8 Hal ini Bisa Membuat Kamu Gagal Menyimpan Uang!

Kegiatan menyimpan uang merupakan kegiatan yang sudah sering dilakukan oleh orang-orang secara turun temurun. Namun, sekarang ini pada kenyataannya, orang-orang terutama generasi milenial, banyak yang memilih untuk menghabiskan uang daripada harus menyimpan uangnya. Ada juga yang ingin menabung, namun gagal menabung sehingga tabungannya habis atau sedikit.

8 Hal ini Bisa Membuat Kamu Gagal Menyimpan Uang!

8 Hal ini Bisa Membuat Kamu Gagal Menyimpan Uang!

Apakah Rekan Bijak merupakan seseorang yang sangat rajin menyimpan uang? Menyimpan uang adalah kegiatan yang biasanya dilakukan oleh orang-orang yang sudah mendapatkan uang, baik dalam bentuk uang jajan maupun gaji. Namun apapun itu, yang dinamakan menyimpan uang adalah hal yang penting. Menyimpan uang pun adalah salah satu dari 3 motif untuk memegang uang oleh Keynes, yakni motif transaksi, spekulasi atau biasanya investasi, dan terakhir ada motif berjaga-jaga atau menyimpan uang.

Mempunyai simpanan uang adalah hal yang penting, karena mempunyai simpanan uang dapat membantu ketika ada di masa-masa yang sulit dan tentunya membutuhkan uang. Dengan menyimpan uang, kamu akan tau urgensi dalam mengeluarkan uang. Kamu juga akan lebih berhati-hati dalam bertransaksi atau membeli suatu barang tertentu, karena kamu harus menyisihkan uang kamu untuk disimpan.

Namun, tetap saja ada yang dinamakan cobaan dalam usaha untuk menyimpan uang, dan cukup banyak faktor-faktor yang dapat membuat penyimpanan uang gagal. Lalu, apa sajakah faktor-faktor yang membuat kegiatan menyimpan uang gagal? Berikut adalah kedelapan hal yang bisa membuat gagal menabung!

Tak Ada Motivasi dan Tujuan yang Jelas Ketika Menabung

menyimpan

Sumber : SCMP.com

Adanya motivasi dalam menabung tentunya sangatlah penting untuk keberlanjutan dalam menabung. Motivasi dalam menabung dapat didapatkan darimana pun, namun yang paling penting adalah target dari menabung itu sendiri. Ketika kamu menabung namun kamu tidak mempunyai target atau tujuan dari menabung tersebut, tentunya keinginan untuk menghabiskan uang pun lebih besar, atau pun mengambil uang tabungan pun lebih mudah.

Motivasi pun bisa datang dari kerabat atau pun teman-teman kamu. Misalkan teman kamu menabung, tentunya kamu akan mempunyai motivasi untuk menabung karena kamu juga akan sadar akan pentingnya menabung. Sebaliknya, jika teman kamu jarang menabung, kamu juga akan jarang menabung. Motivasi menabung juga bisa didapatkan dari rasa terancam tidak adanya tabungan di masa tua. Jadi, jika menabung, pastikan kamu mempunyai tujuan menabung dan punyalah kerabat yang gemar menabung juga!

Kehidupan Tidak Mendukung

menyimpan

Kehidupan yang tidak mendukung dalam menabung ada banyak macam, termasuk ketika mempunyai pasangan yang memang boros, atau pun juga memang kehidupan ekonomi yang pas-pasan. Hal yang paling sering terjadi adalah ketika tidak menyimpan uang karena kehidupan ekonomi yang pas-pasan, dan uang yang didapatkan pun juga hanya segitu-segitu saja.

Dan ada juga yang bermasalah seperti pasangan yang tidak mendukung untuk kegiatan menabung, dan hal itu tentunya akan merugikan kehidupan keduanya, apalagi jika sudah punya anak dan berkeluarga. Tentunya menabung itu kegiatan yang sangatlah penting untuk kehidupan saat ini. Dan jika memang keadaan benar-benar tidak mendukung, cobalah solusi untuk mencari pendapatan diluar pendapatan tetap, seperti menjadi seorang barista atau pun membuka online shop.

Kebiasaan Boros

menyimpan

Sumber : Rojakdaily.com

Kebiasaan boros justru akan membuat kamu menjadi “terluluh lantahkan” oleh keadaan. Kebiasaan boros, apapun jenis borosnya, adalah kegiatan yang berpengaruh negatif dan tidak baik, dan harus diubah kebiasaan tersebut. Boros tersebut juga termasuk membeli barang-barang yang bisa dikatakan murah, karena barang-barang yang murah jika dibeli banyak pun akan menghabiskan uang yang ada.

Apalagi jika kegiatan borosnya hingga mempengaruhi tabungan. Banyak orang yang gagal dalam menyimpan uangnya karena kegiatan borosnya yang tidak ia bisa hentikan. Kegiatan borosnya terus dilakukan hingga menghabiskan uang yang tersisa untuk tabungannya. Sudah seharusnya hidup lebih hemat dan sesuai dengan isi dompet.

Kebanyakan Berutang

menyimpan

Sumber : Manado.tribunnews.com

Kebanyakan berutang juga salah satu akibat dari kegagalan menyimpan uang. Kebanyakan berutang hanya akan membuat kamu terbebani oleh utang-utang yang ada. Oleh karena utang tersebut, kamu bisa saja mengurangi tabungan yang telah kamu kumpulkan untuk membayar utang kamu. Berutang ini juga termasuk dalam penggunaan kartu kredit yang berlebihan, loh!

Ketika kamu menabung, pastikan utang kamu dapat kamu bayar tanpa mempunyai efek yang signifikan terhadap tabungan yang kamu punya! Kamu harus berhati-hati dalam berutang, namun bukan berarti tidak boleh. Boleh saja berutang, namun harus tahu batasan dan penuh hati-hati dalam berutang. Perhatikanlah bunga utangnya, total utang yang ada, dan lain-lain.

Gengsi

menyimpan

Sumber : Narcity.com

Gengsi bisa dikatakan merupakan musuh untuk orang-orang yang berhemat. Karena tuntutan gengsi ini, orang jadi sulit berhemat atau pun menabung. Gengsi dalam memilih makanan, seperti misalkan lebih memilih makan di restoran daripada warung; lebih memilih baju-baju yang mahal daripada baju-baju yang sama style-nya namun lebih murah; dan banyak contoh lainnya.

Hal ini tentunya justru membuat orang-orang memilih untuk gengsi dalam segala hal dan menghambat kegiatan berhemat. Karena hal ini pulalah, kegiatan untuk menabung pun juga terhambat. Oleh karena itu, usahakan jangan bergengsi terus! Usahakan jangan keseringan bergengsi. Gengsi memang diperlukan, namun jangan sampai hidup dalam tekanan gengsi.

Ketidakpedulian pada Masa Depan

menyimpan

Sumber : atimes.com

Ketidakpedulian akan masa depan sangatlah menyumbang kegagalan dalam menabung. Mengapa hal ini bisa terjadi? Karena ketika terjadi ketidakpedulian akan masa depan, hal itu akan membuat orang menunda untuk menabung dan menyimpan uangnya. Ia akan selalu berpikir tentang melakukan penabungan di hari esok, atau minggu depan saja. Padahal, menabung itu merupakan kegiatan yang bisa dilakukan secepat mungkin.

Ketidakpedulian akan masa depan, apalagi jika tidak peduli akan masa tua dan pensiun, adalah cara berpikir yang bisa dibilang sangatlah salah dan tidak baik. Lebih baik untuk tidak sering-sering berbelanja, dan memulai menyimpan uang dari sekarang.

Terlalu Royal kepada Orang Lain

menyimpan

Sumber : Sabarhadi.com

“Ah, sudahlah saya pinjami dulu uangnya untuk kamu membeli barang tersebut.” “Ya sudahlah, saya traktir kamu dulu ya untuk hari ini. Lumayan, bonus baru keluar.” Pemikiran-pemikiran ini sebenarnya tidaklah salah, namun yang salah adalah ketika kamu memutuskan untuk royal kepada teman dan kerabat disaat dana kamu tidak mencukupi atau pun malah keseringan royal.

Hal inilah yang justru membuat orang menjadi tidak jadi menyimpan uangnya. Karena keseringan meminjamkan uang atau keseringan mentraktir orang, kebaikan ini justru akan disalahgunakan oleh orang-orang dan akan menjadi kerugian untuk dirimu. Menjadi royal adalah hal yang baik, namun jangan keseringan. Uang yang untuk kamu tabung, malah dijadikan uang untuk teman.

Tak Ada Penghitungan yang Jelas atau pun Anggaran yang Jelas

menyimpan

Sumber : Glints.com

Anggaran yang jelas tentunya akan membantu pengalokasian dana yang ada. Ketika kamu sudah mempunyai pendapatan tetap, kamu tentunya harus mempunyai anggaran yang jelas untuk pengeluaran dan pemasukan. Anggaran yang jelas, seperti anggaran untuk transaksi dan berbelanja, lalu ada anggaran pengeluaran untuk investasi, dan juga modal tabungan, akan membantu kamu dalam menyimpan uang.

Sebaliknya, jika kamu tidak mempunyai anggaran yang jelas, atau malah sama sekali tidak mempunyai perencanaan keuangan yang jelas, justru akan menjadi bumerang untuk kamu yang memutuskan untuk menabung. Jadi, pastikan kamu sudah ada anggaran yang jelas untuk bertransaksi, berspekulasi dan menyimpan uang!

Nah, bagaimana dengan kamu, Rekan Bijak? Apakah kamu sudah sering melakukan kegiatan penyimpanan uang untuk masa depan atau hal-hal urgensi lainnya? Tentunya kamu harus mempunyai simpanan keuangan atau tabungan untuk diri kamu!

menyimpan

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: