berada di usia produktif. Seringnya orang-orang dari usia produktif mengakses internet merupakan pertanda bahwa, jika bisnis-bisnis ingin dikenal, maka mereka pun harus diakses ke internet. Kemudahan yang diberikan internet ini bahkan sekarang sudah lebih canggih, hingga memakai adanya iklan di internet yang bisa ditujukan ke segmen-segmen tertentu.

Meningkatkan Kemampuan Bisnis

online

Sumber : Videoblocks.com

Keuntungan dari adanya internet dan membuat bisnis secara online adalah juga meningkatkan kemampuan sebuah usaha. Jika dahulu hanya sekedar pembelian transaksi secara langsung dan dilakukan secara face to face, sekarang ini sudah bisa dilakukan secara online tanpa perlu harus bertemu konsumen secara langsung dan menjelaskan produk yang dijual.

Sekarang ini juga sudah ada deskripsi-deskripsi barang yang diketik dengan lengkap, sehingga orang-orang tidak perlu banyak bertanya karena sudah mendapatkan jawaban yang ada. Walau begitu, tetap saja ada pertanyaan-pertanyaan di luar deskripsi, dan itu pun juga bisa dilayani secara langsung dengan cara membalas pertanyaan yang ada.

Lebih Update tentang Perkembangan Zaman

online

Sumber : Depositphotos.com

Sebuah bisnis sudah harus, wajib dan kudu update tentang apapun yang terjadi. Hal ini dikarenakan segala sesuatu yang terjadi, apalagi yang terjadi berhubungan dengan politik dan ekonomi, tentunya harus selalu update sehingga bisa menghadapi kemungkinan-kemungkinan terburuk. Kemungkinan-kemungkinan terburuk yang dimaksudkan seperti terjadinya krisis ekonomi, turun atau naiknya harga minyak dunia, hingga segala sesuatu yang berhubungan langsung dengan usahamu.

Tentunya, bisnis harus dilakukan secara online jika hal ini terjadi, agar bisa mengikuti tren yang ada. Tentunya hal ini sangatlah penting, mengingat sekarang ini segala sesuatu saling terhubungkan. Satu kejadian yang benar-benar parah bisa mempengaruhi seluruh dunia, seperti yang terjadi pada bangkrutnya Lehman Brothers di tahun 2008, jatuhnya minyak dunia di tahun 2018 hingga devaluasi mata uang Tiongkok di tahun 1997 adalah contoh nyatanya. Mungkin jika hal-hal ini terjadi tidak bisa dihindari, namun yang bisa dilakukan adalah melawan semua kemungkinan terburuknya dengan persiapan yang baik.

Begitulah Rekan Bijak, jika kamu memang sudah mempunyai bisnis namun kamu tidak ingin bisnis kamu jatuh atau kalah saing, sudah saatnya bisnis kamu yang mungkin saja masih konvensional, mulai beralih ke bisnis secara online.

online

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: