5 Alasan Membaca Buku dalam Bentuk Fisik Lebih Baik daripada Ebook

Dalam kehidupan manusia, membaca merupakan suatu kegiatan yang pasti dilakukan setiap hari. Ada berbagai macam manfaat yang bisa didapatkan dari membaca, baik membaca buku, membaca berita, dan masih banyak lagi. Membaca sebuah informasi saat ini tidak lagi menggunakan buku secara fisik, melainkan bisa menggunakan alat elektronik.

5 Alasan Membaca Buku dalam Bentuk Fisik Lebih Baik daripada Ebook

5 Alasan Membaca Buku dalam Bentuk Fisik Lebih Baik daripada Ebook

Membaca menggunakan alat elektronik lebih dikenal dengan ebook atau buku digital. Membaca buku digital atau ebook tidak mengharuskan Rekan Bijak memiliki buku dalam bentuk fisik. Buku dalam bentuk fisik yang dimaksud ini yaitu buku yang Rekan Bijak punya secara hardcopy atau memiliki fisik yang bisa Rekan Bijak pegang secara langsung tanpa adanya alat bantu elektronik.

Walaupun membaca menggunakan ebook lebih murah, simpel, dan berbagai macam manfaat lainnya. Membaca buku dalam bentuk fisik ternyata lebih baik daripada Rekan Bijak membaca lewat buku digital. Lalu, apa saja alasan membaca buku dalam bentuk fisik lebih baik daripada membaca buku lewat ebook?

Lebih Cepat Paham

Ebook

Sumber : beautynesia.id

Alasan pertama yang membaca buku dalam bentuk fisik lebih baik daripada buku digital yaitu lebih cepat paham terhadap informasi atau pengetahuan yang terdapat di dalam buku fisik. Hal ini di dukung oleh penelitian dari West Chester University, yang menyatakan bahwa, siswa yang membaca menggunakan alat elektronik memiliki pemahaman yang lebih rendah dibanding siswa yang membaca buku dalam bentuk fisik, penyebabnya yaitu banyak siswa yang senang melompati teks atau halaman saat membaca buku digital.

Untuk itu, membaca buku dalam bentuk fisik dapat membantu Rekan Bijak saat ingin memahami suatu informasi lebih cepat. Dengan cepatnya Rekan Bijak memahami suatu informasi, maka, akan semakin cepat pula Rekan Bijak menyelesaikan berlembar-lembar halaman dari buku yang sedang Rekan Bijak baca.

Baca Juga : 5 Cara Membaca Buku dengan Cepat namun Tetap Efektif

Gangguan Baca Buku Fisik Sedikit

Ebook

Sumber : beritagar.id

Alasan selanjutnya yaitu gangguan yang diakibatkan dari membaca buku dalam bentuk fisik lebih sedikit daripada membaca buku digital menggunakan alat elektronik. Saat, Rekan Bijak membaca buku dalam bentuk fisik, maka, Rekan Bijak dapat konsentrasi lebih banyak, karena, konsentrasi Rekan Bijak hanya tertuju pada hal yang sedang Rekan Bijak baca.

Sedangkan, jika membaca di buku digital yang menggunakan gadget sebagai alat bantunya, maka, Rekan Bijak sulit mendapatkan konsentrasi, karena, pasti ada saja berbagai macam gangguan, seperti notifikasi dari media sosial Rekan Bijak. Dengan banyaknya konsentrasi, maka, akan membantu Rekan Bijak memiliki daya ingat yang baik, sehingga tidak mudah lupa terhadap suatu informasi yang telah didapatkan.

Baca Juga : 3 Judul Buku untuk Teman Ngabuburit

Mengembangkan Imajinasi dan Kreativitas

Ebook

Sumber : rancahpost.com

Kelebihan dari ebook yaitu Rekan Bijak dapat mendapatkan berbagai macam ilustrasi, mendapatkan dalam bentuk audio, audio visual, hingga visual. Hal tersebut tidak bisa Rekan Bijak dapat jika membaca dengan buku dalam bentuk fisik, tetapi, Rekan Bijak tidak perlu sedih, karena, dengan membaca buku dalam bentuk fisik, akan membantu Rekan Bijak dalam mengasah imajinasi serta kreativitas.

Buku dalam bentuk fisik biasanya hanya terdiri dari kata-kata, kalimat yang ada pada paragraf dalam beberapa halaman saja, dengan begitu, Rekan Bijak bisa melakukan imajinasi di otak Rekan Bijak, dan hal tersebut tentu akan membuat Rekan Bijak menjadi seseorang yang kreatif.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Komunitas Si Pecinta Buku, Seni, dan Budaya

Tidak Bergantung dengan Teknologi

Ebook

Sumber : mediaindonesia.com

Segala sesuatu dalam kehidupan manusia dapat terbantu dengan adanya teknologi, namun, dengan adanya teknologi ini dapat membuat manusia kecanduan, hingga sulit terlepas dari gadget yang ada. Salah satu cara, agar Rekan Bijak tidak tergantung kepada teknologi yaitu dengan membaca buku dalam bentuk fisik.

Dengan membaca buku dalam bentuk fisik, maka, Rekan Bijak dapat mengurangi kadar radiasi yang didapatkan saat bermain gadget terlalu lama. Untuk itu, membaca buku dalam bentuk fisik lebih baik daripada membaca buku digital yang menggunakan gadget sebagai alat perantaranya.

Tahan Banting

Ebook

Sumber : m.kwikku.com

Alasan terakhir yang membuat buku dalam bentuk fisik lebih baik daripada buku digital yaitu tahan banting. Tidak bisa dipungkiri, terkadang kita pasti pernah menjatuhkan suatu barang, bahkan buku-pun pernah secara tidak sengaja atau sengaja terjatuh. Untuk itu, jika buku dalam bentuk fisik terjatuh, maka, buku tersebut masih bisa di baca, tetapi jika gadget Rekan Bijak yang terjatuh, maka, akan sulit membaca buku digital.

Baca Juga : Senang Hal Unik? Ini Dia 5 Perpustakaan Unik yang Ada di Dunia!

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan apa saja alasan yang membuat buku dalam bentuk fisik lebih baik daripada ebook? Jika iya, semoga artikel di atas dapat bermanfaat ya!

Ebook

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: