4 Alasan Utama Mengapa Kamu Tidak Perlu Takut Memulai Bisnis

Memulai bisnis bisa dikatakan suatu hal yang sedang gencar-gencarnya dipromosikan. Memang, banyaknya orang yang memulai bisnis merupakan pertanda yang baik. Namun, masih juga banyak orang yang belum mau memulai bisnis karena takut keluar dari zona nyaman. Padahal, banyak keuntungan yang diberikan jika memulai suatu bisnis, walau tidak selalu bersifat materiil.

4 Alasan Utama Mengapa Kamu Tidak Perlu Takut Memulai Bisnis

4 Alasan Utama Mengapa Kamu Tidak Perlu Takut Memulai Bisnis

Banyak orang sekarang ini berusaha untuk memulai bisnis, walaupun memulai sebuah bisnis tidaklah mudah, namun sekarang ini banyak orang yang mencoba. Mengapa? Karena bisnis, selain “katanya” menghasilkan untung yang lebih banyak, juga ditambah lagi kita yang menjadi bos dan kita yang mengatur diri kita sendiri. Dengan demikian, bisnis pun bisa membuat kita mendapatkan mimpi yang selama ini kita inginkan.

Namun, banyak juga yang takut untuk memulai bisnis. Alasannya pun bermacam-macam, mulai dari modal yang tidak cukup, takut waktunya banyak yang terbuang, dan yang paling sering adalah takut akan kegagalan. Ada beberapa alasan mengapa kamu tidak perlu takut akan kegagalan dalam memulai bisnis. Apa sajakah alasan tersebut?

Promosi yang Berbeda di Ide yang Sama

memulai bisnis

Takut akan mempunyai ide yang sama dengan orang lain? Sebenarnya, itu bukanlah masalah yang benar-benar besar. Mengapa? Karena jika kamu memakai cara promosi yang berbeda, dengan target yang berbeda, tujuan yang berbeda, hingga segmentasi pasarnya berbeda, maka kamu akan menghasilkan produk yang terlihat berbeda walaupun sebenarnya sama saja.

Kamu bisa lihat, bagaimana produk-produk smartphone, mulai dari Apple, Samsung, Xiaomi, Huawei hingga Asus sekalipun sebenarnya merupakan produk smartphone yang sama, dengan kualitas yang mungkin saja tidak terlalu berbeda jauh. Namun, perbedaan cara promosi, segmentasi pasar, target pasar, dan lain-lain membuat mereka menjadi berbeda-beda, walaupun sebenarnya fungsinya sama.

Pengalaman yang Berharga

memulai bisnis

Pengalaman yang berharga akan diberikan oleh sebuah bisnis, baik bisnis yang gagal maupun bisnis yang berhasil. Pengalaman adalah sesuatu yang tidak dapat dibeli, dan dengan berbisnis, akan sangat banyak pengalaman yang akan kamu dapatkan, terutama dalam hal penyelesaian suatu masalah atau pun saat bertemu orang-orang yang mempunyai karakter bermacam-macam. Hal-hal inilah yang akan menjadi sesuatu yang berharga, bahkan ketika kamu memutuskan untuk menjadi seorang karyawan sekalipun.

Pengalaman yang berharga ini akan membuat kamu lebih kuat nantinya di masa depan, dengan mental yang lebih tangguh pula. Kamu juga akan lebih terlatih nantinya. Apalagi bertemu dengan orang-orang yang karakternya berbeda-beda. Karakter yang berbeda-beda inilah yang akan membuat kamu lebih bisa mengidentifikasi siapa yang baik untuk kamu atau siapa yang akan justru merugikan kamu.

Jika Ada Masalah, Bukan Berarti Gagal

memulai bisnis

Ada banyak masalah yang pasti menimpa ketika memulai bisnis. Masalah itu bisa secara internal dan eksternal, dan benar-benar bermacam-macam, bahkan mungkin saja hingga kita sudah tidak tahu harus berbuat apa-apa. Namun, yang menentukan keberhasilan adalah sikapmu ketika menemukan sebuah masalah, antara kamu menyerah saja atau pun kamu segera menyelesaikan masalah tersebut.

Ketika kamu menentukan sikap kamu dalam masalah tersebut, outcome yang akan keluar pun juga berbeda. Ketika kamu menyerah, berarti semuanya sudah selesai dan tidak ada harapan apa-apa lagi. Namun, jika kamu memutuskan untuk berjuang, banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan, mulai dari kamu akan lebih mempunyai mental yang kuat, peluang kamu berhasil lebih besar, dan kamu bisa jadi banyak belajar.

Ingat, Kegagalan Merupakan Jalan Terbaik Menuju Kesuksesan

memulai bisnis

Kegagalan merupakan sesuatu yang dibayangkan oleh orang-orang saat baru memulai bisnis. Ketakutan akan kegagalan selalu menghantui. Memang, kegagalan merupakan suatu hal yang menakutkan, namun bukan berarti harus dihindari, melainkan dihadapi. Kegagalan membentuk suatu pengalaman yang berharga, juga membentuk mental seseorang. Hal-hal itulah yang akan membuat seseorang sukses.

Ketakutan akan kegagalan merupakan hal yang normal, namun tidak perlu terlalu takut. Kegagalan merupakan suatu hal yang bisa terjadi, bahkan pasti terjadi, karena pada kenyataannya, hampir tidak ada satupun manusia yang sempurna. Namun ingatlah, kegagalanlah yang membawa kepada puncak kesuksesan. Kegagalanlah yang membuat Steve Jobs mengkreasikan Apple padahal sebelumnya dipecat, yang membuat Colonel Sanders membuat Kentucky Fried Chicken padahal sebelumnya terus-terusan ditolak idenya, dan kegagalanlah yang membuat Walt Disney terus berjuang membuat dunia Disney padahal sebelumnya dikatakan oleh perusahaan yang ia lamar bahwa ia tidak cukup kreatif.

Nah Rekan Bijak, itulah beberapa alasan mengapa kamu tidak perlu takut untuk memulai bisnis. Memulai bisnis bisa dikatakan adalah satu langkah tepat untuk kamu berjuang nantinya, demi kesuksesan dan masa depan yang lebih baik! Jadi, jika kamu mempunyai ide dan modal yang cukup untuk memulai bisnis, segeralah mulai dengan strategi yang menurut kamu pas, Rekan!

memulai bisnis

Write a Comment

view all comments


Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 57

Warning: Illegal string offset 'rules' in /home/forge/blog.danabijak.com/wordpress/wp-content/themes/portus-premium-theme/functions/filters.php on line 62

%d bloggers like this: