Alasan Dolar Amerika Serikat Menjadi Mata Uang Internasional

Setiap negara yang ada di dunia memiliki mata uang yang berguna untuk alat pembayaran dalam kegiatan ekonomi, seperti Indonesia yang memiliki mata uang yang dikenal dengan rupiah. Mata uang itu sendiri memiliki berbagai bentuk, mulai dari yang terbuat dari bahan logam berupa koin, hingga terbuat dari kertas.

Alasan Dolar Amerika Serikat Menjadi Mata Uang Internasional

Alasan Dolar Amerika Serikat Menjadi Mata Uang Internasional

Fungsi mata uang itu sendiri biasanya sebagai alat pembayaran dalam transaksi ekonomi, diantara berbagai mata uang yang ada di dunia, ada satu mata uang yang telah ditentukan sebagai mata uang Internasional yaitu dolar dari Amerika Serikat.

Baca Juga : Transaksi? Lebih Baik Tunai, Debit, atau Kredit? Yuk, Cermati Kekurangan dan Kelebihannya!

Dari sekian banyak mata uang dari berbagai negara di dunia, hanya dolar Amerika Serikat yang sudah diakui dan ditentukan sebagai mata uang Internasional, maksud dari mata uang Internasional tersebut adalah sebagai alat pembayaran yang dapat digunakan hampir di semua negara yang ada di dunia. Rekan Bijak mungkin berpikir, kenapa ya dolar Amerika Serikat bisa menjadi mata uang Internasional? Nah, supaya Rekan Bijak tau, ini dia beberapa alasan yang membuat dolar Amerika Serikat menjadi mata uang Internasional :

Sejarah

Dolar

Sumber : Merdeka.com

Alasan pertama yaitu sejarah, sejarahlah yang membuat mata uang dari Amerika Serikat bisa menjadi mata uang Internasional, hal ini bermula pada suatu perjanjian yang dibuat oleh Bretton Woods pada tahun 1944 yang mewajibkan negara-negara, seperti Amerika Serikat, Eropa Barat, Kanada, Australia, dan Jepang mengikatkan nilai mata uang dari negara tersebut dengan emas, untuk membangun IMF dan World Bank.

Diantara ke lima negara-negara tersebut, Amerika Serikat-lah yang mengendalikan persediaan emas dunia pada saat itu. Oleh karena itu, Amerika Serikat mulai memberikan pinjaman-pinjaman kepada berbagai negara yang mengalami krisis ekonomi akibat perang. Dengan pinjaman yang diberikan oleh Amerika Serikat dalam bentuk mata uang mereka yaitu dolar, mata uang ini akhirnya dapat menggantikan emas yang awalnya sebagai alat pembayaran. Dan dengan adanya berbagai keadaan, membuat dolar Amerika Serikat menjadi mata uang Internasional.

Baca Juga : Intip Sejarah Uang di Indonesia

Ekonomi

Dolar

Sumber : tetopsite.com

Alasan yang kedua yaitu ekonomi di negara Amerika Serikat, keadaan ekonomi di Amerika Serikat cenderung stabil, hal ini sudah terlihat sejak terjadinya perang dunia kedua, diantara sekian banyak negara yang ada di dunia, hanya Amerika Serikat yang memiliki perekonomian yang stabil. Setelah selesai perang dunia kedua, mata uang Amerika Serikat tetap mengalami keadaan yang stabil, bahkan pada tahun 2016, Amerika Serikat memiliki total Gross Domestic Product (GDP) terbesar dan memiliki pertumbuhan yang kearah yang baik.

Selain itu, mata uang Amerika Serikat didukung serta dijamin oleh pemerintah Amerika Serikat sendiri, dan Amerika Serikat memiliki berbagai industri besar yang berskala Internasional. Oleh karena itu, mata uang Amerika Serikat bisa menjadi mata uang yang digunakan secara Internasional.

Baca Juga : Inklusi Keuangan, Program Pemerintah dalam Pemerataan Ekonomi

Politik

Dolar

Sumber : ukhybelajar.blogspot.com

Alasan yang ketiga yaitu politik dari negara Amerika Serikat memiliki pengaruh yang kuat terhadap aspek politik di negara lain, hal ini bermulai dari kemenangan Amerika Serikat dalam perang yang terjadi di perang dunia kedua. Menjadi negara yang menang dalam suatu perang, membuat Amerika Serikat memegang kendali dari berbagai macam aspek, salah satunya aspek politik.

Aspek politik yang dimaksud yaitu hubungan yang dijalin oleh negara Amerika dengan berbagai negara yang ada di dunia, hubungan tersebut bisa berupa berbagai macam perjanjian yang dapat menguntungkan suatu negara, dan negara Amerika Serikat itu sendiri.

Militer

Dolar

Sumber : Kiblat.net

Alasan terakhir yang membuat mata uang Amerika Serikat ini menjadi mata uang Internasional yaitu dari bagian militer, tidak bisa dipungkiri, bahwa kekuatan militer yang dimiliki oleh Amerika Serikat sangat unggul, mulai dari personel yang ada, senjata-senjata yang dimiliki, hingga intelijen yang tidak usah diragukan lagi. Dengan kekuatan militer yang dimiliki Amerika Serikat pada saat terjadinya perang, maka, semakin kuat pula mata uang dolar Amerika Serikat.

Baca Juga : Yuk, Kenali 7 Hal yang Menandakan Keuangan Sehat atau Tidak Sehat Ini!

Nah, Rekan Bijak, sudah tahu kan alasan yang membuat dolar Amerika Serikat menjadi mata uang Internasional? Jika belum, Rekan dapat membaca kembali artikel diatas ya!

Dolar

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: