Mengapa Orang-Orang Memerlukan Internet Banking?

Cepat atau lambat, internet banking akan booming. Penggunaan internet yang dibutuhkan oleh manusia selama 24 jam sehari, ditambah lagi kebutuhan akan efisiensi dan efektivitas, membuat internet banking merupakan salah satu hal yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, terutama oleh orang-orang yang dalam pekerjaannya, membutuhkan keberadaan bank.

Mengapa Orang-Orang Memerlukan Internet Banking?

Mengapa Orang-Orang Memerlukan Internet Banking?

Siapa yang tidak tahu internet banking, atau bahasa Indonesianya adalah perbankan internet? Internet banking ini sedang dalam peningkatan penggunaannya, mengingat sekarang ini internet merupakan suatu hal yang sangat penting dan diperlukan karena efisiensi dan efektivitas yang ditawarkan oleh internet. Hal ini membuat pihak perbankan untuk juga masuk memberikan pelayanan jasa dalam bentuk bank lewat internet.

Banyak fitur yang ditawarkan oleh internet banking, atau biasanya disebut e-banking ini. Fitur-fitur tersebut antara lain adalah informasi rekening dan kartu kredit, posisi saldo, sejarah transaksi, daftar rekening, transfer dana kemana pun, dan juga bisa untuk pembayaran-pembayaran tertentu. Dan yang membuat menarik adalah, hal-hal seperti ini dapat dilakukan dengan cepat, efektif, dan efisien tanpa perlu ke bank terdekat sekalipun, membuat fitur ATM bank terakhir yang tidak dipunyai oleh e-banking ini adalah fitur penarikan tunai.

Dari sini, kita melihat bahwa internet banking mempunyai sejumlah keunggulan yang jika dibandingkan dengan ATM bank biasa, keunggulan-keunggulannya pun sangat membantu masyarakat. Lalu, apa sajakah keunggulan yang diberikan e-banking terhadap masyarakat secara umum?

Akses yang Tidak Terikat Waktu

internet banking

Kemudahan yang diberikan oleh e-banking salah satunya adalah tidak adanya terikat waktu saat ingin melakukan sesuatu di perbankan, baik saat mau transfer uang, melakukan transaksi, mengecek saldo, maupun saat ingin melihat histori dari penggunaan uang yang ada di bank. Dan mengaksesnya pun juga bisa kapan saja, bahkan jika pun jam 3 pagi sekalipun masih bisa diakses.

Berbeda dengan ATM bank yang masih konvensional dan memakai kartu ATM untuk mengakses bank. Kita masih harus mencari tempat-tempat ATM bank yang buka 24 jam, dan tempat-tempat tersebut juga tersedia sampai 24 jam pun juga jarang, dan rata-rata hanya buka sampai jam yang telah ditentukan. Hal inilah yang membuat orang-orang memilih untuk menggunakan internet banking untuk melakukan hal-hal yang berhubungan dengan bank, kecuali masalah penarikan uang tunai dari bank.

Akses Dari Mana pun Bisa

internet banking

Kemudahan lainnya yang ditawarkan oleh internet banking adalah kemudahannya akses dimana pun. Kemudahan pengaksesan ini memang hanya didukung dengan keberadaan internet, namun sangat efektif dan efisien. Bahkan jika kamu berada dalam suatu pedalaman tertentu, atau daerah yang dikenal tidak ada ATM bank sama sekali, dengan adanya e-banking, lalu ada smartphone dan internet, kamu bisa mengakses bank kamu.

Dengan kemudahan akses darimana pun juga, ini membuat keunggulan dari e-banking ini cukup signifikan bagi orang-orang yang memang bekerja membutuhkan keberadaan bank dimana pun dan kapan pun.

Hemat Waktu

internet banking

Sumber : Hellorf.com

Efisiensi dan efektivitas memang tidak bisa dilepaskan dari keunggulan yang ditawarkan oleh internet banking. E-banking memang dikenal sebagai sesuatu yang sangatlah menghemat waktu. Jika kamu mau transfer uang, melakukan transaksi, mengecek keuangan, dan lain-lain yang berhubungan dengan fitur yang ada dalam perbankan, tidak perlu lagi pergi ke ATM bank, namun cukup memakai internet dan smartphone untuk mengakses e-banking.

Dengan kemudahan tanpa perlu pergi ke ATM bank, internet banking dapat menghemat waktu seperti harus pergi terlebih dahulu ke ATM yang ada. Ditambah lagi jika harus berhubungan dengan teller bank, yang antriannya biasanya panjang, atau pun harus menunggu seseorang yang harus transfer uang ke puluhan orang. Tentunya, dengan e-banking ini, waktu pun juga menjadi hemat.

Mudah Diawasi

internet banking

Sumber : Trippsavvy.com

Pengawasan dapat dilakukan secara langsung oleh pengguna internet banking. Pengawasan seperti pengecekan saldo, pengecekan transfer, dan lain-lain dapat dilakukan dengan mudah, hanya cukup melihat dari laptop, komputer atau pun smartphone sekalipun. Jadi jika kehilangan dana, mudah untuk meneliti kembali bagaimana bisa kehilangan dana.

Kemudahan pengawasan inilah yang juga membuat orang-orang menjadi berpikir untuk segera mendaftarkan diri menjadi salah satu pengguna e-banking, dikarenakan kemudahan yang ditawarkan tersebut.

Sistem Pengamanan yang Berlapis

internet banking

Sumber : Retailnews.asia

Sistem pengamanan yang diberikan oleh perbankan, walaupun tidak selamanya akan sangat aman hingga tidak dibobol oleh hacker, namun sistem pengamanan yang diberikan oleh perbankan dipastikan akan berlapis sehingga tidak perlu terlalu takut dengan sistem keamanannya. Ditambah lagi ada sistem memakai username dan ada pinnya juga, sehingga tidak terlalu berbahaya.

Sistem keamanan yang ada pun pastinya sistem yang dipastikan sudah terkenal bagus, baik, dan tidak mudah dibobol oleh para hacker. Jadi tidak perlu takut akan sistem keamanan yang ada!

Bagaimana dengan kamu, Rekan Bijak? Apakah kamu sudah mempunyai rekening bank sendiri? Jika sudah, langsung buat internet banking saja, karena kemudahan yang diberikan, otomatis nantinya kamu akan lebih mudah mengontrol uang yang ada di rekening kamu!

internet banking

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: